Cara Cek Bantuan UMKM Mekar BNI BRI 2023 Lewat HP

Mello.id – Sejak era pandemi, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang paling terdampak. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memberikan bantuan kepada UMKM untuk membantu mereka bertahan di masa sulit ini. Namun, tidak semua orang tahu cara cek bantuan UMKM.

Salah satu cara untuk mengecek bantuan UMKM adalah dengan menggunakan situs resmi yang dikeluarkan oleh bank pemerintah. Biasanya bantuan akan diberikan secara langsung dan tidak akan ada pemberitahuan sebelumnya.

UMKM dapat menghubungi bank tersebut atau datang langsung ke kantor cabang bank terdekat untuk mengecek status bantuan UMKM yang telah diterima. Dengan mengecek bantuan UMKM secara online, UMKM dapat memastikan bahwa dana bantuan tersebut tidak hilang begitu saja.

Cara Cek Bantuan UMKM Online Lewat HP Terbaru 2023

Anda bisa melakukan pengecekan bantuan UMKM 2023 dengan menggunakan beberapa langkah yang akan dibahas di bawah. Pilih salah satu agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau lokasi penerimaan dana.

Cek Bantuan Eform UMKM Bank BRI

  • Untuk memulai, siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda. 
  • Buka browser di ponsel atau laptop, lalu ketikkan alamat situs https://eform.bri.co.id/bpum
  • Isi nomor KTP Anda pada e-form yang tersedia untuk melakukan pengecekan.
  • Setelah mengisi nomor KTP, Anda akan menerima notifikasi mengenai status bantuan UMKM Anda. 
  • Jika Anda terdaftar sebagai calon penerima di eform BRI, Anda bisa mengunjungi kantor BRI terdekat untuk mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM yang telah disediakan.

Perlu diingat bahwa Bank BRI belum menerima informasi lebih lanjut terkait pencairan bantuan UMKM berikutnya dari Pemerintah. Namun, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan BRI

Cek Bantuan UMKM 2023 Bank BNI

Sebagai pemilik kartu BNI, Anda bisa memanfaatkan e-form BNI untuk mengecek apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bantuan UMKM. Ikuti prosedur di bawah ini untuk mulai mengecek.

  • Kunjungi situs web, masuk ke https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/kurOption dan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda pada kolom yang tersedia. 
  • Setelah itu, tekan tombol ‘Cari’ untuk melanjutkan pengecekan eform BNI.
  • Kemudian, sistem akan memberikan informasi apakah Anda terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM atau tidak.

Demikianlah cara cepat dan mudah untuk mengecek bantuan UMKM melalui e-form BNI. Dengan metode ini, Anda dapat memastikan apakah Anda berhak menerima bantuan tersebut atau tidak.

Apa Itu Bantuan UMKM Mekar?

Bantuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan dukungan berbentuk uang yang diberikan kepada pelaku UMKM. Tujuan dari bantuan ini adalah membantu mereka mengatasi permasalahan yang muncul akibat pandemi yang melanda dunia.

Kondisi pandemi yang telah berdampak pada perekonomian global, menjadikan UMKM sebagai salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan UMKM sebagai solusi untuk memulihkan sektor ini.

Dalam pemberian bantuan UMKM, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dan efektif dalam membantu pelaku usaha menghadapi pandemi.

Pemanfaatan dana bantuan UMKM harus dilakukan secara tepat dan bijaksana. Pelaku usaha perlu mengalokasikan dana tersebut untuk pengembangan bisnis, peningkatan kualitas produk, serta memperluas jaringan pemasaran agar usaha bisa kembali bangkit.

Di masa pandemi ini, bantuan UMKM menjadi salah satu upaya penting untuk menjaga keberlangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah. Semoga dengan adanya bantuan ini, para pelaku usaha dapat segera pulih dan kembali berkontribusi pada perekonomian bangsa.

Syarat Pencairan Bantuan UMKM Pandemi

Pemerintah Indonesia telah memberikan berbagai bantuan untuk membantu UMKM bertahan di tengah pandemi ini.  Namun, untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  • Memiliki izin usaha yang sah. Sebagai pelaku usaha, Anda harus memiliki izin usaha yang lengkap dan sah dari instansi yang berwenang, seperti Dinas Perizinan dan Tenaga Kerja. Izin usaha ini membuktikan bahwa bisnis Anda diakui dan sah di mata pemerintah.
  • Memiliki NPWP. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah identitas pajak yang wajib dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia yang memperoleh penghasilan. 
  • Membuktikan penurunan omzet. Bantuan UMKM pandemi diberikan kepada pelaku usaha yang mengalami penurunan omzet minimal 30% akibat pandemi. 
  • Memiliki rekening bank atas nama bisnis. Bantuan UMKM pandemi akan dicairkan melalui rekening bank atas nama bisnis. Oleh karena itu, Anda harus memiliki rekening bank yang sah dan aktif atas nama bisnis Anda.
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar. Formulir pendaftaran bantuan UMKM pandemi harus diisi dengan lengkap dan benar. Pastikan Anda memasukkan informasi yang valid dan sesuai dengan kondisi bisnis Anda.
  • Memiliki rekening BNI/BRI.

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, peluang Anda untuk mendapatkan bantuan UMKM pandemi akan semakin besar. Namun, tetap ingat bahwa bantuan tersebut bersifat terbatas dan bersifat selektif. 

Oleh karena itu, Anda harus bersaing dengan pelaku usaha lainnya untuk mendapatkan bantuan tersebut. Sebagai pelaku usaha, teruslah berinovasi dan beradaptasi dengan situasi yang ada agar bisnis Anda tetap bertahan di tengah pandemi.

Syarat Mengajukan Bantuan UMKM

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha kecil atau UMKM dalam mengajukan bantuan sangatlah penting untuk diketahui. Simak daftarnya:

  • Penerima bantuan UMKM haruslah Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki identitas resmi penduduk (e-KTP).
  • Selain itu, penerima bantuan juga harus bukan berasal dari pegawai PNS, BUMN, atau BUMD. Hal ini menunjukkan bahwa bantuan tersebut ditujukan untuk membantu pelaku usaha kecil yang tidak memiliki keterkaitan dengan instansi pemerintah atau badan usaha milik negara.
  • Salah satu syarat penting lainnya yaitu para pelaku usaha kecil harus memiliki bisnis atau usaha kecil yang bisa dibuktikan dengan surat usulan calon penerima dan pengusul BPUM.
  • Dokumen yang dibutuhkan dalam mengajukan bantuan UMKM antara lain e-KTP, surat usulan, serta beberapa dokumen pendukung lainnya.

Untuk memperoleh bantuan tersebut, para pelaku usaha kecil harus melalui beberapa tahapan seleksi yang dilakukan oleh pihak pemerintah. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pelaku usaha kecil untuk memenuhi seluruh syarat dan persyaratan yang telah ditetapkan.

Jenis Bantuan untuk UMKM

Selain mengetahui cara cek bantuan UMKM, Anda juga harus tahu jenis bantuan apa saja yang nantinya diberikan. Selain dalam bentuk uang khususnya saat pandemi, ada jenis bantuan lain yang mungkin diterima pelaku usaha.

  1. Pelatihan dan Kursus

Pelatihan dan kursus merupakan jenis bantuan yang sangat penting bagiUMKM dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan bisnis mereka. Dengan pelatihan dan kursus yang tepat, UMKM dapat meningkatkan keterampilan manajerial, teknis, dan pemasaran, serta meningkatkan daya saing dan produktivitas bisnis mereka.

Pelatihan dan kursus yang tersedia untuk UMKM biasanya mencakup berbagai topik, seperti manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, pemasaran dan branding, serta pengembangan produk dan layanan. 

Selain itu, pelatihan dan kursus juga dapat membantu UMKM untuk memahami tren bisnis terbaru, mengembangkan rencana bisnis yang efektif, dan mengatasi tantangan yang mungkin terjadi dalam operasi bisnis mereka.

Dalam rangka memperluas akses terhadap jenis bantuan ini, banyak organisasi dan pemerintah telah menawarkan pelatihan dan kursus secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau untuk UMKM. 

  1. Akses ke Pemasaran Digital

Akses ke Pemasaran Digital adalah salah satu jenis bantuan yang dapat diberikan kepada UUMKM. Dalam era digital saat ini, penting bagi UMKM untuk dapat menjangkau konsumen melalui platform digital. 

Dengan adanya akses ke pemasaran digital, UMKM dapat mempromosikan produk atau jasa mereka secara online dan meningkatkan visibilitas mereka di pasar. Akses ke pemasaran digital dapat membantu UMKM dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka. 

Melalui media sosial, UMKM dapat membangun hubungan dengan pelanggan mereka dan memperluas jangkauan bisnis mereka. Selain itu, UMKM dapat menggunakan fitur-fitur seperti iklan online untuk mempromosikan produk mereka dengan lebih efektif dan efisien.

  1. Konseling Bisnis

Dalam konseling bisnis, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari ahli bisnis yang telah berpengalaman dalam mengelola bisnis. Dengan konseling bisnis, Anda dapat memperoleh berbagai ide dan strategi untuk meningkatkan efektivitas operasional dan manajemen keuangan bisnis.

Selain itu, konseling bisnis juga dapat membantu Anda dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis. Konselor bisnis akan membantu Anda dalam mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan. 

Konseling bisnis juga dapat membantu UMKM dalam mengelola risiko bisnis yang ada. Dengan mengidentifikasi risiko dan membuat rencana pengelolaan risiko yang efektif, Anda dapat meminimalkan dampak risiko terhadap bisnis.

  1. Akses ke Jaringan Bisnis

Akses ke jaringan bisnis menjadi kunci sukses bagi UMKM. Dengan terhubung ke jaringan bisnis yang tepat, UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dan memperluas pasar yang tersedia. 

Untuk memperoleh akses ke jaringan bisnis, UMKM dapat bergabung dengan komunitas bisnis dan organisasi industri. Selain itu, UMKM juga dapat memanfaatkan platform online untuk memperluas jangkauan bisnisnya.

Komunitas bisnis dan organisasi industri dapat memberikan akses ke jaringan bisnis yang luas. Melalui keanggotaan di komunitas bisnis, UMKM dapat bertemu dengan pengusaha dan pelaku bisnis lainnya. 

Dalam acara-acara dan pertemuan yang diadakan oleh komunitas bisnis, UMKM dapat memperluas jaringan bisnis dan mengembangkan kemitraan strategis dengan perusahaan besar dan mitra bisnis potensial.

  1. Bantuan Teknologi

Bantuan teknologi adalah salah satu jenis bantuan yang sangat berguna bagi para pelaku UMKM. Bantuan teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha UMKM, sehingga dapat bersaing dengan pelaku usaha yang lebih besar. 

Bantuan teknologi ini meliputi penggunaan perangkat lunak, perangkat keras, dan aplikasi yang dapat membantu dalam pengelolaan dan pengembangan usaha.

Selain itu, bantuan teknologi juga dapat membantu UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang mereka tawarkan. Dengan bantuan teknologi, UMKM dapat mengembangkan sistem produksi yang lebih modern dan efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk. 

  1. Akses ke Sumber Daya Manusia

Akses ke sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam kesuksesan UMKM. Untuk itu, berbagai jenis bantuan disediakan untuk membantu UMKM dalam mengakses sumber daya manusia yang dibutuhkan. 

Salah satu bantuan yang tersedia adalah pelatihan keterampilan bagi pekerja UMKM. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk yang dihasilkan.

  1. Bantuan Perizinan dan Regulasi

Anda bisa memperoleh bantuan perizinan dari pemerintah, seperti Dinas Perizinan dan Regulasi setempat. Bantuan ini biasanya berupa fasilitasi dalam mengurus perizinan, memperoleh informasi terkait regulasi bisnis, serta pelatihan terkait pemenuhan standar dan aturan yang berlaku.

Pengurusan perizinan dan regulasi bisa menjadi hambatan besar bagi UMKM dalam memulai usahanya. Oleh karena itu, bantuan ini dapat membantu UMKM mengatasi masalah tersebut. 

Selain itu, dengan memperoleh informasi terkait regulasi bisnis, UMKM dapat mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini dapat membantu UMKM untuk meminimalkan risiko pelanggaran aturan yang berlaku.

Manfaat Bantuan Pemerintah untuk UMKM

Bantuan pemerintah untuk UMKM sangat penting untuk usaha yang kecil. Berikut beberapa jenis manfaat yang bisa didapatkan.

  1. Meningkatkan Modal Usaha

Meningkatkan modal usaha merupakan salah satu manfaat dari bantuan pemerintah untuk UMKM. Dalam usaha yang sedang berkembang, modal merupakan faktor yang sangat penting dalam memperluas bisnis dan meningkatkan pendapatan. 

Oleh karena itu, bantuan modal dari pemerintah sangatlah penting untuk membantu UMKM dalam mengatasi tantangan finansial dan memperbesar skala bisnis.

  1. Memperluas Jaringan Pemasaran

Bantuan pemerintah untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki manfaat yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu manfaat utama bantuan tersebut adalah dapat memperluas jaringan pemasaran UMKM. 

Dengan bantuan dari pemerintah, UMKM dapat mengikuti berbagai kegiatan pameran dan promosi yang diadakan oleh pemerintah. Hal ini tentu saja dapat membantu UMKM dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan produk mereka.

  1. Meningkatkan Kualitas Produk

Bantuan pemerintah sangat penting dalam meningkatkan kualitas produk. Bantuan tersebut bisa berupa pelatihan dan bimbingan teknis dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan pengusaha UMKM. 

Dengan demikian, UMKM dapat memperbaiki kualitas produknya sehingga dapat bersaing dengan produk dari perusahaan besar.

  1. Meningkatkan Keterampilan Pengusaha

Melalui bantuan pemerintah, pelaku UMKM dapat mengasah kemampuan mereka dalam mengelola usaha. Dengan mengikuti pelatihan dan seminar yang diselenggarakan oleh pemerintah, para pengusaha memiliki kesempatan untuk mempelajari berbagai strategi bisnis yang efektif.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan fasilitas konsultasi bagi para pengusaha UMKM. Fasilitas ini memberikan informasi dan saran tentang pengembangan usaha, sehingga mereka dapat menyesuaikan strategi bisnis mereka sesuai dengan kebutuhan pasar yang selalu berkembang.

Dalam jangka panjang, peningkatan keterampilan ini akan berdampak positif pada pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah. Dengan demikian, pemerintah berperan penting dalam membantu para pengusaha untuk mencapai kesuksesan dalam bidang usaha mereka.

Baca Juga : Download WA Mod iOS Iphone Apk versi 14 Terbaru 2023

  1. Meningkatkan Daya Saing UMKM

Dukungan pemerintah terhadap UMKM sangat penting untuk memperkuat daya saing mereka di pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyediakan akses pada teknologi terkini, sehingga UMKM dapat mengoptimalkan proses produksi dan distribusi produk mereka.

Selain itu, bantuan pemerintah juga mencakup fasilitas pembiayaan yang terjangkau. Dengan adanya modal yang cukup, UMKM dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mengekspansi usaha mereka. Hal ini tentunya akan berdampak positif pada daya saing mereka di pasar.

Dalam dunia usaha, perolehan dana menjadi hal yang sangat penting. Karena itu, para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) perlu mengetahui cara cek bantuan UMKM agar dana tidak hilang.

Langkah-langkah yang tepat dan teliti akan sangat membantu dalam mengoptimalkan penggunaan dana dan menghindari adanya kebocoran atau penyalahgunaan dana. Menjaga keamanan dana yang diterima dari bantuan UMKM dapat dilakukan dengan pengecekan rutin atau tanya ke bank langsung.

Tinggalkan Balasan