Cara Bermain Rubik 3×3 Untuk Pemula yang Benar Auto Jago Main

Mello.id – Cara Bermain Rubik, seperti yang kamu ketahui bermain rubik memiliki cara tersendiri untuk bisa kamu coba. Permainan yang satu ini bisa di bilang cukup sulit untuk bisa di mengerti cara bermainnya.

Untuk itu pastinya banyak di antar kamu penasaran bagaimana cara memainkanya. Dan bagaimana cara untuk kamu bisa menyelesaikan permainan ini. Tentunya hal ini harus bisa kamu pelajarai dan kamu ketahui cara yang benar untuk memainkannya.

Untuk itu di sini kami bakal kasih tau kamu semua Cara Bermain Rubik yang bisa kamu coba. Dengan begitu kamu akan bisa mencoba semua cara dengan mudah dan sangat menyenangkan untuk kamu bisa bermain rubik dengan nyaman dan mudah nantinya.

Apa Itu Rubik ?

Mungkin saja banyak orang belum tau pasti apa itu rubik. Tentunya ini adalah salah satu permainan yang sudah banyak di sukai dan di gunakan banyak orang. Dengan rubik kamu bisa mengasah kemampuan otak kamu dalam permainan yang satu ini.

Tidak hanya anak kecil rubik juga di sukai banyk orang di kalangan umur. Jika kamu tau cara bermain rubik dengan benar. Pastinya akan semakin membuat permainan ini menjadi lebih menyenangkan untuk bisa kamu coba.

Rubik adalah pemainan menyusun sebuah rubik dengan bentuk kubus. Dengan memiliki 6 sisi dengan berbedaa warna tersebut. Yang di acak nantinya dengan begitu kamu harus menyusunnya kembali.

Nantinya kamu di haruskan mengembalikan setiap warna ke tempatnya masing- masing. Sehingga rubik akan memliki 6 sisi warna yang sama rata. Tentunya hal ini akan sulit untuk kamu yang pemula dan baru mencobanya sekarang.

Tapi jika kamu sering belajar dengan Cara Bermain Rubik yang benar. Permainan rubik ini akan seru unyuk bisa kamu mainkan. Dan menemani waktu luang kamu menjadi lebih menyenangkan nantinya untuk dapat kamu lakukan.

Untuk itu bagi kamu yang ingin belajar Cara Bermain Rubik dengan benar. Kamu tenang karena kami di sini bakal kasih tau kamu caranya dan semua informasi yang berhubungan dengan Cara Bermain Rubik pada kamu pastinya.

Nama-Nama Dasar Di Rubik

Rubik adalah pemainan menyusun sebuah rubik dengan bentuk kubus. Dengan memiliki 6 sisi dengan berbedaa warna tersebut. Yang di acak nantinya dengan begitu kamu harus menyusunnya kembali.

Nantinya kamu di haruskan mengembalikan setiap warna ke tempatnya masing- masing. Sehingga rubik akan memliki 6 sisi warna yang sama rata. Tentunya hal ini akan sulit untuk kamu yang pemula dan baru mencobanya sekarang.

Tapi jika kamu sering belajar dengan Cara Bermain Rubik yang benar. Permainan rubik ini akan seru unyuk bisa kamu mainkan. Dan menemani waktu luang kamu menjadi lebih menyenangkan nantinya untuk dapat kamu lakukan.

Untuk itu bagi kamu yang ingin belajar Cara Bermain Rubik dengan benar. Kamu tenang karena kami di sini bakal kasih tau kamu caranya dan semua informasi yang berhubungan dengan Cara Bermain Rubik pada kamu pastinya.

Sebelum kamu bisa memainkan rubik ini dengan mudah dan semua Cara Bermain Rubik yang ada. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu nama nama dasar di rubik. Tentunya ini bisa dan harus kamu ketahuip dan akan membantu kamu nantinya.

Tentunya setiap nama ini memiliki fungsi dan harus bisa kamu ketahui. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengerti semua cara untuk kamu bisa memainkan rubik ini nantinya. Tentunya hal ini harus bisa kamu coba.

Untuk itu kami bakal kasih tau kamu semua nama nama dasar yang ada dalam permainan rubik. Tentunya hal ini bakal kasih tau kamu dan bisa membantu kamu untuk mempelajarinya secara langsung juga.

1. Center

Untuk itu Center merupakan salah satu nama dari permainan rubik ini. Center bisa di bilang adalah bagian tengah dari sebuah rubik yang kamu gunakan tersebut dan pastinya hal ini akan bisa kamu coba lakukan dan gunakan secara langsung.

Dengan center ini bisanya tempatnya paten dan tidak bisa untuk di pindahkan. Dengan begitu kamu harus kenal tempat dari center dan mengetahui letak dari center yang ada di dalamnya.

Untuk itu ini salah satu nama dasar yang bisa kamu ketahui. Dan dengan begitu kamu bisa mengetahui di mana letak dari center tersebut.

2. Edge

Ini merupakan sisi dari bagian tengah yang ada di samping rubik. Tentunya ini juga adalah salah satu nama dasar yang ada di dalam rubik. Dan ini bagus untuk bisa kamu coba secara langsung.

Tentunya hal ini juga haeus bisa kamu ketahui. Setelah kamu mengetahuinya akan lebih mudah untuk kamu bisa mencoba semua hal. Dan memainkan rubuk dengan lebih mudah nantinya.

3. Corner

Corner juga merupakan salah satu dari nama nama dasar yang bisa kamu ketahui. Di dalam corner merupakan bagian bagian dari setiap ujung- ujung rubik yang nantinya bisa kamu gunakan. Tentunya hal ini akan sangat seru dan menyenangkan untuk bisa kamu lihat.

Dengan begitu kamu busa melihat setiap ujung rubik tersebut bisa juga di sebut dan termasuk ke dalam corner dan pastinya hal ini akan menyenangkan untuk bisa kamu ketahui dan lihat.

4. Layer

Yang terakhir dari nama dasar rubik adalah layer. Layer ini memiliki tiga bagian di antarnya adalah layer satu lalu layer dua dan layer tiga. Hal ini nantinya akan bisa kamu ketahui dan lihat secara langsung.

Dengan begitu dalam rubik kamu akan bisa ketiga layer ini. Dan mengetahui secara langsung bagaimana Cara Bermain Rubik mudah untuk bisa kamu gunakan nantinya dengan cepat dan bagus untuk bisa kamu ketahui.

Itu dia beberapa nama- nama dasar dari rubik yang bisa kami ketahui. Tentunya hal ini harus bisa kamu ketahui sebelum kamu bisa memainkan dan mengetahui cara bermain rubik dengan benar nantinya.

Dasar Pergerakan Rubik

Selanjutnya hal yang bisa kamu ketahui adalah dasar dari pergerakan rubik. Dengan ini nantinya kamu akan bisa melakukan dan memainkan Cara Bermain Rubik ini dengan mudah. Tentunya hal ini akan membantu kamu bisa mencobanya nantinya.

Untuk itu bagi kamu yang ingin bermain rubik dengan mudah. Kamu harus mengetahui pergerakan yang ada di bawah ini.

  1. R (Right): memutar sebuah sisi kanan dari rubik searah dengan jarum jam
  2. R’ (R aksen): memutar sebuah sisi kiri rubik tersebut berlawanan dengan arah jarum jam
  3. L (Left): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam
  4. L’ (L aksen): memutar salah satu sisi kiri rubik berlawanan  dengan arah jarum jam
  5. U (Up): memutar sebuah sisi atas rubik yang ada searah dengan jarum jam
  6. U’ (U aksen): memutar salah satu sisi atas rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  7. D (Down): memutar sebuah sisi bawah dari rubik searah dengan jarum jam
  8. D’ (D aksen): memutar dari sisi bawah rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  9. F (Front): memutar sebuah sisi di depan rubik searah dengan jarum jam
  10. F’ (F aksen): memutar sebuah sisi depan rubik yang berlawanan arah dengan jarum jam
  11. f (F kecil): memutar sebuah sisi depan 2 layer dari sebuah rubik searah dengan jarum jam
  12. f’ (F kecil aksen): memutar salah satu sisi depan 2 layer dari sebuah rubik berlawanan dengan arah jarum jam
  13. B (Back) : memutar sebuah sisi belakang dari rubik searah dengan jarum jam
  14. B’ (B aksen): memutar sebuah sisi belakang rubik yang berlawanan arah dengan jarum jam.

Rumus Cara Untuk Bermain Rubik

Tentunya tidak hanya pelajaran yang memiliki rumus. Tapi Cara Bermain Rubik sebuah rubik juga akan memiliki rumus di dalamnya. Dan tentunya hal ini bisa membantu kamu menyelesaikan sebuah rubik dengan lebih mudahnantinya dan bisa kamu coba.

Untuk itu pastinya kamu ingin mengetahui apa itu rumus yang ada dalam permainan rubik ini. Tentunya rumus tersebut akan bisa kamu ketahui nantinya bisa kamu lakukan dan mengetahui semua hal yang bisa di pelajari Cara Bermain Rubik.

Dengan begitu kami bakal kasih tau kamu semua rumus yang nantinya akan bisa kamu gunakan. Tentunya kami di sini juga bakal kasih tau kamu semua rumus atau hal yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui Cara Bermain Rubik.

Untuk itu kami bakal kasih tau kamu semua rumus dan Cara Bermain Rubik yang nantinya akan bisa kamu gunakan. Dan tentunya kamu akan mengetahui semua rumus yang ada dan menggunakannya.

