Review Bahan Luster: Bukan Kertas Biasa

    Aneka ragam kertas bisa kita temui di pasar, mulai dari kertas untuk tulis menulis, cetak dokumen, bungkus makanan, bungkus produk, hingga cetak foto. Kertas yang dipakai pun biasanya dipilih berdasarkan keperluan tersebut. Pemilihan sangat menentukan hasil yang diinginkan dan berpengaruh pada keseluruhan. Semisal contoh kertas yang biasa untuk cetak foto adalah Bahan Luster.

    Apa itu Bahan Luster?

    Bahan Luster adalah salah satu jenis kertas yang biasa dipakai untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi. Bahan ini biasa dipakai untuk cetak foto yang berukuran relatif besar. Pada beberapa percetakan, Luster juga biasa dipakai untuk mencetak banner indoor, yaitu banner yang biasa dipasang di dalam ruangan.

    Bahan Luster ini bisa menghasilkan kualitas cetak yang bagus. Meski demikian, resolusi foto dan mesin cetak yang dipakainya pun ikut menentukan kualitas hasil cetak.

    Luster memiliki daya tahan yang lebih bagus daripada kertas pada umumnya. Hasil cetaknya pun tidak mudah memudar untuk jangka waktu yang lama asal dengan pengaplikasian yang tepat. Bahan ini dapat diprint dengan tinta eco solvent, sedangkan untuk tinta solvent mungkin terdapat beberapa percetakan yang melayaninya.

    Perbedaan tinta eco solvent dan solvent

    Tinta eco solvent

    Tinta eco solvent menyerupai tinta solvent. Namun biasanya tinta ini dianggap memiliki daya tahan yang kurang terhadap cahaya matahari jika dibandingkan dengan tinta outdoor yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, kebanyakan orang menggunakannya untuk keperluan indoor atau di dalam ruangan.

    Meski demikian, tinta eco solvent memiki beberapa kelebihan, beberapa di antaranya yaitu.

    a. Tidak memiliki bau yang menyengat jika dibandingkan dengan tinta solvent.

    b. Memperpanjang umur printer sebab tidak merusak head printing.

    c. Lebih ramah lingkungan.

    d. Tidak mengeluarkan uap yang berbahaya.

    e. Kualitas cetak di ukuran besar dengan resolusi tinggi hasilnya bagus.

    f. Memiliki warna yang tajam.

    g. Resistansi yang bagus pada bahan.

    Namun sebenarnya daya tahan untuk outdoor, yaitu di luar ruangan dengan cahaya matahari dan hujan, biasanya berasal dari pigmen tinta bukan dari pengencer atau pelarut yang pada soal ini menggunakan pelarut eco solvent. Jika tinta kurang tahan, maka dikarenakan tinta tersebut menggunakan pigmen yang kualitasnya rendah.

    Tinta solvent

    Tinta solvent memiliki daya tahan yang bagus untuk outdoor, sebab dibuat dari bahan yang memiliki sifat Oil Based, yang mana sesuai untuk mesin digital printing outdoor.

    Tinta solvent ini dipakai untuk bahan cetak yang uncoated dan memiliki daya tahan outdoor, seperti bahan banner, spanduk, billboard, neon box, dll. Pada tinta solvent ini cenderung memiliki bau yang lebih menyengat.

    Namun perlu diingat, meskipun hasil cetak dari tinta ini memiliki daya tahan tinggi untuk outdoor. Maka bahan yang dipakai pun harus bahan outdoor. Jika tidak, semisal menggunakan bahan indoor seperti Bahan Albatros dan Luster, maka percuma saja.

    Kegunaan Bahan Luster

    Bahan Luster ini merupakan kertas yang tidak mudah sobek atau rusak. Oleh karena itu, dapat diaplikasikan ke beberapa media berikut.

    a. Poster iklan

    b. Akrilik

    c. Frame poster

    d. Print foto dengan efek pearl/mutiara

    e. Standing banner indoor

    Bahan Luster memiliki tampilan yang menyerupai efek mutiara dan permukaannya rada halus. Bahan ini tidak perlu ditambahkan finishing lapisan seperti laminasi doff dan glossy, sebab memiliki serat yang rada kasar, sehingga laminasi tidak bisa menempel dengan sempurna.

    Ukuran cetak

    Mesin cetak pastinya memiliki batas lebar bahan rol untuk bisa masuk. Beberapa di antaranya adalah 90cm, 125cm, 150cm. Namun bisa saja percetakan tertentu mempunyai kapasitas mesin cetak yang bisa memasukkan bahan rol yang lebih lebar dari ukuran tersebut. Sedangkan untuk ukuran panjang biasanya bebas.

    Kesimpulan

    Harga cetak Bahan Luster beda percetakan bisa beda harga. Demikian pula kualitasnya, yaitu dipengaruhi oleh mesin cetak dan tinta yang dipakainya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jasa cetak yang memiliki review bagus.