Candi Badut Malang, Objek Wisata yang Sakral Kaya Budaya

Tak hanya di Yogyakarta, peninggalan bangunan kuno juga ada di Malang, yakni Candi Badut. Salah satu peninggalan kuno yang masih terawat hingga sekarang. Saat ini, situs warisan itu dijadikan sebagai destinasi wisata bagi masyarakat Jawa Timur dan masyarakat lain dari berbagai kota.

Berada di tengah pemukiman penduduk Kota Malang, candi tetap menjadi incaran wisatawan untuk menelusuri jejak sejarah Indonesia. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan di sana? Simak tuntas artikel berikut.

Kegiatan yang Bisa dilakukan di Candi Badut

Meskipun tak seluas area wisata pada umumnya, di tanah dengan luas sekitar 2.808 meter persegi ini, Anda bisa belajar dan menambah pengetahuan akan sejarah serta legenda yang pernah terjadi di masa lalu. Pun juga berwisata untuk melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan.

1. Beribadah

Tercatat sebagai salah satu tempat wisata di Malang, candi ini bukan hanya sekedar bangunan yang menyimpan banyak cerita akan masa lalu. Namun tempat ini seringkali juga difungsikan sebagai tempat ibadah para umat Hindu.

Sebab itu, ketika bertandang ke sini, pengunjung diminta untuk mematuhi sejumlah peraturan yang ada. Mengingat pengunjung sedang berada di tempat yang suci. Pun bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung, bisa sekalian beribadah dan merasakan langsung ibadah di candi tersebut.

2. Hunting Foto

Tak jarang beberapa wisatawan yang berkunjung, memang sengaja bertandang ke sini untuk mengambil beberapa foto. Mengingat bangunan kuno ini sangat terawat, sehingga detail setiap bangunannya terlihat cukup jelas dan menyiratkan banyak cerita dibaliknya.

Tak hanya itu, candi ini juga memiliki lingkungan yang bersih. Oleh karena itu, tempat ini seringkali menjadi jujukan wisatawan ketika bertandang ke Malang.

3. Mempelajari Warisan Budaya Indonesia

Candi merupakan salah satu warisan milik Indonesia yang menceritakan sejarah beribu tahun silam. Sebab itu, ketika berkunjung ke sini, Anda bisa mempelajari tentang seluk beluk candi. Mulai dari sejarahnya, kisah di balik pendirian candi ini, hingga makna di balik pahatan bangunannya.

4. Wisata Kuliner

Lelah berkeliling di area candi, Anda bisa menjajal kuliner di warung-warung sekitar. Sebab, mereka menawarkan berbagai hidangan lezat menggugah selera. Bahkan di sana, Anda bisa mencicipi hidangan Nusantara khas Malang, Jawa Timur.

Mulai dari tahu lontong, rawon, bakso, mie ayam hingga makanan-makanan ringan seperti roti bakar. Beberapa porsi diantara sajian menu-menu itu pastilah bisa mengenyangkan perut Anda. Jadi, jangan ragu untuk mampir ke salah satu warung.

Fasilitas yang Ditawarkan

Meskipun lokasinya berada di tengah pemukiman warga Kelurahan Karang Besuki, bukan berarti area tersebut hanya terdiri dari bangunan candi saja. Pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang diperuntukkan bagi para wisatawan untuk membuat kunjungan mereka nyaman.

1. Toilet

Tak jauh dari tempat bangunan candi berdiri, beberapa toilet sengaja disediakan untuk memfasilitasi pengunjung. Fasilitas tersebut, mempermudah wisatawan ketika ingin buang air kecil maupun buang air besar mendadak. Sebab, tak perlu repot-repot mencari kamar mandi lagi di tempat lain.

2. Masjid

Dekat dari area candi, terdapat sebuah masjid milik warga setempat. Tentu rumah ibadah itu terbuka untuk semua umat muslim, sehingga ketika Anda berkunjung tak perlu lagi repot-repot mencari masjid atau langgar. Mengingat di masjid milik warga setempat, Anda bisa melakukan ibadah lima waktu.

3. Pusat Informasi

Apabila kedatangan Anda ke sana adalah kunjungan pertama kali ke sebuah candi, tak perlu bingung untuk mendapatkan informasi. Sebab di area sekitar bangunan candi, berdiri sebuah papan informasi yang berisi sejarah Candi Badut.

Bahkan jika kebetulan seorang petugas sedang berjaga di sana, Anda juga bisa mengajukan beberapa pertanyaan terkait peninggalan kuno tersebut.

Pun Anda juga bisa menyewa tim pemandu untuk menjelaskan kepada Anda terkait sejarahnya dan seluk beluk candi tersebut. Dengan catatan, kunjungan tersebut berada dalam satu grup dengan beberapa anggota.

Jangan sungkan untuk bertanya pada warga sekitar. Barangkali salah satu dari mereka ada yang bisa bantu menjelaskan. Sungguh sebuah keberuntungan jika orang yang Anda tanyai sudah bertahun-tahun tinggal di sana dan mengerti asal usulnya.

4. Kantin

Lelah berkeliling, mengulik informasi, dan berfoto di seluruh bagian candi, Anda bisa sejenak mengisi perut sembari mengistirahatkan kaki. Tak jauh dari sana, ada beberapa kantin yang menjual makanan dan minuman.

Mulai dari gorengan, makanan ringan, minuman dingin, hingga minuman hangat tersedia di sana. Mampirlah sebentar barang membeli segelas es teh. Hitung-hitung, turut memberdayakan penjual setempat.

5. Area Parkir

Letak candi yang berada di keramaian, tentu terkadang membuat Anda sedikit was-was, sehingga mengganggu kunjungan Anda ke destinasi wisata tersebut. Namun jangan risau ketika berkunjung ke candi yang ada di Malang itu. Sebab, pihak pengelola telah menyediakan lahan parkir yang memadai.

6. Penginapan

Tak jauh dari lokasi wisata, beberapa tempat menyediakan penginapan bagi Anda yang ingin berwisata di Malang lebih lama lagi. Jenis-jenis penginapan yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Mulai dari homestay, penginapan kamar, hingga vila.

Pun dari segi harga bermacam-macam. Anda bisa memilih dengan bebas sesuai dengan budget dan kebutuhan liburan.

Lokasi Candi Badut

Candi ini terletak di Jalan Raya Candi V, nomor 5D, Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Suku, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Tak jauh dari area tersebut, lokasi candi itu berdekatan dengan Universitas Ma Chung.

Rute Menuju Lokasi Candi

Rute menuju lokasi wisata candi ini, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Akses jalan yang memadai dan beberapa papan penunjuk, bisa membantu Anda menemukan lokasi ini dengan tepat.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk menuju ke candi, perjalanan Anda bisa dimulai dari pusat kota Malang. Kemudian menuju ke Jalan Retawu di sebelah utara Museum Brawijaya. Ikuti jalan yang mengarah ke barat.

Nantinya, Anda akan melewati Jalan Bondowoso – Jalan Raya Tidar – Jalan Puncak Mandala – jalan Puncak Yamin – Jalan Esberg. Lalu belok ke kanan melewati ujung Jalan Himalaya atau Pangkalan Mikrolet Trayek Arjosari – Tidar (AT).

Dari sana, Anda bisa lebih mudah menemukan Jalan Candi VD. Berada di kiri jalan, tepat di depan TK Dharma Wanita Ii Karangbesuki, bisa Anda temui bangunan kuno peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang berdiri gagah.

2. Menggunakan Kendaraan Umum

Jika menggunakan angkutan umum, dari pusat Kota Malang Anda bisa menaiki mikrolet jurusan Arjosari – Tidar (AT) dan turun di pojok Jalan Himalaya. Dari sana, Anda bisa berjalan 300 meter ke arah utara sampai menemukan lokasi candi.

Penutup

Untuk berkunjung ke Candi Badut, Anda tidak perlu membayar tarif tiket masuk. Sebab pihak pengelola menggratiskan setiap wisatawan yang datang. Anda bisa berkunjung ke sini setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Destinasi wisata ini, tentu sangat cocok menjadi salah satu rute liburan Anda untuk berkeliling ke situs-situs bersejarah yang ada di kota Malang maupun Jawa Timur. Tertarik untuk berkunjung ke sini? Rencanakan liburanmu sekarang juga!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan