Cara Membuat WhatsApp Bisnis Terbaru, Bisa Pakai 1 HP Saja

Bagaimana cara membuat WhatsApp Bisnis? Sejak resmi dirilis pada tahun 2018, WhatsApp Bisnis langsung menarik perhatian pengguna, khususnya mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Bahkan masyarakat umum juga antusias menyambut kehadiran aplikasi tersebut.

Apalagi aplikasi tersebut tersedia secara gratis sehingga memungkinkan pengguna mengakses layanannya kapan saja tanpa perlu berlangganan, sama seperti WhatsApp pribadi. Untuk tahu lebih jauh tentang WA Bisnis dan cara membuat akun bisnis WhatsApp, simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh WhatsApp Bisnis

Sesuai dengan namanya, WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi perpesanan yang secara khusus dirancang bagi para pelaku usaha. Meskipun bisa diunduh dan digunakan secara gratis, namun fitur yang tersedia di dalamnya sudah cukup lengkap dan bermanfaat.

Salah satunya adalah fitur balas pesan otomatis yang akan memudahkan pengguna untuk mengirimkan balasan secara otomatis ketika sedang sibuk. Selain itu juga bisa membuat pesan yang terjadwal. Seperti yang diketahui, kedua fitur tersebut tidak akan ditemukan di WhatsApp pribadi.

WhatsApp Bisnis sendiri bisa diakses melalui perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS.sehingga tidak berbeda jauh dengan WA pribadi. Yang menarik, aplikasi perpesanan khusus bisnis ini pertama kali diluncurkan di wilayah Asia baru kemudian disusul Inggris, Italia, Mexico dan Amerika.

Perbedaan WhatsApp Pribadi dan WhatsApp Bisnis

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara membuat WhatsApp Bisnis, ada baiknya kenali dulu apa saja perbedaan antara WA pribadi dan WA Bisnis. Untuk tahu lebih jauh perbedaannya, berikut adalah informasinya:

WhatsApp Pribadi WhatsApp Bisnis
Logo berupa gambar telepon warna  putih dengan latar warna hijau muda Logo berwarna hijau muda dengan huruf B kapital warna putih di bagian tengahnya
Hanya bisa menggunakan nomor HP Bisa menggunakan nomor HP sekaligus nomor kantor atau rumah
Tidak didukung dengan fitur balas pesan otomatis Sudah dilengkapi fitur balas pesan otomatis, khususnya di WhatsApp Business API
Pada profil akun hanya menampilkan informasi yang terbatas Pada profil akun menampilkan informasi lengkap seperti nama bisnis, logo, kategori bisnis, URL situs web, katalog produk, deskripsi perusahan, lokasi dan jam operasional
Tidak dilengkapi fitur statistik pesan Dilengkapi fitur statistik pesan yang akan memudahkan dalam menganalisis dan mengevaluasi pesan
Semua pesan masuk tanpa ada kategori tertentu Bisa membuat kategori pesan masuk sesuai dengan kriteria subjek pengirim pesan, apakah pelanggan, supplier atau klien

Fitur yang Tersedia di WhatsApp Bisnis

Salah satu daya tarik yang membuat WhatsApp Bisnis banyak diminati kalangan pebisnis dan pelaku usaha adalah karena fiturnya yang lengkap dan mendukung kegiatan bisnis. Tidak heran jika semakin banyak yang ingin mengetahui cara membuat WhatsApp Bisnis untuk mengembangkan usahanya.

Apalagi sejumlah fitur yang tersedia di aplikasi ini tidak ditemukan di WhatsApp Messenger atau WhatsApp biasa. Lantas, apa saja fitur yang disediakan oleh WhatsApp Bisnis? Simak penjelasannya secara lengkap berikut ini.

1. Menggunakan Akun Bisnis Resmi

Untuk menggunakan WA Bisnis, pengguna diharuskan memenuhi beberapa ketentuan sehingga memiliki akun bisnis resmi, mulai dari penulisan nama. Dengan memenuhi semua ketentuan, maka pengguna akan mendapatkan status Akun Bisnis Resmi.

2. Informasi Detail pada Profil Akun Bisnis

Pada profil WA Bisnis, akan ditampilkan informasi detail yang menjelaskan tentang bisnis tersebut kepada banyak orang. Muai dari nama, alamat usaha, jenis usaha, deskripsi usaha, situs web, email, hingga menambahkan link IG dan Facebook.

3. Balas Pesan Otomatis

Pada fitur ini tersedia beberapa opsi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, yaitu Away Message untuk membalas pesan otomatis saat di luar jam operasional, Greeting Message untuk balas pesan otomatis pelanggan baru serta Quick Replies untuk balas pesan cepat.

4. Katalog Produk

Untuk memudahkan pelanggan mengenali produk yang disediakan, di WA Bisnis sudah dilengkapi katalog. Fitur ini akan menampilkan berbagai foto produk lengkap dengan keterangan serta harganya.

5. Label Pesan

Fitur lainnya berupa label pesan yang memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan pesan berdasarkan kategori tertentu sehingga lebih mudah dikenali. Seperti label pelanggan baru, pesanan baru, telah membayar, pesanan selesai dan lain sebagainya.

Cara Membuat WhatsApp Business untuk Kebutuhan Usaha

Bagi para pelaku bisnis tentu akan sangat berguna jika membuat akun WhatsApp Bisnis karena didalamnya dilengkapi beragam fitur untuk mendukung kegiatan bisnis. Sehingga prospek bisnis yang dikembangkan bisa semakin maju dan menghasilkan banyak keuntungan.

Bagi pengguna yang ingin mengakses WhatsApp Bisnis, ada beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara membuat akun bisnis di WhatsApp:

  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi WA Business melalui Play Store atau App Store sesuai dengan perangkat yang digunakan, Android atau iOS.
  • Setelah berhasil terpasang di perangkat, maka pengguna bisa langsung membuat akun di aplikasi tersebut menggunakan nomor ponsel yang sudah disiapkan untuk keperluan bisnis.
  • Setelah nomor tersebut berhasil didaftarkan, maka langkah berikutnya adalah membuka menu Settings atau Setelan kemudian klik Business Settings dan terakhir klik Profile.
  • Pada bagian ini pengguna bisa mengisi semua data yang dibutuhkan dalam profil bisnis tersebut. Mulai dari nama bisnis yang dikembangkan, alamat serta informasi detail kontaknya.
  • Pastikan semua data tersebut sudah diisi dengan benar sesuai jenis usaha yang dijalankan.
  • Kemudian pengguna bisa mengaktifkan fitur balas pesan otomatis di WA Bisnis dengan cara klik pada menu Settings kemudian Business Settings.
  • Kemudian dilanjutkan dengan klik pada Away Message atau Greeting Message ataupun Quick Replies sesuai kebutuhan masing-masing pengguna.
  • Jika sudah, pengguna tinggal memasukkan teks yang akan dijadikan pesan otomatis di WA Business lengkap dengan waktu pengiriman pesan yang diinginkan.
  • Selesai, sekarang pengguna sudah memiliki akun WA Bisnis resmi untuk mengembangkan usaha.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Bisnis untuk Keperluan Usaha

Setelah melakukan cara membuat WhatsApp Bisnis dengan benar, sesuai langkah-langkah yang telah diberikan, tentunya hal itu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan WA Bisnis untuk keperluan usaha.

1. Lebih Mudah Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

Salah satu keuntungan menggunakan WA Bisnis adalah memudahkan pelaku usaha dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Selain itu, fitur label pesan yang digunakan dalam aplikasi akan membuat komunikasi semakin efektif dan optimal.

2. Terlihat Profesional dan Terpercaya

Tidak dipungkiri bahwa setiap pelanggan ingin mendapatkan produk yang berkualitas dari pelaku usaha yang terpercaya. Dengan memiliki akun bisnis resmi di WA Bisnis, maka hal itu akan memberikan kesan bahwa bisnis yang dijalankan profesional dan terpercaya.

3. Lebih Efektif dalam Promosi Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, WA Bisnis menyediakan fitur yang lengkap untuk mendukung aktivitas bisnis pengguna. Salah satunya adalah fitur katalog yang dilengkapi informasi harga dan deskripsi. Cara ini cukup efektif untuk membantu mempromosikan bisnis.

Dapat disimpulkan bahwa cara membuat WhatsApp Bisnis sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Dengan memanfaatkan beragam fitur yang tersedia, pelaku usaha bisa semakin mudah dalam melakukan kegiatan bisnisnya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan