Cara Isi E-Toll Lewat DANA, Biaya Admin, dan Batas Minimalnya

Mello.id – Cara Isi E-Toll Lewat DANA, Biaya Admin, dan Batas Minimalnya Pencarian seputar informasi yang kian dan sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, meski sebenarnya kata kunci ini memang sangat banyak dijumpa di search enggine Google, kami tetap berusaha memberikan yang terbaik dengan memberikan sebagian penjelasan perihal Cara Isi E-Toll Lewat DANA, Biaya Admin, dan Batas Minimalnya terupdate dan terbaik tahun ini.

Kami menghadirkan informasi Cara Isi E-Toll Lewat DANA, Biaya Admin, dan Batas Minimalnya supaya bisa menambah wawasan, Terlebih melalui link situs kami, kamu bisa mendapat kepuasan karena kami menyajikan dengan susunan kata dan kalimat yang tersusub dengan sangat-sangat rapi, tentunya melalui sajian bacaan yang akan mimin ular dibawah.

Melalui situs ini, kalian sebagai pengguna akan mendapatkan berbagai informasi seputar Cara Isi E-Toll Lewat DANA, Biaya Admin, dan Batas Minimalnya dari seluruh dunia secara eksklusif, Bahkan situs ini juga disebut-sebut memberikan berbagai update setiap harinya.

Jalan toll merupakan salah satu alternatif untuk membuat perjalanan lebih cepat dan efisien. Untuk bisa mengakses jalannya, maka kamu perlu menyiapkan saldo E-Toll terlebih dahulu. Bisa diisi dengan berbagai alternatif, kali ini akan dijelaskan cara isi E-Toll lewat DANA dengan lengkap.

Topik ini sendiri penting untuk diketahui mengingat sekarang E-Toll hanya bisa dibayar dengan uang elektronik dan tidak menerima uang cash. Uang elektronik atau E-Money bisa diisi dengan berbagai cara mulai dari aplikasi marketplace (Shoppe, Tokopedia, dan semacamnya), M-Banking, hingga melalui DANA.

Masih bingung dengan seputar pembayaran E-Toll dan bagaimana cara mengisinya? Simak penjelasan di bawah ini hingga akhir untuk lebih mengenal E-Toll mulai dari cara top up, biaya admin yang dibutuhkan, hingga batas minimal serta maksimal dalam mengisi E-Toll.

Cara Isi E-Toll Lewat DANA di HP

Berkembangnya era digital membuat banyak hal dapat dilakukan dengan lebih efisien dan mudah. Namun, tentu ada banyak orang yang harus beradaptasi dengan segala perkembangan yang ada. Sistem pembayaran E-Money termasuk dalam salah satunya.

E-Money merupakan pembayaran digital yang dapat digunakan untuk membayar berbagai hal termasuk saat akan memasuki jalan toll. E-Toll sendiri bisa diisi dengan mudah melalui berbagai alternatif mulai dari aplikasi marketplace hingga aplikasi uang digital seperti DANA, OVO, dan masih banyak lagi.

Jika memiliki aplikasi DANA, maka isi E-Toll dari DANA bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Instal aplikasi DANA melalui Play Store jika kamu belum memilikinya di perangkat ponsel
  • Aktifkan NFC yang ada di HP
  • Buka aplikasi DANA yang telah terinstal
  • Setelah memasuki halaman utama aplikasi, lanjutkan dengan memilih opsi ‘Lihat Semua’ yang terletak di bagian atas halaman
  • Pada menu ‘Top Up’, ketuk opsi pilihan ‘E-Money’
  • Pilih nama bank yang akan digunakan untuk pembayaran E-Money (saat ini DANA hanya menyediakan bank Mandiri)
  • Masukkan nomor kartu E-Toll yang biasanya berjumlah 16 digit
  • Pilih nominal E-Money yang ingin diisi (tersedia mulai dari Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, hingga Rp500.000)
  • Centang kolombertuliskan ‘Saya Setuju Dengan Syarat & Ketentuan’ yang ada di bagian paling bawah halaman
  • Ketuk opsi ‘Konfirmasi’
  • Pilih tombol bertuliskan ‘Bayar’
  • Masukkan PIN DANA untuk melanjutkan pembayaran
  • Tunggu hingga aplikasi memproses transaksi pembayaran dan cek riwayat transaksi dengan mengetuk opsi ‘Lihat Transaksi’
  • Ketuk tombol ‘Cek saldo’ dan lakukan peng-update an saldo E-Money

Jika sudah melakukan cara isi E-Toll lewat DANA seperti di atas, maka kamu bisa menyimpan identitas kartu E-Toll di aplikasi. Dengan menyimpan riwayat transaksi di DANA, maka saat ingin top up saldo E-Toll di kemudian hari kamu sudah tidak perlu lagi memasukkan 16 digit nomor E-Saldo.

Cara Update Saldo Kartu E-Toll

Selain mengetahui cara isi E-Toll dari DANA, setiap pengguna juga perlu mengetahui cara untuk update saldo kartu E-Toll. Jika menilik tutorial yang telah diberikan di atas, tertuliskan bahwa langkah akhir yang harus dilakukan dalam mengisi E-Toll adalah update saldo E-Toll.

Meski terlihat sepele, ini merupakan langkah yang tidak boleh ditinggalkan. Artinya, meskipun transaksi telah berhasil, maka saldo E-Toll tetap tidak akan bertambah jika pengguna tidak update saldo. Karena adanya langkah inilah, setiap pengguna dianjurkan untuk menggunakan HP dengan NFC.

Namun tidak perlu khawatir, jika HP tidak memiliki koneksi NFC maka update saldi bisa dilakukan di ATM. Adapun langkah-langkah update saldo kartu E-Toll melalui HP langsung serta melalui ATM akan dijabarkan secara lengkap di bawah ini:

1. Update Saldo Kartu E-Toll dengan NFC di HP

Menyesuaikan cara isi E-Toll lewat DANA yang dijabarkan pada penjelasan sebelumnya, top up saldo E-Toll sebaiknya dilakukan di HP yang memiliki koneksi NFC. Pasalnya nanti kamu harus melakukan update saldo sebagai langkah terakhirnya. Untuk melakukannya, simak poin-poin berikut:

  • Lakukan langkah-langkah isi saldo E-Toll lewat DANA yang telah dijabarkan dengan urut
  • Tunggu hingga aplikasi memunculkan halaman ‘Status Pembayaran’ yang menginformasikan apakah transaksi kamu berhasil atau tidak
  • Jika pembayaran berhasil, ketuk tombol ‘Lihat Transaksi’
  • Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Cek Saldo’ yang berada di bagian paling bawah halaman
  • Setelahnya tempelkan kartu E-Toll pada bagian belakang HP dan tunggu layar memunculkan proses update saldo
  • Tunggu hingga proses update saldo benar-benar selesai
  • Lepaskan kartu E-Toll dari bagian belakang HP dan saldo kartu E-Toll kamu secara otomatis akan ter-update

2. Update Saldo Kartu E-Toll melalui ATM

Menilik cara isi E-Toll lewat DANA yang dijelaskan sebelumnya, bagaimana jika HP yang digunakan tidak dilengkapi dengan koneksi NFC? Jika begitu, kamu bisa melewati poin langkah ke-2 namun tetap harus update saldo E-Toll melalui ATM Mandiri dengan cara sebagai berikut:

  • Lakukan cara isi E-Toll tanpa NFC melalui DANA dengan melewati langkah ‘mengaktifkan NFC di HP’
  • Setelah semua langkah-langkah dilakukan secara urut dan lengkap, tunggu hingga halaman ‘Status Pembayaran’ menampilkan berhasil tidaknya transaksi kamu
  • Jika sudah, jangan tutup halaman tersebut dan bergegas menuju mesin ATM Mandiri terdekat
  • Tidak perlu membawa atau memasukkan kartu ATM, langsung saja tekan tombol ‘Accept’ berwarna hijau yang ada di sebelah kanan tombol-tombol angka mesin ATM
  • Lanjutkan dengan memilih menu ‘E-Money’ yang ditampilkan layar mesin ATM
  • Pilih opsi Update Saldo’
  • Tempelkan kartu E-Toll pada NFC reader mesin ATM yang biasanya ditandai dengan tulisan ‘E-Money’

Jika domisili kamu ternyata sangat jauh dengan ATM Mandiri yang ada, maka sebagai solusinya update saldo E-Tolll bisa dilakukan di EDC Mandiri. Namun untuk langkah yang lebih efisien dan tidak ribet, coba cari HP yang memiliki NFC dan lakukan pengisian saldo E-Toll melalui perangkat tersebut.

Biaya Admin serta Batas Pengisian E-Toll lewat DANA

Sayangnya jika kamu ingin mengisi E-Toll melalui DANA, maka harus ada saldo lebih untuk membayar admin. Meski begitu, admin yang ditetapkan tidak begitu mahal. Pengguna hanya perlu membayar admin sebesar Rp1.500 untuk sekali transaksi pengisian saldo E-Toll.

Biaya admin ini memiliki nominal yang sama dengan beberapa aplikasi lain yang bisa digunakan untuk top up E-Toll seperti LinkAja, Tokopedia, iSaku, hingga Shopee.

Sementara itu, batas minimal yang ditetapkan oleh aplikasi DANA dalam top up saldo E-Toll adalah Rp20.000. Yang mana dengan ini berarti kamu setidaknya harus memiliki saldo minimal Rp21.500 untuk bisa top up saldo E-Toll.

Lantas berapakah batas maksimal top up saldo E-Toll melalui DANA? Kamu bisa top up hingga Rp500.000 dalam sekali transaksi di aplikasi DANA. Jika ternyata dibutuhkan saldo E-Toll melebihi angka maksimal tersebut, maka pengguna bisa melakukan transaksi lagi secara terpisah.

Namun perlu diingat bahwa jika melakukan transaksi yang berbeda, maka kamu juga akan dikenai biaya admin lagi.

Itulah cara isi E-Toll lewat DANA hingga cara untuk melakukan update saldo yang bisa kamu terapkan. Mengetahui informasi di atas, pengisian saldo E-Toll dianjurkan dilakukan pada HP yang dilengkapi dengan koneksi NFC. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga:

KESIMPULAN

Demikianlah ringkasan informasi mengenai Cara Isi E-Toll Lewat DANA, Biaya Admin, dan Batas Minimalnya, kami pihak tim berharao Artikel ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman lebih dalam bagi para pembaca mengenai artikel yang kami ulas menjadi sebiak mungkin, jadi Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke halaman blog ini, dan semoga Anda dapat menikmati pengalaman membaca. Jangan ragu untuk kembali lagi ke blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya di Lain waktu Hormat kami TIM MELLO.ID . Terima kasih!

Tinggalkan Balasan