Cara Menumbuhkan dan Merealisasikan Kesadaran Bela Negara

    Di Indonesia, bela negara bisa diartikan sebagai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh rasa cinta tanah air dengan berdasarkan pada Pancasila serta UUD 1945 dalam menjalin kehidupan berbangsa dan bernegara. Lain dengan di luar negeri atau di sebagian negara lain, beberapa dari mereka mengharuskan wajib militer.

    Namun bagaimana pun cara dan konsepnya, sangat penting bagi tiap warga negara untuk menumbuhkan dan merealisasikan kesadaran bela negara. Sebab keutuhan wilayah negara, beserta seluruh sumber daya, kedaulatan, serta kemerdekaan harus dipertahankan.

    Kesadaran bela negara pada dasarnya adalah kemauan berbakti dan berkorban untuk membela negara. Di dalamnya termasuk bersikap dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara. Nah, bagaimana cara tiap warga negara menumbuhkan atau meningkatkan dan merealisasikan kesadaran bela negara? Beberapa di antaranya adalah di bawah ini.

    Daftar Isi:

    Bagaimana cara menumbuhkan kesadaran bela negara?

    Berikut adalah cara tiap warga negara menumbuhkan atau meningkatkan kesadaran bela negara.

    1. Memahami pentingnya bela negara

    Sebagai warna negara, sudah semestinya kita menyadari pentingnya menjaga sikap dan perilaku untuk dapat hidup bermasyarakat sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

    2. Menumbuhkan rasa cinta tanah air

    Rasa cinta terhadap tanah air harus kita tumbuhkan agar senantiasa siap membela Indonesia dalam segala situasi, termasuk dalam kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

    3. Meningkatkan semangat nasionalisme

    Melalui semangat nasionalisme, kita bisa memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia serta senantiasa menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia.

    4. Meyakini Pancasila sebagai ideologi negara

    Meyakini Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan juga memahami nilai-nilainya merupakan tahap awal untuk dapat mengamalkannya. Karena itu, pemahaman terhadap Pancasila punya pengaruh besar terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, bahkan terhadap integritas dan kualitas negara Indonesia.

    Bagaimana cara tiap warga negara merealisasikan kesadaran bela negara?

    Dengan menjadi Warga Negara Indonesia berarti kita menjadi bagian dari NKRI. Dengan menjadi salah satu bagian dari negara ini, maka sudah semestinya kita menetapkan diri dan berusaha untuk menjadi masyarakat yang baik dengan memiliki kepedulian terhadap bangsa dan negara. Berikut adalah cara tiap warga negara merealisasikan kesadaran bela negara.

    1. Rela berkorban untuk bangsa dan negara

    Rela berkorban untuk bangsa dan negara dimaksudkan untuk kita mempunyai kepedulian terhadap bangsa dan negara serta memberikan kontribusi terhadap kemajuan Indonesia.

    2. Mengamalkan ideologi Pancasila

    Pancasila memanglah bukan sekadar untuk diyakini dan dipahami, melainkan juga untuk diamalkan. Sebagai bentuk realisasi kesadaran bela negara, perlu untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan tetap mempertahankannya sebagai dasar negara. Sebab Pancasila telah dirancang dan dibuat sebaik mungkin untuk Indonesia.

    3. Melestarikan budaya

    Kebudayaan memiliki peran penting dalam suatu bangsa. Karena itu, penting pula bagi kita memiliki kesadaran pada keragaman budaya di Indonesia, mengapresiasi, dan melestarikannya.

    4. Berusaha menjadi anak bangsa yang berprestasi

    Sebagai generasi mudah penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk berpikir, bersikap, dan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia.

    5. Taat hukum dan peraturan negara

    Hukum dan peraturan dibuat untuk menjaga dan memelihara ketertiban, juga untuk memenuhi rasa keadilan. Dengan begitu, tiap warga negara harus taat hukum dan peraturan negara. Begitu pula dalam melaksanakan hak serta kewajiban sebagai warga negara, maka harus sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

    6. Mencintai produk dalam negeri

    Bukan hanya kebudayaan dan kesenian yang harus dilestarikan dan dicintai, tiap warga negara pun harus cinta produk dalam negeri. Sebab kita pasti ingin industri di Indonesia maju dan bisa bersaing dengan negara lain.

    Penutup

    Upaya di atas harus didasari oleh rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia. Jika tidak demikian, maka kita tidak bisa melakukannya dengan baik dan tepat. Sementara mungkin itu cukup untuk bagaimana cara tiap warga negara menumbuhkan dan merealisasikan kesadaran bela negara. Mudah-mudahan bermanfaat ya.

    Referensi: Wikipedia


    Share this post:
    Loading...