Cara Blur Whatsapp Web di Chrome dan Mozilla Firefox Termudah

Cara blur WhatsApp web memang penting diketahui oleh siapapun yang sering menggunakan komputer untuk membuka pesan wa. WhatsApp adalah aplikasi pesan populer yang tidak hanya tersedia di ponsel, tetapi juga memiliki versi web yang dapat dioperasikan di laptop atau komputer.

Dengan menggunakan versi web ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses percakapan dan mengirim pesan. Caranya, bisa melalui peramban web mereka, tanpa perlu membuka aplikasi di ponsel.

Dengan menggunakan WhatsApp yang di blur, akan membantu kami tetap terjaga privasinya. Namun memang tidak semua orang mengetahui bagaimana cara penggunaannya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan secara baik stepnya.

Alasan Melakukan Blur di WhatsApp Web

Sebelum membahas tentang bagaimana cara blur WhatsApp web, tentunya cukup penting juga untuk tahu kenapa alasan melakukan hal tersebut? Ada beberapa hal yang mungkin mendasarinya, diantaranya berikut ini:

1. Menjaga Privasi Pesan Sensitif

WhatsApp Web Blur memberikan keamanan ekstra dengan memungkinkan pengguna untuk mengaburkan pesan-pesan yang mengandung informasi pribadi atau sensitif. Ini mencegah orang lain yang melihat layar komputer kamu secara tidak sengaja dari membaca konten yang seharusnya bersifat rahasia.

2. Kontrol atas Konten Media yang Dilihat

Dengan mengaktifkan fitur blur, pengguna dapat menghindari konten media yang mungkin tidak ingin langsung ditampilkan ketika membuka pesan di WhatsApp Web. Ini berguna terutama dalam lingkungan di mana orang lain dapat melihat layar kamu.

3. Mengurangi Risiko Pencurian Informasi

Cara blur WhatsApp web dapat membantu mengurangi risiko informasi pribadi dicuri oleh pengguna lain yang mendapatkan akses ke komputer kamu. Pesan-pesan yang terblur akan sulit dibaca, sehingga mengurangi kemungkinan akses tanpa izin.

4. Fokus pada Pesan Teks Terlebih Dahulu

Dengan mengaburkan konten media, pengguna dapat fokus pada pesan teks dalam percakapan terlebih dahulu. Ini berguna untuk memastikan bahwa isi pesan dan informasi yang disampaikan dipahami dengan baik tanpa terganggu oleh konten media.

5. Perlindungan dari Tampilan Publik

Pengguna seringkali menggunakan WhatsApp Web di tempat umum atau berbagi ruangan dengan orang lain. Dengan fitur blur, pesan-pesan pribadi tetap terlindungi dari mata orang lain yang bisa melihat layar kamu secara tak terduga.

Cara Menerapkan WhatsApp Web Blur di Berbagai Browser

Kamu sudah mengetahui apa saja alasan untuk melakukan WA Web Plus blur ini. Selanjutnya, akan dijelaskan mengenai cara melakukannya pada sejumlah browser. Kamu bisa langsung saja membaca panduannya berikut.

1. WhatsApp Web Blur di Google Chrome

Google chrome memang menjadi sebuah browser yang paling banyak digunakan sekarang ini, dan hampir pasti tersedia di perangkat Android. Di komputer maupun laptop juga sering kali diinstal. Untuk cara blurnya, kamu bisa mengikuti panduan berikut:

  • Mulailah dengan membuka Google Chrome di peramban kamu. Ketikkan alamat https://chrome.google.com/webstore/category/extensions di bilah alamat dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, di kolom pencarian, silakan ketikkan ‘Privacy Extension for WhatsApp Web’ untuk mencari ekstensi tersebut.
  • Dari hasil pencarian, pilihlah ekstensi yang dikembangkan oleh lukaslen.com.
  • Setelah itu, klik opsi ‘Add to Chrome’ yang akan terletak di halaman deskripsi ekstensi.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai, dan ikuti petunjuk yang muncul untuk menyelesaikan instalasi ekstensi.
  • Sekarang, kunjungi situs WhatsApp Web melalui peramban Google Chrome kamu.
  • Di bagian ekstensi di sisi kanan bilah alamat, temukan dan klik ikon ekstensi yang telah kamu instal.
  • Untuk mengaktifkan efek blur pada WhatsApp Web, cukup tekan tombol kombinasi ‘Alt+X’ pada keyboard kamu. Dengan ini, efek blur akan diterapkan pada pesan-pesan di layar.