1. Fokus Warna

Tentunya untuk bisa bermain rubik kami harus fokus pada setiap warna yang ada di dalam. Pastinya tidak akan mudah membenarkan rubik yang acak ke warna yang semua dan sama jadi kamu harus fokus pada satu warna terlebih dahulu.

Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mem fokuskan satu warna yang akan kamu pilih sehingga menyesuaikan warna yang ada. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan rubik yang ada.

Untuk itu kamu dapat memfokuskan warna yang akan kamu pilih. Tentunya hal ini bukan sampai di situ saja. Karena kamu juga harus melakukan banyak hal untuk bisa menyelesaikan rubik yang ada tersebut.

2. Bentuk Cross

Hal selajutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat bentuk cross. Saat kamu akan bentuk cross merah dan dengan cross warna kuning yang ada. Hal itu yang bisa kamu lakukan nantinya di dalam rubik tersebut.

Cross di sini merupakn sebuah pola yang mirip dengan “+”. Tentunya nantinya kamu akan bisa lihat dan menentukan center yang ada pada tengah rubik.

Center yang ada akan mempengaruhi bagaimana kamu bisa mencoba ini. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikanya dengan mudah nantinya.

Setelah itu kamu bisa membentuk cross merah yang sempurna. Kamu juga harus menyamakan edge yang ada bersebelahan kotak merah dengan sebuah center di dalamnya.

3. Sempurnakan Layar Utama

Setelah kamu dapat membentuk cross. Selanjutnya bisa terlebih dahalu menyempurnakan layar utama yang ada. Hal ini cukup sulit dan rumit untuk bisa kami coba dan tentunya tidak mudah bagi kamu yang pemula.

Untuk itu bagi kamu yang ingin menyempurnakan bagian dari layar utama kamu bisa memakai rumus algoritma L’U’L dan R’U’R. Dengan rumus yang akan kamu akan bisa menyempurnakannya dengan lebih dan cepat nantinya untuk bisa kamu coba secara langsung.

4. Sempurnakan Layar Kedua

Selanjutnya yang bisa kamu sempurnakan adalah layar kedua. Hal bisa kamu lakukan adalah fokus pada satu sisi yang ada contohnya warna putih dalam rubik. Lalu kamu bisa mencari edge dan center yang berwarna putih.

Sesudah itu kamu bisa memutar ke arah layar putih tersebut hingga kamu menemukan bentuk pola “T” dari warna putih.

Sesudahnya kamu dapat menggunakan rumus algoritma U R U’ R atau bisa juga U’ L’ U L untuk kamu dapat menyempurnakan layar kedua disana.

5. Sempurnakan Layar Ketiga

Setelah kamu menyempurnakan layar ketiga. Selanjutnya kamu bisa dan harus menyempurnakan layar ketiga. Dengan begitu nantinya kamu akan bisa membentuk cross yang ada pada warna kuning di sana.

Lalu kamu bisa putar edge yang ada bersebelahan dengan notasi seperti F R U R’ U’ F’. Setelah sisi kuning berhasil terbentuk, lakukanlah pemutaran kepada bagian cornernya dengan sebuah rumus R U R’ U R U U R’ yang ada nantinya kamu bisa menyelesaikan layar ketiga tersebut.

6. Sempurnakan Layar Keempat

Setelah kamu berhasil menyempurnakan sisi dari warna kuning dan berhasil kamu bentuk. Selanjutnya kamu dapat menyelesaikan sisi-sisi lain yang nantinya masih memiliki edge yang tidak selaras.

Rumus yang dapat kamu gunakan R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’. Setelahnya kamu bisa menambahkan rumus yaitu R U’ R U R U R U’ R’ U’ R2 jika ada bagian yang tidak sempurna di dalamnya.

7. Sempurnakan Semua Layar

Jika kamu nantinya masih menemukan adanya edge dan corner yang masih berbeda dari segi warnanya. Maka dari itu kamu bisa membenarkannya terlebih dahulu dengan rumus R2 U R U R’ U’ R’ U’ R’ U’ R’.

Itu dia rumus yang nantinya akan bisa kamu gunkan. Tentunya ini bisa kamu coba dan gunakan. Dengan begitu kamu bisa memainkan rubik ini dengan tau Cara Bermain Rubik dengan mudah dan menyelesaikannya dengan menyenangkannya dengan cepat untuk bisa kamu coba tersebut.

Akhir Kata

Itu dia semua informasi dan pastinta penjelasan mengenai Cara Bermain Rubik yang bisa kamu coba. Tentunya hal ini akan bisa membantu kamu dan menyelesaikan masalah soal Cara Bermain Rubik dengan semua penjelasan yang ada di dalanya tersebut.

Jangan lupa untuk kamu mengunjungi artikel – artikel menarik dari kami lainnya berikut ini :

Tinggalkan Balasan