Bagaimana Cara Mudah Membuat Patung dari Bahan Sabun Batangan?

    Sabun merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Sebab bahan sabun sifatnya lunak, jadi kita bisa berkreasi untuk menjadikannya berbagai bentuk seperti mawar, kue, bahkan patung. Namun tentu semua tergantung pada kreativitas masing-masing. Nah, bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan? Berikut adalah gambarannya.

    Cara Membuat Patung dari Sabun Batangan

    Cara membuat patung dari sabun batangan adalah dengan mengukirnya, bisa memakai pisau, cutter, ataupun alat ukir lainnya.

    Alat dan bahan

    Berikut adalah alat dan bahan membuat patung dari sabun batangan.

    1. Alat ukir atau pahat (bisa pisau, cutter, dll)
    2. Sabun batangan
    3. Pensil
    4. Kertas

    Langkah-langkah membuat patung dari sabun batangan

    1. Siapkan alat ukir berupa pisau atau cutter dan bahan berupa sabun batangan.
    2. Gambar sketsa atau model patung menggunakan pensil di kertas lebih dulu. Sebaiknya yang simpel saja, biar gampang untuk mengukirnya.
    3. Hilangkan motif pada sabun, yaitu lekukan logo atau merek menggunakan alat ukir.
    4. Potong ujung sabun menggunakan alat ukir biar bentuk sabun tidak terlalu lancip.
    5. Buat garis vertikal menggunakan alat ukir yang membagi sabun antara kanan dan kiri dengan sama.
    6. Mulai mengukir sabun sesuai pola sketsa yang ada di gambar untuk mendapatkan bentuk patung.
    7. Gunakan garis vertikal yang dibuat sebelumnya sebagai garis bantu biar antara kanan dan kiri bisa presisi.
    8. Berikutnya membersihkan serbuk sabun hasil ukiran dengan cara ditiup.
    9. Nah, sekarang kerajinan tangan dari ukiran sabun batang telah bisa dikemas biar nampak lebih menarik.

    Jika membuat patung dari sabun batangan dengan alat ukir pisau, maka sebaiknya memakai pisau yang ukurannya kecil, serta ingat bahwa harus sangat hati-hati dan jangan sampai melukai tangan. Dengan alat ukir yang kecil, kita bisa menekankan pola ukiran dengan lebih dalam.

    Bagi yang sudah mahir mengukir, bisa langsung membuat ukiran tanpa harus dengan bantuan pola seperti cara di atas. Namun bagi pemula yang sedang belajar, sebaiknya menggunakan pola untuk membantu mengarahkan pembentukannya biar sabun tidak terkikis habis.

    Nah, cukup mudah bukan cara membuat patung dari sabun batangan? Bagaimana pun juga yang dibutuhkan adalah kreativitas serta kesabaran dalam membuatnya. Teks prosedur di atas hanya sekadar acuan saja.

    Mengecat Patung

    Jika memang diperlukan, biar patung nampak lebih menarik, maka bisa menambahkan warna pada ukiran dengan bahan cat. Namun pastikan bahwa cat yang digunakan bisa menyatu dengan sabun dan juga mengecatnya secara perlahan dan hati-hati.

    Setelah selesai, jangan lupa untuk mengeringkan lebih dulu biar cat melekat dengan sempurna. Untuk patung yang dicat ini, sebaiknya menggunakan sabun batangan yang berukuran besar biar lebih mudah dalam pengerjaannya.

    Cara Lain

    Selain cara membuat patung dari sabun batangan dengan diukir, ada pula cara membuat kerajinan dari sabun dengan mencetak sabun dasar. Namun jika tujuannya untuk membuat prakarya yang simpel, maka sebaiknya menggunakan cara ukir saja.

    Mengukir adalah cara atau kegiatan mengolah permukaan sebuah objek trimatra dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan tersebut sehingga bisa didapat bentuk tertentu.

    Selain itu, cara ukir bisa dikerjakan sendiri dengan mudah di rumah. Bahkan harga sabun batangan atau balok yang biasa dipakai untuk mandi harganya biasanya cenderung murah. Cukup bermodalkan sabun yang bisa dibeli dengan harga sekitar 3 ribu hingga 5 ribu rupiah di toko atau mini market saja. Jadi, siapapun bisa membuatnya.

    Sedangkan untuk pembuatan sabun dengan cetakan, maka bisa membeli peralatan dan bahan secara terpisah maupun paketan. Atau bisa juga menggunakan cetakan agar-agar. Ada aneka ragam bentuk cetakan yang dijual di pasar. Misalnya bentuk buah, bunga, hewan, ikan, dll.

    Penutup

    Ada yang harus diingat, yaitu bagaimana pun juga ukiran patung yang dibuat dari sabun batang ini tidak tahan air dan kelembapan. Jadi sebaiknya, meletakkannya jauh dari air dan tempat yang lembap.

    Mungkin itu saja cukup untuk bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan. Selebihnya bisa dengan kreativitas masing masing. Mudah-mudahan teks prosedur di atas membantu ya.


    Share this post:
    Loading...