Cara Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri di HP (Canva & PicsArt)

Mello.id – Kartu ucapan idul fitri biasanya tersedia di toko tertentu dan bisa langsung dibeli. Namun saat ini Kartu ucapan bisa dibuat sendiri bahkan dengan HP. Cara membuat kartu ucapan Idul Fitri bisa memanfaatkan beberapa aplikasi, dia diantaranya adalah Canva dan Picsart.

Dua aplikasi tersebut memang yang paling sering digunakan karena di dalamnya sudah tersedia beberapa tema dan komponen yang bagus untuk membuat kartu ucapan hari raya Idul Fitri. Bagi Sapa saja yang masih awam dan belum pernah membuat karrtu ucapan ini bisa lihat dulu referensinya.

Di internet ada banyak sekali referensi atau contoh kartu ucapan yang sangat menarik. Dengan membuat Kartu ucapan sendiri, pengguna akan lebih bebas berkreasi dengan menambahkan berbagai sticker atau elemen tertentu.

Cara Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri Dengan Canva

Tak bisa dipungkiri semakin kesini semakin banyak yang menggunakan aplikasi Canva untuk mendesain beraneka ragam kebutuhan desain. Salah satu desain yang bisa dibuat dengan mudah di Canva adalah kartu ucapan untuk hari raya Idul Fitri.

Kartu ucapan ini sebenarnya berbeda dengan poster atau twibbon, namun cara membuatnya di Canva hampir sama dengan pembuatan poster. Penasaran dengan caranya? Simak berikut ini step-stepnya:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi Canva

Sebenarnya Canva juga menyediakan platform di situs resminya untuk setiap pengguna. Jadi pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasinya. Namun menggunakan Canva dengan aplikasi akan jauh lebih praktis dan mudah. Maka pengguna bisa menginstal aplikasi Canva ini lebih dulu.

2. Buka Aplikasi dan Buat Projek Baru

Setelah aplikasi Canva dipastikan telah terpasang pada perangkat HP, maka cara membuat kartu ucapan Idul Fitri selanjutnya pengguna bisa membuka aplikasi tersebut dan membuat projek baru.

Untuk membuat pro baru pengguna bisa klik simbol plus yang umumnya ada di bawah tengah. Setelah klik simbol tersebut, pengguna akan langsung diarahkan ke menu pilihan tipe desain.

3. Memilih Tipe Desain

Untuk memudahkan para penggunanya, Canva menyediakan opsi tipe desain yang ingin dibuat. Ada tipe feed IG, story IG, poster, spanduk, hingga kartu ucapan. Masing-masing tipe tersebut memiliki ukuran yang berbeda.

Pilihan tipe desain ini biasanya langsung tersedia di menu utama create project. Langsung saja pilih tipe kartu ucapan. Kemudian Canva akan menyuguhkan tampilan lembar kerja baru seukuran kartu ucapan.

4. Pilih Menu Templates

Untuk memudahkan pembuatan kartu ucapan, pengguna bisa langsung menggunakan template yang sudah ada. Pertama cari dan pilih lebih dulu menu templates. Pada menu tersebut pengguna disuguhkan dengan bermacam-macam template dari berbagai tema.

Agar memudahkan pencarian tema Idul Fitri, maka pengguna bisa memanfaatkan fitur pencarian yang ada di paling atas. Ketikkan card atau kartu ucapan. Nantinya akan muncul rekomendasi jenis kartu ucapan yang bisa dipilih.

Pilihlah jenis kartu ucapan hari raya Idul Fitri atau jika menggunakan bahasa Inggris maka pilih Eid Al-fitr Card. Tekan enter dan otomatis pengguna akan ditampilkan berbagai macam template bertema Idul fitri khusus untuk kartu ucapan. Pilih template sesuai selera dan kebutuhan.

5. Buat Desain Sendiri (optional)

Jika memang pengguna merasa tidak suka dengan opsi template yang ada, maka pengguna bisa membuat desain sendiri sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat desain sendiri tidak perlu masuk ke menu template. Langsung saja masuk ke menu elemen.

Di menu elemen akan ada banyak sekali sticker dan elemen lainnya yang akan diisikan ke dalam kartu ucapan. Agar memudahkan pencarian elemen, cari di mesin pencarian Canva tentang Idul Fitri . Pengguna bisa memilih elemen apa saja yang dibutuhkan.

Bahkan di menu elemen ini juga terdapat desain background terbaik yang bertema Idul Fitri. Kemudian tambahkan desain dengan gambar ilustrasi bernuansa islami.

6. Edit Template

Cara membuat kartu ucapan Idul Fitri agar terlihat unik dan berbeda adalah dengan mengedit template yang sudah dipilih tadi. Ini juga berlaku untuk desain yang tidak menggunakan temllate melainkam membuat sendiri dari awal.

Pengguna bisa mengatur tata letak, warna tema template, hingga menambahkan berbagai elemen Idul Fitri dan menambahkan kata-kata. Untuk bagian tulisan, pengguna bisa menggunakan jenis font ‘Berkshire Swash’. Sambil menambah teks, rapikan konten dalam template.

7. Unduh Kartu Ucapan

Setelah dipastikan desain kartu ucapan sudah bagus dan rapi, selanjutnya pengguna bisa langsung mengunduh karena Canva sudah otomatis menyimpan perubahan desain. Cara unduhnya, klik simbol unduh yang ada di bagian atas layer Canva.

Pilihlah jenis tipe kartu ucapan yang ingin diunduh, Apakah JPG ataukah PNG. Untuk kualitas lebih bagus, biasanya sangat disarankan mengunduh format PNG. Setelah itu klik unduh atau download dan tunggu hingga proses selesai.

Membuat Kartu Ucapan Untuk Idul Fitri Dengan Picsart

Sebagaimana yang sudah dikatakan di awal, kartu ucapan Idul Fitri juga bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi Picsart.  Picsart sendiri umumnya digunakan untuk mengedit foto.

Namun karena sudah punya elemen yang lebih lengkap, maka kini Picsart bisa diandalkan untuk pembuatan poster hingga kartu ucapan Idul Fitri. Caranya juga tak kalah mudah dan simpel dibandingkan dengan Canva, ini dia cara membuat kartu ucapan Idul Fitri dengan aplikasi Picsart:

1. Pasang Aplikasi

Sebelum mulai mendesain kartu ucapan untuk hari raya Idul Fitri, pastikan dulu aplikasi Picsart sudah terinstal di dalam laptop maupun HP. Setelah dipastikan aplikasi telah terpasang, selanjutnya pengguna bisa langsung membuka aplikasi Picsart tersebut.

2. Buka Aplikasi dan Buat Projek

Sama halnya dengan Canva, Picsart juga menyediakan tema atau template untuk membuat kartu ucapan Idul Fitri ini. Mula-mula buka aplikasi Picsart yang sebelumnya sudah diinstal dalam perangkat. Kemudian pengguna akan langsung ditampilkan halaman utama Picsart.

Untuk memulai projek baru, pengguna bisa langsung mencari template untuk kartu ucapan selamat Idul Fitri. Pilihlah dalah satu template yang dianggap paling menarik. Setelah ketemu klik dan pengguna sudah masuk ke projek terbaru dengan template tersebut.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa template di Picsart ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Setiap template yang dipilih akan menunjukkan keterangan berbayar atau tidaknya.

3. Editing Template

Masuk ke bagian pokok, yaitu mengedit template yang sudah dipilih. Meskipun template yang disediakan pada dasarnya sudah terdapat gambar dan tulisannya, namun akan terlihat lebih berkesan jika template tersebut diedit dulu.

Pengguna bebas untuk mengedit sesuai kreasi, mulai dari warna template, elemen atau sticker yang dibutuhkan, jenis font yang akan digunakan, hingga pengaturan teks di dalam template. Kreasikan kreativitas dengan editing template terbaiknya.

4. Unduh Hasil Kartu Ucapan

Setelah proses editing template kartu ucapan Idul Fitri, selanjutnya pengguna bisa langsung mengunduh hasil kartu ucapan tersebut. Langsung saja klik simpan dan unduh, tunggu proses pengunduham selesai dan cek apakah kartu ucapan sudah masuk ke dalam perangkat.

Cara membuat kartu ucapan Idul Fitri memang mudah dilakukan sendiri. Dengan membuat sendiri desain akan lebih unik dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli kartu ucapan tersebut.

Baca Juga artikel pada website ini :

Tinggalkan Balasan