Cara Cek Resi Pos Indonesia Logistik Resmi Akurat dan Real Time

Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan pengiriman surat atau barang plat merah alias BUMN. Tidak kalah dengan perusahaan swasta, cek resi Pos Indonesia kini sudah semakin mudah. Anda bisa mengeceknya melalui smartphone maupun website.

Perlu Anda ketahui bahwa Pos Indonesia memiliki begitu banyak jenis pengiriman barang. Tidak hanya melayani pengiriman ke dalam negeri, BUMN satu ini juga punya jaringan pengiriman internasional (luar negeri) yang menjadi andalan bagi jutaan konsumennnya.

Cara Cek Resi Pos Indonesia

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek dan melacak resi Pos Indonesia. Pada kesempatan ini akan dijelaskan secara lengkap dari setiap caranya. Jadi, jangan lewatkan semua penjelasannya di bawah ini.

1. Website Resmi Pos Indonesia

Cara pertama yang paling recommended untuk Anda lakukan adalah mengecek resi melalui website resmi Pos Indonesia. Langsung saja, berikut ini adalah cara untuk melakukan pengecekan yang dapat Anda simak.

  • Buka browser terlebih dahulu, baik di smartphone maupun perangkat desktop
  • Berikutnya, kunjungi alamat atau URL berikut ini https://www.posindonesia.co.id/id/tracking
  • Langsung saja input nomor resi pada textbox bertulisan Masukkan Nomor Resi
  • Kalau sudah, Anda bisa langsung tekan tombol enter di keyboard maupun mengeklik pada tombol Cari
  • Sesaat kemudian, Anda akan mendapatkan data perjalanan dari paket yang dimaksud

2. Aplikasi Pos Indonesia

Selain melalui browser atau website yang telah dijelaskan di atas, pengecekan resi Pos Indonesia juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Perusahaan BUMN yang satu ini memiliki sebuah aplikasi resmi yang bernama PosAja!.

Aplikasinya bisa didapatkan melalui Google Play Store dan Apple App Store. Jadi, sebelum mempraktikkan tutorialnya, sebaiknya install aplikasi tersebut terlebih dahulu di smartphone Anda. Kalau sudah, silakan ikuti panduan atau tutorial di bawah untuk cek resi Pos Indonesia.

  • Buka aplikasi PosAja! yang sudah Anda install sebelumnya
  • Berikutnya, klik langsung pada Masukkan Nomor Resi
  • Masukkan nomor resi yang sudah Anda dapatkan pada tempat yang tersedia dan klik Cari
  • Bisa juga dengan mengeklik pada menu Scan Barcode
  • Setelah menekan menunya, silakan arahkan kamera smartphone ke arah barcode pada lembar pengiriman yang diberikan oleh petugas Pos Indonesia
  • Kalau sudah, histori perjalanan paket Anda akan segera terlihat di dalam aplikasi

PosAja! ini sangat menyenangkan untuk dipakai karena pengguna tidak perlu melakukan registrasi atau pendaftaran akun terlebih dahulu untuk bisa melakukan pengecekan resi. Kalau Anda ingin registrasi terlebih dahulu juga ada opsi untuk itu.

3. Media Sosial Pos Indonesia

Jika mengalami kendala ketika cek resi menggunakan website resmi maupun aplikasi, Anda bisa meminta bantuan customer service Pos Indonesia melalui media sosial. Ada beberapa channel resmi yang bisa Anda temukan di Instagram, Facebook, maupun Twitter.

Cara mengeceknya juga mudah, Anda hanya perlu mengirimkan pesan ke akun resmi Pos Indonesia dan sampaikan nomor resinya agar dicek oleh petugas. Setelah dicek, customer service akan segera menginformasikan kepada Anda mengenai histori perjalanan paketnya.

4. Website Cekresi.com

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan website buatan pihak ketiga untuk memeriksa resi pengiriman Pos Indonesia, salah satunya adalah cekresi.com. Cara penggunaannya relatif mudah, silakan simak tutorialnya berikut.

  • Buka browser terlebih dahulu kemudian buka link berikut https://cekresi.com/
  • Kalau sudah, masukkan nomor resi dengan benar di halaman utamanya dan tekan Enter
  • Selanjutnya, klik pada tombol Pos Indonesia
  • Detail paket dan riwayat perjalanannya pun akan segera ditampilkan di bagian bawah

Tidak sulit untuk tracking dan cek resi Pos Indonesia. Anda bisa mempraktikkan salah satu dari beberapa cara yang telah dijelaskan tadi, pilih saja salah satu yang paling mudah dan praktis.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan