Bunyi Pancasila 1-5 dan Makna Lambang Pancasila Lengkap

Mello.id – Pancasila merupakan landasan dan ideology bangsa Indonesia. Pancasila juga menjadi identitas NKRI atau Negara Republik Indonesia. Apa saja bunyi Pancasila 1-5? Dan apa makna lambang Pancasila dan nilai-nilainya?

Pancasila menjadi cermin dari makna dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Sebagai putra-putri bangsa Indonesia, tentunya harus mengenal lebih dekat dan tahu akan makna dari lambang Pancasila dan nilai-nilai Pancasila.

Yang paling utama, harus mengetahui dan hapal di luar kepala dengan bunyi Pancasila 1 hingga 5. Dilansir dari situs Kemendikbud, Pancasila memiliki arti yang terdiri dari dua suku kata, yakni panca dan sila.

Panca artinya adalah lima, dan sila artinya adalah dasar. Sehingga, Pancasila merupakan lima dasar dari NKRI, dan tak bisa terlepas dari bangsa Indonesia. Terdapat lima simbol dalam lambang Pancasila. Lambang Pancasila yakni burung Garuda yang memiliki lima perisai, di mana perisai tersebut menggambarkan setiap silanya.

Balitteknologi akan memberikan penjelasan mengenai bunyi, nilai-nilai, dan makna lambang Pancasila di bawah ini. Simak pembahasannya hingga selesai, ya.

Bunyi Pancasila 1 hingga 5

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Makna Lambang Pancasila

Garuda Pancasila menjadi lambang Negara Indonesia yang terdiri dari kumpulan lambang, yang memiliki arti dan makna baik tersirat maupun tersurat. Berikut adalah makna dari lambang Pancasila:

  1. Burung Garuda

Garuda Pancasila merupakan lambang Pancasila yang berwujud burung Garuda. Burung Garuda adalah raja dari semua burung yang dikenal dengan Burung Sakti Elang Rajawali.

Burung ini melambangkan sebuah kekuatan dan gerak yang dinamis. Hal ini terlihat dari sayap yang mengembang, yang seolah-olah burung Garuda siap untuk terbang ke angkasa.

Sayap yang mengembang itu menandakan bahwa siap untuk terbang ke angkasa. Yang melambangkan dinamika juga semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa Indonesia.

  1. Warna Emas

Warna dari Garuda Pancasila yakni kuning emas yang melambangkan keagungan. Yang artinya, Indonesia sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa yang bersifat luhur dan agung.

  1. Cengkraman Kaki Garuda

Dalam bentuknya, kedua kaki Garuda mencengkram pita putih yang bertuliskan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Kalimat tersebut diambil melalui Kitab Sutasoma yang merupakan karangan empu Tantular.

Bhinneka Tunggal Ika mempunya arti yang berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Slogan tersebut menjadi kekuatan bangsa Indonesia, yang mempunyai banyak perbedaan. Mulai dari agama, suku, ras, hingga budaya.

  1. Jumlah Bulu

Jumlah buru yang ada di Garuda Pancasila memiliki hubungan erat dengan kelahiran NKRI. Berikut penjelasannya:

Bulu yang ada di sayap kiri dan kanan masing-masing berjumlah 17 helai. Jumlah tersebut menunjukkan tanggal 17

Bulu yang ada di ekor Garuda Pancasila berjumlah delapan. Jumlah tersebut menunjukkan bulan delapan atau bulan Agustus).

Jumlah bulu di bawah kalung perisai yang menyambungkan ekor adalah 19. Dan bulu yang ada di leher Garuda ada 45. Jumlah tersebut menunjukkan angka di tahun 1945).

Jika digabungkan, angka tersebut merujuk ke 17 Agustus 1945. Di mana mempunyai makna historis agar seluruh masyarakat senantiasa menghargai waktu, selain itu juga selalu mengingat sejarah kemerdekaan Indonesia.

  1. Perisai

Perisai ini berada di dada Garuda, yang merupakan lambang perjuangan dan perlindungan. Sebab, perisai sering dibawa ke mdan perang oleh prajurit sebagai pelindung diri dari musuh.

Garis melintang yang terlihat membagi perisai menjadi bawah dan atas, melambangkan terkait garis khatulistiwa yang membelah kepulauan di Indonesia.

Dan di perisai terdapat lima bagian, yang masing-masingnya melambangkan simbol sila-sila Pancasila.

Demikian penjelasan mengenai bunyi Pancasila 1-5 dan makna lambang Pancasila. Semoga informasi ini dapat membantu, ya.

Baca Juga:

  • Doa Mau Tidur Dan Bangun Tidur Dalam Islam + Artinya
  • Teks Laporan Percobaan Adalah, Ciri-ciri, Fungsi, dan Contoh
  • Diplomasi Adalah: Pengertian, Fungsi, Peran dan Jenisnya
  • Proposal Penelitian Adalah: Pengertian, Manfaat dan Strukturnya
  • Rantai Makanan Adalah: Komponen, Jenis dan Fungsinya
  • Project Adalah: Penjelasan, Jenis, Karakteristik, dan Contoh
  • Pengertian QRIS Adalah: Fungsi dan Cara Menggunakannya
  • Punya Project Tim? Trello Adalah Solusi Agar Bekerja Cepat
  • Hedge Fund Adalah? Definisi, Tujuan, Ciri, Beserta Contohnya
  • 3 Cara Menonaktifkan Paket Telkomsel (MyTelkomsel, SMS & Dial)
  • Cara Menggunakan Discord di PC / Laptop Mac dan Windows

Tinggalkan Balasan