2. Whatsapp Web Blur di Mozilla Firefox

Selain menggunakan chrome, Mozilla Firefox juga banyak terinstall di komputer atau laptop. Jika kamu memang menjadi salah satu pengguna browser ini, maka cara blur WhatsApp web bisa diikuti di bawah:

  • Awali dengan membuka peramban Google Chrome. Kemudian, ketikkan https://chrome.google.com/webstore/category/extensions di kotak alamat dan tekan tombol Enter.
  • Lanjutkan dengan menuliskan ‘Privacy Extension for WhatsApp Web’ pada kolom pencarian yang tersedia.
  • Setelah itu, pilihlah ekstensi yang dikembangkan oleh lukaslen.com dari hasil pencarian yang muncul.
  • Klik opsi ‘Add to Chrome’ yang akan kamu temukan di halaman deskripsi ekstensi tersebut.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai, lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan prosedur instalasi.
  • Selanjutnya, kunjungi situs WhatsApp Web melalui peramban Google Chrome kamu.
  • Temukan dan klik ikon ekstensi yang telah diinstal, yang berada di bagian kanan bilah alamat.
  • Untuk menerapkan cara blur WhatsApp web, cukup tekan kombinasi tombol ‘Alt+X’ pada keyboard kamu. Dengan ini, efek blur akan diterapkan pada konten pesan di tampilan layar.

Penyebab WhatsApp Web Blur Tidak Bisa Diterapkan

Setelah mengetahui cara blur WhatsApp web, penting untuk kamu paham kenapa fasilitas ini tidak bisa digunakan. Ketika mencoba memakai fitur WhatsApp blur ini di browser kamu, mungkin tidak selalu berjalan dengan mulus dan bahkan ada kalanya ditemui kendala. Kemungkinan, terjadi beberapa penyebab seperti berikut:

1. Gangguan Koneksi Internet

Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah dapat menghambat penerapan efek blur pada WhatsApp Web. Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan atau kesalahan dalam proses penerapan fitur blur.

Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil sebelum mencoba mengaktifkan fitur blur. Cobalah untuk mengatasi masalah koneksi atau gunakan koneksi yang lebih baik untuk menghindari hambatan ini.

2. Browser Tidak Diperbarui

Versi peramban yang tidak diperbarui dapat menyebabkan ketidakcocokan dengan fitur-fitur terbaru, termasuk fitur blur. Hal ini dapat mengakibatkan pengalaman yang buruk dalam mencoba menerapkan blur.

Pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari peramban, seperti Google Chrome. Tujuannya, agar kompatibilitas dengan fitur-fitur terbaru terjamin.

3. Masalah Ekstensi

Kadang-kadang, masalah teknis pada ekstensi yang kamu gunakan untuk fitur blur dapat mengganggu proses penerapan. Konflik atau kesalahan pada ekstensi dapat menghambat kinerja fitur ini.

Periksa dan pastikan ekstensi yang kamu gunakan dalam kondisi baik dan diperbarui. Jika masalah berlanjut, pertimbangkan untuk menghapus dan menginstal ulang ekstensi.

4. Konflik dengan Ekstensi Lain

Penggunaan banyak ekstensi dalam peramban kamu dapat menyebabkan konflik yang menghambat penerapan efek blur. Ekstensi lain yang terpasang mungkin bersaing atau tidak kompatibel dengan fitur blur.

Cobalah untuk menonaktifkan ekstensi lain secara bergantian untuk mengidentifikasi apakah konflik terjadi. Prioritaskan penggunaan ekstensi yang paling penting.

5. Masalah Kompatibilitas

Perubahan dalam fitur atau teknologi WhatsApp Web dapat menyebabkan masalah kompatibilitas dengan ekstensi yang digunakan untuk blur. Hal ini terjadi ketika extension blur WA web belum diperbarui sesuai perubahan tersebut.

Pastikan kamu menggunakan versi ekstensi yang kompatibel dengan versi terbaru WhatsApp Web. Periksa apakah ada pembaruan ekstensi yang dapat kamu unduh untuk mengatasi masalah ini.

Dengan cara blur WhatsApp web yang telah dijelaskan, kamu bisa coba ke masing-masing komputer supaya privasi lebih tetap terjaga. Kalau ditemukan kendala, pastikan langkah-langkahnya sudah dilakukan dengan benar.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan