Cara Menambah Berat Badan secara Sehat dan Simpel

Mello.idBerat badan yang kurang seringkali menjadi hal yang dirisaukan oleh banyak orang. Sehingga banyak orang mencari tahu bagaimana cara menambah berat badan.

Penampilan adalah hal yang paling dijaga oleh setiap orang. Karena itulah banyak orang begitu mengkhawatirkan tentang berat badan. Berat badan yang kurang ideal akan membuat seseorang tidak percaya diri. Namun cobalah untuk mengubah pola pikir ke arah yang lebih baik.

Menurunkan atau menambah berat badan karena untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya karena ingin tampil menarik saja. Sehingga kamu tidak akan begitu terbebani dengan omongan orang lain. Meskipun menurut mereka berat badanmu kurang idel. Tapi kamu tetap sehat, maka hiraukan saja mereka.

Cara Menambah Berat Badan yang Simpel

Banyak orang mengatakan bahwa menambah berat badan lebih mudah dibandingkan menurunkannya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Karena semua membutuhkan proses.

Tidak semua orang mampu menjalani proses menambah berat dengan baik dan teratur. Maka selain mengetahui tips menambah berat badan, kamu juga harus konsisten.

Berikut ini beberapa tips untuk menambah berat badan yang bisa kamu lakukan:

Makan lebih sering

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah makan lebih sering. Makan lebih sering dengan porsi kecil dapat membantu meningkatkan asupan kalori harian kamu.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi. Misalnya buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan daging tanpa lemak

Hindari makan-makanan yang tidak sehat. Karena penumpukan lembak jahat juga tidak baik untuk tubuh. Jangan asal makan, selektiflah dalam memilih makanan.

Konsumsi makanan padat kalori

Tips memilih makanan agar berat badan naik adalah pilih makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak sehat.

Contohnya seperti roti gandum, nasi, kentang, alpukat, dan minyak zaitun. Makanan padat kalori ini dapat membantu meningkatkan asupan energi kamu.

Tambahkan protein ke dalam makanan

Kamu tidak boleh asal makan karena akan berdampak pada kesehatan. Penuhi asupan nutrisi yang lengkap. Agar berat badanmu naik dan tetap sehat.

Selain mengonsumsi karbohidrat, semak sehat, kamu juga harus mengonsumsi protein. Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Misanya ikan, daging tanpa lemak, telur, dan produk susu rendah lemak. Protein diperlukan untuk membangun otot dan meningkatkan berat badan.

Konsumsi minuman padat kalori

Selain makanan, kamu juga bisa mengonsumsi minuman padat kalori. Seperti susu, jus buah, atau smoothies. Minuman ini bisa memberi tambahan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurangi penggunaan pemanis buatan saat membuat olahan jus atau smoothies. Sebaiknya kamu menggunakan madu tanpa gula agar aman untuk kesehatan tubuh.

Olahraga angkat beban

Untuk menambah berat badan kamu juga diwajibkan untuk rutin berolahraga. Salah satunya adalah melakukan olahraga angkat beban.

Olahraga angkat beban bisa membantu membangun otot dan meningkatkan nafsu makan. Latihan ini juga bisa membantu meningkatkan berat badan dengan sehat.

Hindari stres dan cukup istirahat

Tidak banyak yang tahu bahwa stres dapat mempengaruhi nafsu makan dan berat badan. Usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Dan pastikan kamu mendapatkan cukup istirahat setiap hari.

Sugestikan pikiranmu untuk selalu bersyukur dan bahagia. Jangan pendam masalah pribadimu. Ceritakan dan keluh kesahkan kepada keluarga, sahabat, atau pasangan.

Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter

Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter jika kamu memiliki kesulitan menambah berat badan. Mereka dapat memberikan saran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu.

Hal yang harus diingat adalah setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Cara menambah berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing individu. Selalu perhatikan asupan nutrisi yang seimbang dan jangan lupa untuk tetap aktif secara fisik.

Itulah informasi mengenai cara menambah berat badan secara sehat. Dengan mengikuti tips di atas dan menjaga pola makan yang sehat. Kamu bisa meningkatkan berat badan secara sehat dan efektif.

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau pertanyaan lebih lanjut. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan nasihat yang lebih spesifik dan personal.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan