Cara Melihat Status WhatsApp yang di Privasi & Dibisukan (Mute)

Sekarang ini sudah banyak orang yang sengaja menyembunyikan status atau story WhatsApp dengan beragam alasan. Beberapa alasannya karena merasa risih, takut dianggap alay, menyindir orang lain, dan lainnya. Bagaimana tips atau cara melihat status WhatsApp yang di privasi?

Ternyata kamu tetap bisa melihat status WhatsApp orang lain yang disembunyikan dengan beberapa alternatif. Umumnya melihat status orang lain yang di privasi bisa dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi bantuan, sehingga tinggal mengubah setting yang tersedia pada smartphone.

Ketika kamu melihat story orang lain yang disembunyikan menggunakan alternatif tersebut, uniknya tidak akan masuk dalam list view story pengguna yang bersangkutan. Alternatif seperti ini pastinya dianggap aman selama tidak mencuri data atau mengganggu privasi orang lain secara berlebihan.

Cara Melihat Status WhatsApp yang di Privasi Menggunakan Aplikasi

Salah satu cara melihat status WhatsApp orang lain yang di privasi bisa dengan menggunakan bantuan aplikasi resmi. Kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu pada laman Google PlayStore, baru kemudian install dan lihat story orang lain yang dicurigai sudah disembunyikan.

1. Aplikasi Clone App

Sudah pernah dengar sebelumnya tentang aplikasi Clone App? Ternyata salah satu aplikasi resmi yang tersedia di Google PlayStore ini bisa melihat story WA yang di privasi. Jika kamu belum pernah menggunakannya, bisa langsung ikuti beberapa tahapan berikut ini.

  • Bagi kamu yang belum memilikinya, silahkan unduh aplikasi Clone App terlebih dahulu lewat Google PlayStore, kemudian lakukan penginstalan
  • Buka aplikasi Clone App, lalu pilih serta klik logo aplikasi WhatsApp. Klik “Agree” dan tap menu “Continue”.
  • Lakukan registrasi akun WhatsApp melalui aplikasi Clone App, baru input nomor WhatsApp yang dimiliki dengan benar.
  • Nantinya pengguna bisa melihat story atau status WhatsApp orang lain yang memang sengaja di privasi dari akunmu.

Aplikasi Clone App tidak hanya berguna untuk melihat status WhatsApp, tetapi juga mampu mengakses status Facebook dan Instagram orang lain yang di privasi. Tampilan menunya sangat sederhana, sehingga pengguna pemula lebih mudah mengikuti langkah-langkahnya.

2. Aplikasi Xposed Xtension Module

Cara melihat story WhatsApp tanpa diketahui juga bisa menggunakan aplikasi bantuan yang bernama Xposed Xtension Module. Memang terdengar asing karena aplikasi belum lama diluncurkan pada platform resmi Google PlayStore. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Silahkan unduh aplikasi Xposed Xtension Module melalui platform Google PlayStore atau AppStore, kemudian lakukan penginstalan pada smartphone.
  • Jika sudah berhasil terinstall, kamu bisa restart ponsel terlebih dahulu. Buka aplikasi Xposed Xtension Module, kemudian masuk pada laman berandanya.
  • Klik “Read Receipt”, pengguna bisa langsung melihat status WhatsApp orang lain menggunakan aplikasi tersebut tanpa diketahui.

Jika dibandingkan dengan aplikasi Clone App, Xposed Xtension Module memang lebih mudah digunakan secara gratis. Fiturnya cukup sedikit dan langkahnya mudah dipahami oleh pemula, sehingga siapapun bisa menggunakannya dengan mudah sesuai kebutuhan.

Cara Melihat Status WhatsApp yang Di Privasi Tanpa Pakai Aplikasi

Bagi kamu yang memiliki kapasitas penyimpanan smartphone terbatas, tidak perlu mendownload aplikasi bantuan yang sudah direkomendasikan di atas. Ternyata ada alternatif lain melihat status WhatsApp yang di privasi tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi resmi ataupun APK MOD.

  • Langkah pertama, silahkan buka menu “File Explorer Android” yang bisa ditemukan dalam ponsel berbasis Android.
  • Pilih menu “Penyimpanan Internal”, kemudian tekan icon “Titik Tiga” yang letaknya ada pada bagian atas. Klik opsi “Pengaturan” untuk menemukan menu “See Hidden Files”.
  • Buka folder WhatsApp, kemudian pilih menu “WhatsApp Media” dan temukan “Folder Status” untuk melihat status WhatsApp orang lain yang di privasi.

File Explorer Android hanya bisa ditemukan pada smartphone Android, sehingga kamu tidak bisa menerapkan metode di atas untuk melihat status WA orang dalam sistem perangkat lain. Saat membuka folder status terbuka, nantinya pengguna akan menemukan banyak file status WA.

File status WA yang ditemukan tentu saja berasal dari kontak-kontak WhatsApp milikmu sendiri, sehingga bisa dilihat secara rinci. Cara melihat status WhatsApp yang di privasi seperti ini memang belum bisa dikatakan 100% berhasil, apalagi tidak semua file akan terbuka semua.

Namun kamu tidak perlu khawatir saat ada file corrupt karena bisa menggunakan alternatif bantuan dari ES Explorer. Unduh terlebih dahulu melalui laman Google PlayStore ataupun AppStore, lalu ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan lengkap berikut ini.

  • Silahkan buka aplikasi ES Explorer, kemudian buka menu “Network”. Pilih opsi “Dropdown” dan “Android Phone” scroll sampai menemukan tombol “Scan
  • Buka menu “Folder Penyimpanan Internal” pada smartphone, kemudian pilih “WhatsApp Media” untuk melihat “Folder Status”.
  • Lakukan pengecekan kembali, file status WA kontak pribadi yang tadinya tidak bisa dibuka kini bisa dibuka kembali oleh penggunanya.

Dengan menerapkan cara melihat status WA yang di privasi sebelumnya, tidak perlu khawatir akan ketahuan pada akun yang bersangkutan. Pada dasarnya setiap file yang ditemukan dalam “Folder Status” hanyalah arsip, sehingga tidak membuatmu masuk dalam list view statusnya.

Bagaimana Cara Melihat Status WA Dibisukan?

Cara melihat status WA dibisukan tentu saja lebih mudah dibandingkan melihat status WA yang di privasi. Kamu tidak perlu mendownload aplikasi bantuan apapun karena bisa melihat statusnya dengan mengikuti langkah singkat yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp pada ponsel masing-masing. Pilih menu “Status” yang letaknya ada di bagian tengah atas.
  • Scroll ke bawah sampai melihat beberapa pembaharuan yang sudah dibisukan. Daftar kontak yang dibisukan, statusnya akan secara otomatis terlihat disana.
  • Tentukan kontak yang ingin dilihat statusnya, kamu bisa melihat status langsung atau memilih membunyikan kembali dengan cara tap “Bunyikan Status”.

Lebih mudah bukan dibandingkan cara melihat status WhatsApp yang di privasi? Umumnya kamu berhak membisukan beberapa kontak yang tidak ingin dilihat statusnya selama beberapa waktu. Kini aplikasi WhatsApp sangat memperhatikan kenyamanan pengguna, sehingga tersedia setting privasi.

Tujuan Seseorang Melakukan Privasi Status WhatsApp

Sebagian mungkin ada yang bertanya-tanya tujuan pengguna WhatsApp menyembunyikan status dari orang lain sesuai kehendaknya. Ada beragam alasan yang membuat pengguna WhatsApp menjaga privasi statusnya sesuai dengan poin penjelasan berikut ini.

1. Perihal Kenyamanan

Definisi kenyamanan bagi setiap orang itu berbeda-beda, terutama saat bermedia sosial. Ada pengguna media sosial yang lebih suka aktivitas sehari-harinya diketahui oleh orang lain dan sebagian lagi tidak suka karena alasan kenyamanan. Bagaimana versi kamu?

2. Merasa Terganggu

Mungkin untuk sebagian orang ada yang merasa terganggu apabila status WhatsAppnya menimbulkan banyak pertanyaan dari orang lain. Sebisa mungkin mereka akan mengatur lebih sedikit orang yang tahu, sehingga hidupnya tidak akan merasa terganggu.

3. Mengandung Sindiran

Terkadang ada pengguna WhatsApp yang sengaja menyembunyikan status WhatsAppnya dari orang lain karena berniat memberikan kritik atau sindiran. Namun untuk mencegah terjadi perselisihan, maka mereka memilih untuk membuat statusnya lebih privasi.

Cara melihat status WhatsApp yang di privasi bisa dilakukan dengan 2 alternatif, yaitu memakai aplikasi bantuan atau non aplikasi. Bagi kamu yang tidak ingin repot-repot menggunakan aplikasi, bisa langsung membuka file manager untuk menemukan folder story WhatsApp kontak pribadi.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan