Cara Cek BH iPhone Sebelum Ganti dengan Baterai Baru

Sudah hal yang wajar jika baterai HP akan semakin menurun performanya seiring dengan lamanya penggunaan. Itulah kenapa sebabnya, setiap pengguna perangkat iOS tahu cara cek BH iPhone miliknya, supaya jelas apa yang menyebabkan performa berkurang.

Battery Health atau BH pada iPhone yang sudah memburuk akan berpengaruh pada kecepatan perangkat itu sendiri, sebagaimana yang diakui oleh pihak Apple. Kalau ingin perangkat tetap bekerja dengan normal, pengguna harus memastikan bahwa battery health iPhone miliknya masih bagus.

Mengecek bagaimana kondisi BH pada iPhone memudahkan pengguna untuk melakukan antisipasi. Cek sendiri keseharan baterai iPhone milik kamu supaya tahu dengan pasti apakah masih bisa dipakai atau memang harus diganti yang baru.

Cara Cek BH iPhone Seri Terbaru

Pada prinsipnya, cara untuk memeriksa BH iPhone dapat dilakukan dengan mudah melalui pengaturan perangkat. Pengguna cukup mengikuti langkah berikut ini untuk mengetahui bagaimana kondisi baterai iPhone.

  1. Masuk pada menu “Setting/ Pengaturan
  2. Ketuk “Battery” dan klik “Battery Health”
  3. Periksa “Maximum Capacity” untuk mengetahui kondisi baterai.

Maximum capacity atau kapasitas maksimal pada baterai iPhone tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui berapa kapasitas baterai yang seharusnya. Kapasitas baterai yang menurun akan berpengaruh pada pengisian daya dan penggunaannya.

Kapan Harus Ganti Baterai iPhone?

Setelah memeriksa BH iPhone dan tahu berapa kapasitasnya, pengguna bisa memutuskan apakah sudah waktunya mengganti baterai baru atau belum. Pertanyannya, kapan baterai iPhone harus diganti yang baru? Jawabannya adalah ketika kapasitasnya sudah turun lebih dari 80%.

Ketika kamu melakukan pengecekan kondisi kesehatan baterai iPhone dan ternyata kapasitasnya sudah kurang dari 80% dari maximum capacity, sebaiknya lakukan penggantian baterai. Jika tetap dibiarkan menggunakan baterai lama, jangan heran kalau HP tiba-tiba mati.

Penyebab BH iPhone Cepat Menurun

Dengan cara cek BH iPhone, kamu bisa mengetahui apakah kondisi baterai masih bagus atau tidak. Menjaga kondisi baterai agar tetap baik sangat berpengaruh pada kinerja smartphone itu sendiri. Kesehatan baterai iPhone menurun sejalan dengan durasi pemakaiannya.

Namun, bisa juga terjadi kasus baterai umurnya belum terlalu lama tapi sudah menurun kapasitas dan kesehatannya. Apa yang menyebabkan BH iPhone cepat turun meskipun belum lama digunakan?

Menurunnya BH iPhone biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

1. Suhu yang Ekstrem

Penyebab BH iPhone cepat turun salah satunya adalah perangkat terpapar oleh suhu yang ekstrem terus menerus. Sebagai catatan, suhu normal iPhone adalah 16-22 derajat, dan pada rentang itulah perangkat bisa berjalan dengan baik.

Kalau HP sering terkena atau berada di tempat dengan suhu yang lebih rendah atau lebih tinggi dari rentang normal, itu membuat BH cepat menurun. Selain mempercepat penurunan BH iPhone, paparan suhu ekstrem juga dapat menyebabkan menurunnya performa smartphone.

2. Cas HP Sambil Main Game

BH iPhone cepat turun kalau kamu sering memainkan game ketika HP sedang dicas. Memang terkesan sepele dan masih banyak orang yang melakukannya, tapi kamu harus tahu akibatnya pada baterai.

Main game sambil cas HP membuat perangkat menjadi panas dan terjadi overhead. Inilah yang lama kelamaan akan merusak kondisi kesehatan baterai dan membuatnya menjadi ngedrop. Mulai sekarang, hindari main game saat smartphone sedang diisi ulang baterainya.

3. Baterai 0% atau Dicas Hingga 100%

Faktor yang menyebabkan BH iPhone turun yaitu kebiasaan membiarkan baterai habis sampai 0% atau sebaliknya, mengisi ulang dayanya hingga 100%. Menurut ulasan yang disampaikan oleh para youtuber teknologi, membuat HP kehabisan baterai atau mengecasnya hingga full tidak dianjurkan.

Dua-duanya merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kondisi kesehata baterai iPhone. Mengapa kedua kebiasaan ini tidak dianjurkan bagi pengguna iPhone. Alasannya hampir sama dengan main game sambil cas HP, yaitu baterai cepat menjadi panas.

4. Tidak Menggunakan Charger Original

Apa yang membuat BH iPhone cepat turun, salah satunya adalah kamu menggunakan charger yang tidak seharusnya. Maksudnya disini, charger yang dipakai untuk isi daya baterai bukan yang asli atau bawaan HP.

Masalah yang lebih parah juga dapat dialami kalau kamu sering menggunakan power bank untuk mengisi baterai. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu memakai charger bawaan atau yang original kalau mengecas HP agar BH iPhone tetap baik dalam waktu lama.

Kalaupun terpaksa memakai charger lain atau power bank, jangan terlalu sering melakukannya. Mengisi ulang daya dengan charger yang tidak original menyebabkan baterai menjadi panas sehingga cepat rusak.

Cara Menjaga BH iPhone Supaya Tahan Lama

Apa yang harus dilakukan agar BH iPhone tetap bagus? Tidak ada jawaban yang pasti mengenai hal tersebut, karena bagaimanapun kesehatan baterai akan berkurang kalau sudah lama digunakan. Meskipun begitu, pengguna bisa melakukan upaya agar BH iPhone bertahan lebih lama, yaitu :

  1. Lakukan pembaruan versi iOS dengan rutin
  2. Menghindari suhu yang ekstrem atau terlalu tinggi
  3. Lepaskan chasing iPhone selama dicas
  4. Gunakan charger yang original
  5. Hindari mengecas iPhone sampai penuh, khususnya jika akan disimpan dalam waktu lama
  6. Cukup isi daya baterai hingga 80% saja
  7. Gunakan fitur “Optimized Battery” untuk menghemat daya

Meskipun tidak mencegah menurunnya kondisi kesehatan, setidaknya beberapa kebiasaan diatas dapat mendukung dan menjaga BH iPhone agar awet 100%.

Informasi Tentang Penggunaan Baterai iPhone

Disamping mengetahui cara cek BH iPhone ada hal lainnya yang tidak kalah penting, yaitu membaca informasi penggunaan baterai. Informasi tersebut berguna untuk membantu pengguna mengetahui apa saja yang membuat daya baterainya cepat habis.

Berikut ini adalah beberapa informasi terkait penggunaan baterai pada iPhone.

1. Penelaah dan Saran

Berisi tentang pola penggunaan atau kondisi HP yang membuat konsumsi baterainya lebih banyak. Pada bagian ini juga ditampilkan saran untuk menurunkan penggunaan baterai. Saat saran dimunculkan, pengguna bisa membukanya untuk mengetahui pengaturan yang terkait.

2. Terakhir Diisi Daya

Menginformasikan seberapa penuh pengisian daya pada baterai yang terakhir dilakukan dan waktu saat pengisi daya dicabut dari perangkat.

3. Grafik Level Baterai

Informasi bagian ini menampilkan level baterai, interval antar waktu pengisian daya, serta periode dimana perangkat berada dalam mode daya rendah atau baterai iPhone berada di level sangat rendah. Grafik ini menampilkan informasi terakhir selama 24 jam

5. Grafik Penggunaan Baterai

Berisi informasi 10 hari terakhir tentang berapa persen baterai yang dipakai setiap hari oleh pengguna iPhone. Kamu bisa melihat kapan saja penggunaan baterai lebih boros dari biasanya.

6. Grafik Aktivitas

Grafik aktivitas berisi informasi tentang aktivitas yang dilakukan perangkat sepanjang waktu. Pada informasi ini akan dipisahkan aktivitas ketika layar hidup dan saat layar mati.

7. Layar Nyala dan Layar Mati

Isinya tentang jumlah total aktivitas sesuai interval waktu yang dipilih oleh pengguna, pada saat layar dalam kondisi mati ataupun hidup. Menampilkan informasi selama 10 hari terakhir dan rata-rata penggunaannya.

Cara cek BH iPhone tersebut sangat berguna bagi pemakai perangkat iOS untuk mengetahui dengan pasti kondisi baterai HP miliknya. Jika dari hasil pengecekan ternyata BH iPhone sudah kurang dari 80% sebaiknya ganti dengan baterai yang baru.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan