Cara Membuat Ketupat Empuk, Tahan Lama, dan Anti Gagal

Mello.id – Momen Lebaran semakin dekat, simak cara membuat ketupat empuk yang cocok untuk jadi santapan di hari raya Idulfitri. Adapun cara pembuatannya cukup mudah dan bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk dicari.

Ketupat merupakan salah satu hidangan wajib saat merayakan momen Lebaran bersama keluarga. Biasanya menu ini akan disajikan bersama dengan rendang atau opor ayam sebagai pengganti nasi. Rasanya yang empuk dan lembut membuat banyak orang merindukan makanan khas Lebaran ini.

Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara membuat ketupat empuk. Sebab, terkadang banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memasaknya dengan benar. Tapi kini tidak perlu khawatir lagi karena kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini agar bisa membuat hidangan khas Lebaran ini menjadi lezat dan lembut.

Cara Membuat Ketupat Empuk

Pilih Beras Berkualitas

Kualitas nasi adalah kunci terpenting dari kelezatan rasa ketupat. Supaya tidak gagal, berhati-hatilah dalam memilih beras. Pastikan untuk selalu memilih beras dengan kualitas yang baik. Kamu bisa menggunakan nasi yang pulen seperti Pandan Wangi atau Mentik spesial. Dengan memastikan kualitas beras, maka ketupatmu juga bisa semakin lezat untuk disantap bersama keluarga.

Rendam Beras Terlebih Dahulu

Setelah memilih beras berkualitas, langkah atau cara membuat ketupat empuk selanjutnya adalah dengan merendam beras terlebih dahulu menggunakan air dingin. Adapun waktu merendamnya sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk menghasilkan beras yang lembut saat dimasak.

Supaya bisa memberikan ketupat lebih wangi, kamu bisa menambahkan daun pandan di dalam air rebusannya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan air kapur sirih untuk membuat ketupat menjadi lebih kenyal.

Pilih Daun Anyaman Ketupat yang Muda

Adapun cara membuat ketupat lebaran selanjutnya adalah dengan memilih daun anyaman ketupat yang tepat. Supaya bisa menghasilkan hidangan yang bagus dan tahan lama, kamu disarankan untuk menggunakan daun anyaman yang masih muda. Ini karena daun muda akan membuat ketupat lebih tahan rusak ketika direbus.

Tetapi bukan hanya pemilihan daun yang tepat, kamu disarankan untuk memilh ukuran besaran dari ketupat yang sama. Ini demi agar hasil kematangan yang didapat bisa merata.

Perhatikan Pengisian Beras ke dalam Ketupat

Kamu juga perlu memerhatikan takaran pengisian beras ke dalam anyaman ketupat. Tidak disarankan untuk mengisi ketupat dengan beras yang penuh. Takaran idealnya justru sekitar 2/3 volume ketupat.

Namun untuk beras yang tidak begitu pulen, kamu bisa mengisinya dengan ukuran 1/3 volume saja. Hal ini karena saat dimasak, ketupat akan mengembang. Oleh karena itu, langkah ini menjadi poin yang tidak kalah penting dalam cara membuat ketupat empuk.

Setelah semua ketupat selesai diisi, kamu bisa meletakkannya di dalam sebuah panci besar untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni tahapan memasak.

Perhatikan Waktu Memasak

Dalam cara memasak ketupat empuk, waktu memasak ketupat juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Sebab hal ini bisa memengaruhi tekstur dari ketupat yang akan dihidangkan saat Lebaran.

Jika kamu menggunakan panci biasa, masukkan ketupat dalam air panas lalu masak menggunakan api sedang selama 2-3 jam. Apabila air rebusan menyusut tetapi ketupat belum matang, kamu bisa menambahkan air lagi. Namun apabila sudah tanak, kamu bisa mengangkatnya. Setelahnya, saring dan sisihkan lalu gantung agar ketupat kering dari air rebusan. Ketupat yang kering diketahui bisa bertahan lebih lama.

Akan tetapi jika kamu menggunakan panci presto, kamu tidak membutuhkan waktu yang lama dalam memasak ketupat. Sebab ketupat tersebut bisa dimasak hanya dalam waktu 1-2 jam saja hingga padat lalu dinginkan supaya bisa lebih awet.

Hangatkan dengan Cara Dikukus

Supaya bisa lebih awet, kamu bisa menyimpan ketupat di dalam kulkas. Tetapi ketupat tersebut terlebih dahulu dibungkus dengan plastik. Nah untuk menghangatkannya, kamu bisa mengukusnya sebentar. Pastikan untuk tidak memotongnya agar bisa tahan lama.

Itulah cara membuat ketupat empuk, enak, dan anti gagal yang bisa kamu coba di rumah. Sudah siap untuk mempraktikkannya ketika menyiapkan menu Lebaran? Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan