Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Penyaringan HRD

Mello.id – Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Penyaringan HRD Pencarian seputar informasi yang kian dan sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, meski sebenarnya kata kunci ini memang sangat banyak dijumpa di search enggine Google, kami tetap berusaha memberikan yang terbaik dengan memberikan sebagian penjelasan perihal Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Penyaringan HRD terupdate dan terbaik tahun ini.

Kami menghadirkan informasi Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Penyaringan HRD supaya bisa menambah wawasan, Terlebih melalui link situs kami, kamu bisa mendapat kepuasan karena kami menyajikan dengan susunan kata dan kalimat yang tersusub dengan sangat-sangat rapi, tentunya melalui sajian bacaan yang akan mimin ular dibawah.

Melalui situs ini, kalian sebagai pengguna akan mendapatkan berbagai informasi seputar Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Penyaringan HRD dari seluruh dunia secara eksklusif, Bahkan situs ini juga disebut-sebut memberikan berbagai update setiap harinya.

Mello.id – Saat ini, CV yang diperlukan pencari kerja adalah CV yang dirancang khusus agar lolos seleksi applicant tracking system (ATS) atau disebut CV ATS friendly. Sehingga cara membuat CV ATS friendly ini harus benar-benar diperhatikan.

Para jobseeker atau pencari kerja tentu sudah tak asing lagi dengan istilah Curriculum Vitae (CV). Curriculum Vitae merupakan resume yang berisi informasi tentang pelamar kerja yang menyangkut data diri, riwayat pendidikan, keterampilan, hingga riwayat pekerjaan.

CV ATS friendly ini juga merupakan poin utama yang biasanya dilihat oleh pihak HRD, karena di dalam CV tersebut telah memuat semua hal yang menggambarkan diri dan kemampuan pencari kerja. Untuk itu, bagi yang sedang mencari pekerjaan wajib mempelajari cara membuat CV ATS friendly agar lolos seleksi HRD.

Biasanya, pelamar dengan CV yang tidak berisikan format yang benar dan mudah dipahami tidak akan dilirik HRD, hal itulah yang membuat usaha para pekerja menjadi sia-sia. Lantas, bagaimana cara membuat CV ATS friendly yang baik dan benar? Berikut simak langkah-langkahnya.

Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening

Cantumkan Judul Pekerjaan di Bagian Headline CV

Di dalam CV tepatnya bagian paling atas, baiknya cantumkan judul pekerjaan. Biasanya judul ini akan muncul tepat di bawah nama dan informasi kontak.

Tujuan penulisan judul pekerjaan di headline ini agar membuat HRD mengenali langsung seperti apa sosok pencari kerja tersebut. Usahakan membuatnya secara singkat serta relevan dengan lowngan kerja yang dilamar. Sebagai contoh: “Manajer Produksi dengan 5 Tahun Pengalaman di Industri Pengolahan”.

Sertakan Kata Kunci yang Tepat

Sangat penting untuk menyertakan kata kunci yang tepat dalam CV ATS yang ingin dibuat. Kata kunci yang relevan dengan keahlian atau bidang yang dilamar akan memudahkan HRD dalam memahami poin dari hal yang dikuasai oleh pelamar.

Jangan lupa juga untuk memasukkan kata kunci dalam versi panjang dan akronim, contohnya “Pemasaran dan kredit” dan “CMO”.

Masukkan Keterampilan yang Relevan

Memasukkan keterampilan yang relevan dalam CV ATS  tentu sangat penting. Dalam mencari pekerjaan, HRD tentu ingin melihat keterampilan apa yang dimiliki pelamar dan apakah keterampilan tersebut cocok dengan posisi yang dilamar.

Untuk itu, sertakan keterampilan yang relevan untuk posisi yang sedang dilamar. Sebut kata kunci dari keterampilan itu sesering mungkin pada deskripsi pekerjaan yang biasa dilakukan sehari-hari.

Buat CV dalam Format ATS Friendly

Hal yang tak kalah penting yakni memilih format agar CV yang dibuat nanti hasilnya ATS. Format ATS yang biasa dibuat dalam CV yakni format kronologis. Format ini memuat histori pekerjaan dan pengalaman terbaru si pelamar, dengan kata lain pekerjaan terakhir si pelamar ditempatkan di urutan paling atas.

Jangan lupa untuk menyematkan poin-poin berikut ini di bagian pengalaman kerja:

  • Nama perusahaan beserta lokasinya
  • Jabatan saat bekerja
  • Tanggal mulai dan berakhirnya kerja
  • Tanggung jawab kerja dan prestasi selama bekerja

CV ATS Harus Mudah dipindai

Dalam membuat CV tentunya harus ATS atau mudah dipindai. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan agar CV mudah dipindai.

  • Gunakan bahasa yang jelas, sederhana, dan jangan bertele-tele.
  • Baiknya gunakan font jenis Times New Roman, Garamond, Calibri, Helvetica, atau Arial agar CV terlihat lebih formal dan rapi.
  • Gunakan ukuran font 11-12 untuk bagian isi, dan 14-16 untuk bagian judul atau sub bagian.
  • Untuk menghindari CV yang terlalu padat, atur ukuran margin sekitar 1 inci pada setiap sisi.
  • Penulisan tanggal harus dengan cara “MM/YYYY” atau “Mei 2023”.
  • Gunakan huruf tebal, garis miring, atau garis bawah di setiap poin yang dianggap penting.
  • Simpan dokumen dalam bentuk PDF atau Word agar mudah dipindai.
  • Baca kembali resume yang telah dibuat untuk menghindari kesalahan penulisan.

Hal-hal yang Tidak Boleh ditulis dalam CV ATS

Dalam membuat CV ATS tentu ada beberapa hal yang harus dihindari, antara lain:

  • Tidak perlu menyertakan kolom atau tabel
  • Tidak perlu memakai header dan footer
  • Tidak perlu memasukkan gambar, grafik, atau simbol-simbol khusus

Itulah cara membuat CV ATS friendly agar bisa lolos penyaringan HRD. Seiring berjalannya waktu, para pencari kerja juga harus menyesuaikan cara perekrut dalam menyaring resume secara online, agar lamaran kerja bisa masuk ke dalam daftar seleksi HRD.

Baca Juga:

KESIMPULAN

Demikianlah ringkasan informasi mengenai Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Penyaringan HRD, kami pihak tim berharao Artikel ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman lebih dalam bagi para pembaca mengenai artikel yang kami ulas menjadi sebiak mungkin, jadi Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke halaman blog ini, dan semoga Anda dapat menikmati pengalaman membaca. Jangan ragu untuk kembali lagi ke blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya di Lain waktu Hormat kami TIM MELLO.ID . Terima kasih!