Memahami Cara Bekerjanya Telepon Kabel dan Seluler

    Baik itu telepon kabel maupun seluler, kebanyakan orang biasanya sekadar menggunakannya begitu saja, namun belum mengetahui bagaimana cara kerja keduanya. Alat komunikasi telepon ini merupakan salah satu penemuan yang hebat pada peradaban manusia.

    Dengan alat ini, kita bisa berbicara dengan seseorang, yang perlu kita lakukan adalah mengangkat dan menekan beberapa nomor. Lalu langsung terhubung dengan orang yang dimaksud dan bisa melakukan percakapan 2 arah.

    Sekarang ini jaringan telepon tersedia di semua negara, sehingga kita dapat menjangkau hampir semua orang di semua negara. Lain jika kita membandingkannya dengan 10 dekade yang lalu, kita mungkin butuh beberapa hari untuk mengirimkan pesan tertulis 1 arah ke seseorang.

    Oleh sebab itu, alat ini dapat dikatakan sebagai penemuan yang menakjubkan. Lalu bagaimana cara kerja telepon ini? Berikut adalah pembahasannya.

    Cara kerja telepon

    Berkomunikasi melalui telepon merupakan salah satu bentuk komunikasi tidak langsung, karena komunikator dan komunikan tidak bertatapan langsung. Melainkan melalui perantara satu rangkaian peralatan elektronik yang disebut pesawat telepon. Namun setidaknya alat komunikasi ini bisa ditujukan untuk menyampaikan dan menerima pesan dengan cepat.

    1. Cara bekerjanya telepon kabel

    Telepon kabel menggunakan sistem wireline. Dengan begitu, alat ini memerlukan kabel untuk dapat berfungsi. Cara kerjanya sebagai berikut.

    a. Suara dari pengirim diinput melalui perangkat yang disebut sebagai Mikrofon.

    b. Mikrofon mengubah gelombang bunyi ke dalam isyarat listrik untuk disalurkan oleh perangkat telepon.

    c. Isyarat tersebut berupa sinyal, yang mana dialirkan melalui kabel ke pusat telekomunikasi.

    d. Dari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan ke penerima.

    e. Ketika sampai di penerima, sinyal tersebut dipulihkan kembali menjadi gelombang bunyi oleh perangkat yang disebut sebagai Speaker.

    Pada dasarnya jaringan telepon yang ada di Indonesia bisa dikategorikan menjadi dua, yakni jaringan tetap dan jaringan bergerak. Jaringan tetap bisa digunakan lewat telepon yang menggunakan kabel, biasanya untuk telepon rumah dan kantor. Di Indonesia, jaringan ini dapat meliputi jaringan telepon lokal, SLI, SLJJ, dan tertutup.

    Lalu jaringan bergerak dapat meliputi satelit, telepon seluler, dan radio trunking. Jaringan ini merupakan jaringan yang digunakan di semua negara untuk proses komunikasi dengan alat komunikasi seperti halnya telepon.

    2. Cara bekerjanya telepon seluler

    Jika telepon kabel menggunakan sistem wireline, telepon seluler ini menggunakan sistem wireless. Oleh sebab itu, pengirim dan penerima perlu tercakup pada Base Transceiver Station, atau biasa disingkat sebagai BTS. BTS merupakan infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi wireless antara alat komunikasi dan jaringan operator. Cara kerja telepon seluler sebagai berikut.

    a. Suara dari pengirim diinput melalui perangkat yang disebut sebagai Mikrofon.

    b. Mikrofon mengubah gelombang bunyi ke dalam isyarat listrik untuk dipancarkan oleh telepon seluler ke BTS terdekat.

    c. Isyarat tersebut berupa sinyal, yang mana diterima oleh BTS diteruskan ke pusat telekomunikasi.

    d. Dari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan ke BTS terdekatnya untuk diteruskan ke penerima.

    e. Ketika sampai di penerima , sinyal tersebut dipulihkan kembali menjadi gelombang bunyi oleh perangkat yang disebut sebagai Speaker.

    Pada satu kota biasanya terdapat banyak BTS, oleh sebab itu telepon seluler kita biasanya dilayani oleh BTS yang terdekat di sekitar kita. Lalu ketika kita pindah ke wilayah lain, maka telepon kita pun otomatis menyesuaikan dengan BTS terdekat di wilayah tersebut.

    Telepon seluler biasa disebut juga sebagai telepon genggam atau handphone, telepon seluler ini merupakan perpaduan antara teknologi telepon dan teknologi radio. Namun seiring perkembangannya, teknologi komputer juga dapat dipadukan ke teknologi telepon hingga menjadikannya alat serba guna, yang mana disebut sebagai telepon pintar atau smartphone. Telepon pintar tersebut bahkan bisa digunakan untuk berkomunikasi menggunakan internet dengan Cara Kerja VoIP.

    Bonus

    3. Cara kerja telepon satelit

    Telepon satelit tampaknya sekarang disukai banyak orang, karena memiliki jangkauan yang lebih luas daripada telepon biasa. Bahkan telepon ini bisa digunakan untuk komunikasi ke wilayah terpencil yang sulit dijangkau. Lalu bagaimana cara kerja telepon satelit ini?

    Telepon satelit merupakan layanan telekomunikasi berupa telepon wireless, namun memiliki jangkauan yang lebih luas daripada telepon GSM. Mengapa demikian? Karena BTS telepon satelit berada di udara. Lain dengan GSM yang BTS berada di darat.

    Cara kerja telepon satelit sebenarnya serupa dengan telepon seluler. Namun yang membedakannya adalah telepon seluler mengirimkan sinyal menuju menara pemancar ke telepon tujuan. Sedangkan telepon satelit ini mengirimkan sinyal menuju satelit di luar angkasa. Oleh sebab itu, antena telepon satelit perlu berada di lokasi yang langsung terhubung dengan langit tanpa ada yang menghalanginya.

    Referensi: Wikipedia

    Loading...