Cara Mematikan Centang Biru di WhatsApp dan Aktifkannya Lagi

Tidak jarang ada pengguna yang ingin mematikan centang biru di WhatsApp demi kenyamanan. Tak heran banyak yang ingin tahu bagaimana cara mematikan centang biru di WhatsApp yang paling mudah. Mematikan centang biru di WhatsApp punya banyak kelebihan.

Diantaranya, pengirim pesan tidak akan tahu jika pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima. Fitur ini cocok bagi pengguna yang tidak punya waktu luang untuk membalas pesan dengan cepat.

Secara umum, mematikan centang biru di WhatsApp tidaklah rumit. Pengguna tidak perlu mendownload aplikasi tambahan sehingga lebih fleksibel dan praktis. Inilah beberapa metode terbaik yang dapat digunakan jika ingin mematikan centang biru WhatsApp.

Mengenal Tanda Centang Biru di WhatsApp

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mematikan centang biru di WhatsApp, kamu perlu tahu apa centang biru itu. Arti centang biru di WhatsApp adalah tanda jika pesan yang kamu kirimkan telah dibaca oleh penerima pesan.

Seperti yang kita tahu, di WhatsApp ada tiga centang yang menjadi tanda jika kamu mengirimkan pesan. Adapun tanda yang dimaksud sebagai berikut:

  1. Centang satu yang berwarna abu-abu: Artinya, pesan telah berhasil dikirim ke nomor tujuan.
  2. Centang dua yang berwarna abu-abu: Artinya, pesan yang dikirim telah berhasil dikirimkan dan sudah diterima oleh penerima pesan.
  3. Centang dua yang berwarna biru: Artinya, pesan yang dikirimkan telah terbaca oleh penerima pesan.

Perlu diketahui bahwa pesan yang telah dibaca oleh penerima pesan bukan berarti langsung berwarna biru. Pengguna bebas mengubah pengaturan di WhatsApp agar privasi pengguna semakin terjaga.

Metode ini juga sangat cocok untuk kamu yang kebetulan sedang sibuk dan tidak sempat membalas pesan yang telah terbaca. Jadi, agar pengirim pesan tidak tersinggung, kamu dapat mengaktifkan fitur ini kapan saja.

Perlu diingat, mematikan centang biru WhatsApp juga berpengaruh pada fitur lainnya. Jadi, jika fitur ini diaktifkan, story WhatsApp yang dibagikan tidak akan bisa dilihat oleh kontak.

Artinya, kamu yang ingin berbagi story harus menonaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara mematikan centang biru di WhatsApp? Bagi yang penasaran, simak tutorialnya di artikel ini sekarang juga.

Alasan Pesan WhatsApp yang Telah Dibaca Tidak Berubah Jadi Biru

Mungkin banyak yang pernah penasaran kok bisa pesan yang dikirimkan telah dibalas oleh penerima tapi warna centang duanya masih abu-abu. Bagi yang belum tahu, hal tersebut disebabkan karena pengguna mengatur fitur WhatsApp dengan menonaktifkan fitur centang biru.

Dengan menonaktifkan centang biru tadi, pengguna dapat membalas pesan kapan saja tanpa mengubah centang biru abu-abu jadi biru. Fitur ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang tidak punya waktu luang untuk membalas pesan tapi tetap ingin tahu isi pesan tadi.

Jadi, menonaktifkan centang biru di WhatsApp memungkinkan pengguna dapat mengecek isi pesan kapan saja. Inilah salah satu fitur terbaik yang harus dimanfaatkan pengguna WhatsApp agar privasinya terjaga dengan baik.

Meski begitu, banyak sekali pengguna yang belum tahu dengan cara mematikannya seperti apa. Untuk yang juga tertarik mematikan fitur ini, simak informasi lebih lanjut hanya di artikel ini.

Kelebihan Mematikan Centang Biru di WhatsApp

Setiap hal yang dilakukan pastinya punya kekurangan dan kelebihannya. Hal tersebut juga berlaku bagi kamu yang ingin mematikan centang biru WhatsApp.

Jadi, sebelum tahu cara mematikan centang biru di WhatsApp, ada baiknya tahu kegunaan mematikan centang biru di WA terlebih dahulu. Berikut beberapa efek jika mematikan centang biru WhatsApp bagi penggunanya:

1. Privasi Lebih Terjaga

Whatsapp dilengkapi dengan fitur mematikan centang biru yang punya tujuan jelas, yakni menjaga privasi setiap penggunanya agar terjaga dengan baik. Dengan mematikan fitur ini, pengguna tidak bakal ketahuan apabila telah membaca pesan yang masuk ke nomor WhatsApp.

Jadi, ketika fitur centang biru WA dimatikan, tanda centang dua di pesan yang terkirim tidak berubah warna. Warna centang masih abu-abu dan tidak berubah jadi biru. Inilah yang membuat pengirim pesan tidak akan tahu jika pesannya telah dibaca.

2. Nyaman di Jam Sibuk

Ketika mematikan centang biru di WA, kamu juga dapat beraktivitas dengan baik tanpa gangguan sepanjang hari. Jadi, tidak akan ada yang mengganggumu ketika sedang jam sibuk.

Fitur ini menambah kenyamanan bagi pengguna yang punya kesibukan tiap harinya. Dengan menonaktifkan centang biru WA, kamu dapat membaca seluruh pesan kapan saja tanpa diketahui pengirim.

3. Bisa Balas Pesan Kapan Saja

Cara mematikan centang biru di WhatsApp juga berimbas pada balasan pesan yang kamu terima. Jadi, kamu dapat membalas pesan yang diterima kapan saja sesuai waktu luang.

Tentunya, hal tersebut berbeda jika belum mematikan centang biru. Penerima pesan yang sudah membaca pesan masuk harus membalas pesan tadi saat itu juga.

Cara Mematikan Centang Biru di WhatsApp

Seperti yang telah dibahas, mematikan centang di WhatsApp tidaklah sulit. Hanya ada beberapa tutorial sederhana yang perlu dilakukan pengguna agar centang biru di WhatsApp dapat mati atau nonaktif.

Jadi, kamu yang masih awam sekalipun tidak akan bingung jika ingin memanfaatkan fitur ini. Lebih lanjut, ikuti tutorial mematikan centang biru di WhatsApp berikut:

  • Tentunya, kamu perlu mengakses aplikasi WhatsApp yang digunakan di HP terlebih dahulu.
  • Setelah itu, tinggal klik ikon titik tiga yang ada di tampilan kanan atas aplikasi.
  • Selanjutnya, kamu tinggal memilih opsi Pengaturan (Settings).
  • Kemudian, lanjutkan dengan memilih opsi Akun (Account).
  • Cari dan klik opsi menu Privasi (Privacy).
  • Geser atau tekan ikon Laporan Dibaca yang awalnya berwarna hijau jadi warna abu-abu.
  • Selesai.

Mematikan centang biru WhatsApp dapat dilakukan tanpa download aplikasi tambahan. Jadi, kamu tidak perlu mendownload aplikasi apapun lagi. Pastikan mematikan centang biru di WhatsApp sekarang juga agar privasi terjaga dengan baik.

Mengaktifkan Kembali Centang Biru di WhatsApp

Setelah tahu cara mematikan centang biru di WhatsApp, kamu juga harus paham cara mengaktifkan fitur ini kembali. Untuk mengaktifkan fitur ini, metodenya hampir sama dengan mematikannya.

Dimana, kamu hanya perlu menekan ikon Laporan Dibaca saja. Untuk lebih lanjut, ikuti tutorial mengaktifkan centang biru WhatsApp berikut ini:

  • Akses dahulu aplikasi WhatsApp yang digunakan di HP masing-masing.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas halaman.
  • Selanjutnya, kamu cukup memilih opsi Pengaturan (Settings).
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Akun (Account).
  • Masuk ke halaman Privasi (Privacy).
  • Langsung saja geser ikon Laporan Dibaca yang awalnya berwarna abu-abu jadi warna hijau.
  • Selesai.

Cara mematikan centang biru di WhatsApp tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup satu menit saja, kamu sudah dapat menonaktifkan fitur ini kapan saja jika diperlukan.

Perlu diingat bahwa fitur ini juga berpengaruh pada story WhatsApp yang nantinya akan dibuat. Jadi, nonaktifkan fitur ini terlebih dahulu jika ingin berbagi story WhatsApp. Jika tidak, story yang dibuat tidak dapat dilihat oleh kontak yang tersimpan di WhatsApp.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan