Memahami Cara Kerja VoIP dengan Singkat

    Pengertian VoIP

    VoIP adalah singkatan dari Voice over Internet Protocol, merupakan teknologi yang bisa menjadikan media internet untuk berkomunikasi menggunakan suara dengan jarak jauh secara langsung.

    VoIP ini merupakan bagian dari teknologi transmisi untuk dapat melakukan transmisi komunikasi suara melalui IP seperti internet. Dengan menggunakan sistem VoIP ini, kita bisa melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tanpa memerlukan saluran telepon biasa yang melakukan transmisi analog.

    Cara kerja VoIP singkat

    Cara kerja VoIP adalah dengan mengubah data suara menjadi kode digital, lalu dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket data.

    Suara tersebut berupa suara analog yang diinput melalui perangkat komputer, lalu diubah menjadi bentuk paket data digital. Selanjutnya dikirimkan pada jaringan internet. Dengan proses pengiriman ini, paket data digital bisa sampai ke penerima.

    Lalu digitalisasi suara pada bentuk paket data dikirimkan dan dipulihkan kembali pada bentuk suara di penerima.

    Uraian tentang prinsip kerja VoIP secara umum

    Salah satu contoh bentuk sistem VoIP adalah dua komputer yang dihubungkan dengan internet. Lalu syarat dasar untuk bisa menghubungkan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet tersebut memiliki sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikrofon. Lalu dengan tambahan software khusus, kedua pengguna komputer tersebut bisa terhubung pada koneksi VoIP satu sama lain.

    Bentuk hubungan tersebut bisa meliputi pertukaran file, suara, gambar, dll. Namun pada sistem VoIP, penekanan yang utama adalah untuk hubungan pertukaran suara pada kedua pengguna tersebut.

    Jika kedua pengguna tersebut berada di tempat yang jauh, misalnya antar kota atau antar negara. Maka bisa kita lihat bahwa, sistem ini sangat menghemat biaya, karena biaya yang diperlukan adalah kuota internet saja.

    Lain dengan Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) dan Sambungan Langsung Internasional (SLI), yang mana memerlukan biaya pulsa telepon. Sedangkan VoIP ini tidak memerlukan biaya pulsa telepon tersebut.

    Perkembangan VoIP

    Dengan perkembangannya, cara kerja VoIP tidak terbatas pada bentuk komputer yang saling berhubungan. Namun juga pada peralatan lain seperti telepon biasa. Dengan jaringan data digital, memungkinkan telepon biasa untuk terhubung dengan VoIP.

    Bentuk komunikasi sekarang ini juga tidak terbatas pada suara saja. melainkan bisa berbentuk tulisan, biasa disebut sebagai chatting. Lalu jika jaringannya cukup besar bisa digunakan untuk video conference. Dengan perkembangan ini, sistem VoIP cepat populer di masyarakat umum.

    Bahkan dengan perkembangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, tampaknya banyak perusahaan yang mengurangi penggunaan telepon biasa. Kecuali untuk nomor hotline atau contact person utama mereka. Sedangkan untuk komunikasi bisnisnya, banyak dari mereka yang menggunakan instant messenger dan chatting dengan paket data koneksi internet.

    Contoh Aplikasi dengan cara kerja VoIP

    Salah satu contoh aplikasi yang menerapkan cara kerja VoIP adalah Skype. Skype merupakan software aplikasi komunikasi suara berbasiskan internet antara pengguna Skype lainnya. Ketika awal diluncurkan, software aplikasi ini mengalami perkembangan pesat, baik itu penggunaannya yang semakin populer ataupun pengembangan softwarenya. Layanan yang mereka tawarkan juga beragam, dari yang gratis hingga berbayar.

    Referensi:

    1. en.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP

    2. id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP