Cara Logout Whatsapp Web dan HP Tanpa Kehilangan Data

Bagaimana cara logout WhatsApp tidak penting dipahami oleh siapapun yang ingin keluar akun wa dari perangkat. Aplikasi ini memang bisa dibilang mirip seperti Facebook messenger yang tidak dibekali dengan adanya sistem logout atau sign out.

Di dalam ketentuannya, WhatsApp sendiri memang hanya mengijinkan satu akun pengguna mempunyai satu akun nomor saja di handphone yang terdaftar. Oleh karena itulah, dari pihak wa juga tidak menyediakan adanya tombol logout ini. Kalau ada tombol logout maka pengguna bisa semuanya login di nomor berbeda.

Untuk logout di WhatsApp memang penting dilakukan pada beberapa kondisi. Tujuannya kamu supaya akun tidak beralih ke orang lain secara sembarangan. Bagi yang ingin mengetahui caranya bisa membaca artikel ini lebih lanjut.

Alasan Perlu Logout Akun Whatsapp

Dalam era komunikasi digital, keamanan dan privasi akun WhatsApp menjadi perhatian utama. Ada beberapa situasi ketika logout diperlukan untuk menjaga informasi pribadi dan mencegah akses tidak sah. Berikut ini adalah beberapa alasan cara logout WhatsApp yang mengindikasikan pentingnya logout dari akun.

1. Perangkat Berpindah Tangan

Ketika handphone berpindah tangan karena dijual atau diberikan kepada orang lain, logout diperlukan untuk menghindari akses tanpa izin ke akun WhatsApp. Jadi, pemilik baru tidak akan bisa mengakses data-data di WA mulai dari chatting, gambar, foto dan lain-lain.

2. Handphone yang Hilang Atau Dicuri

Apabila handphone beserta nomor SIM hilang atau dicuri, logout akan membantu mencegah penggunaan tidak sah dan menjaga data pribadi. Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab bisa dicegah untuk mengakses informasi penting di WhatsApp.

3. Menggunakan WhatsApp Web

Jika pengguna sedang menggunakan WhatsApp Web di perangkat publik, logout penting untuk melindungi pesan dan informasi pribadi dari akses yang tidak diinginkan. Kalau lupa melakukan logout, bisa-bisa orang lain membaca history chatting yang ada di sana.

4. Menginstal Ulang Aplikasi Maupun Perangkat Handphone

Ketika melakukan install ulang aplikasi atau perangkat, logout diperlukan. Tujuannya adalah untuk memastikan data tidak tersimpan secara tidak sah dan akun terhubung dengan perangkat yang benar.

Cara Logout WhatsApp dengan Langkah-langkah Mudah

Meskipun tidak tersedia tombol keluar, akan tetapi sebenarnya kamu bisa logout dengan beberapa cara tersendiri. Langsung saja, berikut cara logout WhatsApp:

1. Logout dengan Menghapus Data

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus data aplikasi lewat pengaturan atau manajemen aplikasi di Android. Cara ini adalah alternatif pengguna saat ini keluar WhatsApp tanpa mempengaruhi hal lainnya. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu ikuti sebagai berikut:

  • Akses ke menu pengaturan, kemudian pilih aplikasi dan notifikasi, selanjutnya klik aplikasi.
  • Temukan dan klik pada aplikasi WhatsApp.
  • Di sini akan kelihatan informasi aplikasi WhatsApp, untuk kemudian pilih penyimpanan.
  • Selanjutnya, pilih hapus data agar menghapus semua data yang tersimpan di WhatsApp.
  • Klik ok untuk melakukan konfirmasi.

Untuk membuktikan apakah cara ini bekerja atau tidak, kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp. Periksalah apa akun masih dalam posisi login atau tidak. Kalau ternyata masih, maka kamu bisa menyalakan ulang handphone.

2. Cara Logout dengan Menghapus Aplikasi

Berikutnya, kamu dapat keluar akun whatsapp dengan cara menghapus aplikasinya. Cara ini mungkin familiar dan pernah kamu lakukan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Bukalah menu pengaturan di handphone dan akses pada bagian aplikasi dan notifikasi.
  • Kemudian, pilih pada bagian aplikasi dan klik pada WhatsApp.
  • Klik pada hapus instalasi untuk mulai menghapusnya.
  • Periksalah apakah aplikasi WhatsApp sudah terhapus atau belum? Seharusnya dengan cara demikian sudah berhasil.

Hal yang menjadi catatan yaitu bahwa setiap perangkat mungkin punya cara yang berbeda-beda dalam menghapus aplikasi. Kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu dengan tipe smartphone yang digunakan.

3. Cara Logout Akun Whatsapp Web

Kalau WhatsApp handphone tidak menyediakan tombol logout, tidak hanya dengan whatsapp web. Penggunanya yang login lewat WA web ini memakai QR code dapat logo lewat browsernya langsung. Agar lebih jelas, kamu bisa mengikuti panduan berikut:

  • Di halaman WhatsApp web kamu, bisa klik icon 3 titik yang tersedia di bagian atas layar.
  • Berikutnya, kamu bisa klik logout dan secara otomatis kamu akan keluar dari akun wa web.

4. Logout di Akun Whatsapp Handphone yang Hilang

Kamu atau teman mungkin pernah mengalami kondisi handphone hilang sementara belum keluar atau logout akun WhatsApp. Kita lebih lagi, jika handphone tidak dalam keadaan terkunci, maka kemungkinan besar bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Oleh karena itu, banyak pengguna yang khawatir akun whatsapp-nya disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam mengambil alih akun whatsapp yang hilang dibutuhkan nomor ponsel WhatsApp tersebut.

Oleh karena itulah, kamu harus mendaftarkan kembali nomor itu ke provider terkait dan mengkonfirmasi bahwa nomor kamu sudah hilang. Kamu harus datang ke gerai atau cabang terdekat dan membawa KTP juga serta menginformasikan bahwa nomor hilang.

Biasanya, cara logout WhatsApp Android ini bisa selesai dalam waktu satu hari saja. Apabila sudah, kamu dapat mengambil alih akun wa dengan cara meminjam handphone teman atau dengan ponsel baru kamu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Bukalah aplikasi WhatsApp, kemudian kamu bisa melakukan pendaftaran memakai nomor ponsel yang terhubung dengan handphone yang hilang.
  • Berikutnya, kamu akan memperoleh kode verifikasi lewat SMS.
  • Selanjutnya, kamu bisa menginput kode tersebut dan WhatsApp secara otomatis akan beralih dari HP yang hilang ke ponsel baru kamu.
  • Akun whatsapp di handphone yang hilang tersebut secara otomatis tidak akan dapat digunakan.

Tips Sebelum Logout WhatsApp

Sebelum melakukan cara logout WhatsApp, langkah-langkah persiapan yang cermat sangat penting untuk memastikan pengalaman yang lancar dan meminimalkan risiko kehilangan data atau akses ke akun. Berikut beberapa tips penting yang sebaiknya diikuti sebelum Anda melakukan logout dari akun WhatsApp Anda.

1. Memastikan Nomor Aktif Untuk OTP

Sebelum melakukan logout, pastikan nomor ponsel yang terhubung dengan akun WhatsApp masih aktif dan dapat menerima kode OTP. Hal ini diperlukan untuk masuk kembali ke akun jika perlu. Jika tidak bisa akses ke OTP, maka hal tersebut akan sulit dilakukan.

2. Backup Data-Data Penting Terlebih Dahulu

Sebelum menerapkan cara pindah WA ke HP baru, sebaiknya backup semua percakapan, foto, dan video penting. Ini membantu menghindari kehilangan data yang berharga selama proses logout dan login ulang. Tentunya akan sangat disayangkan jika belum sempat backup data sehingga informasi penting hilang.

3. Kuota Mencukupi untuk Menginstal Ulang WhatsApp

Pastikan kamu memiliki cukup kuota internet untuk menginstal ulang WhatsApp. Ini penting agar kamu dapat mengunduh ulang aplikasi dan data setelah melakukan logout.

4. Periksa Status Nomor Tidak Diblokir atau Dibanned

Sebelum logout, pastikan nomor kamu tidak sedang dalam status diblokir atau dibanned oleh WhatsApp. Ini akan memastikan bahwa dapat masuk kembali dengan lancar setelah logout.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat memastikan bahwa proses logout dari akun WhatsApp berjalan tanpa kendala dan data tetap aman serta terjaga keutuhan informasi di akun yang kamu miliki.

Dengan mengikuti cara logout WhatsApp yang sudah disebutkan, kamu bisa keluar perangkat dengan aman. Kamu bisa berpindah berangkat atau ganti dengan lebih leluasa. Pastikan langkah-langkahnya benar supaya tidak terjadi kegagalan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan