Cara Mencari Siaran TV Digital Set Top Box & Android yang Hilang

Beberapa dari para masyarakat merasa dibingungkan mengenai bagaimana cara mencari siaran TV digital. Sebenarnya untuk siaran TV digital yang ada di TV Android dapat dilakukan tanpa harus menggunakan STB atau Set Top Box.

Alasannya karena TV android telah dilengkapi dengan adanya teknologi penerimaan siaran yang berstandar digital video broadcasting. Peralihan dari siaran analog ke digital bertujuan supaya masyarakat memperoleh kualitas siaran yang tajam, lebih baik dan pastinya jernih.

Cara Mencari Siaran TV Digital

Untuk televisi keluaran terbaru pada biasanya sudah memiliki decoder televisi digital. Oleh karena itu, tidak perlu bingung mencari maupun memasang decoder tambahan agar dapat menikmati maupun mencari saluran digital.

Akan tetapi untuk yang masih menggunakan TV lama, pastinya membutuhkan alat tersebut supaya dapat memindai saluran digital yang tersedia. Apabila ingin melakukan pencarian siaran televisi pada TV digital yang digunakan, tentu hal ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah.

Langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Pertama silakan tekan tombol menu yang ada di remote control TV.
  • Setelah itu gunakan tombol arah agar menggeser ke bagian saluran.
  • Pada biasanya tombol arah akan diberi label-label menggunakan panah mewakili arah fungsinya.
  • Setelah itu tekan tombol enter di bagian remote agar bisa beralih ke menu saluran.
  • Selanjutnya gunakan tombol arah agar bisa mengarah ke bagian pemindaian saluran.
  • Di bagian saluran, tekan tombol enter agar bisa memilih opsi pemindaian saluran.
  • Jika sudah, kamu akan dibawa ke bagian menu dimana kegiatan pemindaian channel digital telah dilakukan.
  • Kamu disarankan agar menggunakan tombol alarm untuk melakukan navigasi ke opsi jenis saluran yang ada di bagian menu tersebut.
  • Pengguna bisa memilih salah satu dari ketiga opsi yaitu digital, analog dan semua saluran.
  • Silahkan pilih semua saluran atau digital.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol enter di remote.
  • Secara otomatis TV akan memulai proses pemindaian saluran digital.
  • Tunggulah sampai proses pemindaian selesai.
  • Setelah itu keluar dari menu.
  • Lalu jelajahi beragam saluran digital yang diperoleh melalui TV.
  • Proses selesai.

Cara Mencari Siaran TV Digital TV Android

Selain menggunakan televisi versi lama, tidak sedikit juga para masyarakat yang sudah mulai beralih ke TV android, namun bingung mengenai bagaimana cara mencari siaran TV digital pada TV Android. Sebenarnya langkah yang dilakukan tidak terlalu sulit.

Hanya saja membutuhkan beberapa langkah yang tepat supaya siaran televisi digital Android lebih lengkap, seperti berikut:

  • Pertama sambungkan kabel antena UHV atau TV dengan baik.
  • Kemudian nyalakan tv.
  • Setelah itu pilih menu pengaturan.
  • Kemudian pilih di TV agar memperoleh siaran digital.
  • Setelah itu klik auto scan.
  • Kemudian TV akan mencari saluran TV digital secara otomatis.
  • Lalu tunggulah sampai prosesnya selesai dan otomatis TV akan melakukan penyimpanan saluran sesuai yang ditemukan.
  • Proses selesai, sekarang pengguna dapat menikmati acara televisi digital.

Penyebab TV Digital Tidak Dapat Menangkap Siaran

Berdasarkan dari cara mencari siaran TV digital yang sudah dijelaskan di atas, terkadang beberapa dari pengguna juga mengalami permasalahan. Seperti televisi yang tidak dapat menangkap sinyal dari siaran digital yang sedang dicarinya.

Tentu hal ini bukan menjadi masalah yang aneh lagi. Bisa saja hal yang terjadi karena beberapa penyebab. Untuk itu penting bagi masyarakat agar mengetahui apa yang menjadi penyebab sinyal tidak bisa menangkap siaran. Berikut ini penyebabnya:

1. Antena

Penyebab yang pertama bisa saja terjadi dari segi antena yang memang tidak dapat menangkap sinyal TV digital. Pada biasanya antena yang memiliki kualitas kurang baik atau buruk, maka tidak dapat menangkap siaran TV digital.

Solusi yang harus dilakukan yaitu memperbaiki antena maupun pemasangan kabel yang harus benar. Selain itu juga melakukan pembelian antena maupun kabel yang bagus. Selain itu, kabel antena yang rusak atau rapuh juga menjadi penyebab dari TV digital tidak mampu menangkap siaran.

Apabila mengalami kabel antena yang rusak atau rapuh, maka solusi yang dilakukan yaitu mengganti kabel antena yang baru.

2. Lokasi atau Daerah Tidak Mendukung

Berada di dataran tinggi maupun perkotaan terkadang justru susah memperoleh sinyal TV digital. Bisa saja hal yang terjadi karena jaringannya yang kurang bagus atau terlalu rendah.

3. Arah Antena

Perlu diketahui bahwa pemasangan antena yang kurang tepat ternyata juga menjadi penyebab TV digital sulit untuk memperoleh sinyal siaran TV. Bahkan sama sekali tidak memperolehnya. Apabila ini ada masalahnya, arahkan antena ke stasiun televisi yang tepat pada jaringan yang bagus.

4. Masalah Pada Bagian Jack

Jack merupakan penghubung antara antena dengan STP. Apabila mengalami kerusakan, baik itu berkarat, kotor, penyok atau yang lainnya maka tidak dapat menempel secara sempurna.

Apabila hal ini dibiarkan tanpa perbaikan, otomatis sinyal yang dikirimkan ke TV digital atau STB tidak maksimal. Hal inilah yang sangat berpengaruh terhadap gambar di televisi tidak mau muncul.

5. Setelan STB

Sebenarnya cara mencari siaran TV digital sangatlah mudah dilakukan, hanya saja kegagalan seringkali terjadi. Tahukah kamu? Bahwa proses setelan STB yang salah juga menjadi penyebab mengapa televisi digital tidak mampu menangkap sinyal yang ada pada antena.

Sehingga pemasangan STB harus dilakukan dengan baik dan benar. Apabila tidak mengetahui bagaimana proses pemasangan STB dan penggunaannya, ada baiknya jika mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di kardus kemasan.

Keuntungan Menggunakan TV Digital

Migrasi dari TV analog menuju ke TV digital pastinya sudah melalui beragam proses pertimbangan. Terlebih lagi pertimbangan untuk melakukan migrasi ke TV digital berasal dari banyaknya keuntungan atau kelebihan yang ditawarkan oleh TV digital, seperti berikut:

1. Siaran Televisi Lebih Beragam

Kelebihan yang pertama yaitu dari segi siaran yang jauh lebih beragam dibandingkan dengan TV analog. Dengan adanya pertambahan jumlah penyelenggara siaran inilah yang sangat berpotensi bisa meningkatkan keragaman siaran televisi.

2. Mendorong Industri Kreatif

Kementerian dari Komunikasi dan Informatika dalam menginformasikan bahwa siaran televisi digital secara tidak langsung bisa memberikan dorongan industri kreatif supaya lebih banyak berkontribusi dalam bidang penyiaran.

3. Siaran Lebih Beragam

Keuntungan yang terakhir yaitu adanya siaran yang lebih beragam dan hal ini mampu mendorong industri kreatif supaya menambahkan banyak saluran televisi lagi. Nantinya juga akan mendorong program televisi supaya lebih beragam. Sehingga mmebuat penonton tidak mudah merasa bosan.

Penggunaan televisi digital seperti saat ini memang tidak semua orang bisa melakukan pengaturan atau setting sebagaimana mestinya. Mengingat bahwa tidak semua pengguna merupakan kalangan anak muda milenial yang bisa mencari informasi secara mendetail.

Ada juga orang tua yang tidak mengetahui bagaimana cara mencari siaran TV digital. Oleh karena itu, cara untuk mencari saluran TV digital seperti langkah di atas bisa menjadi alternatif supaya siaran televisi lebih beragam dan pastinya bisa memenuhi segala kebutuhan penggunanya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan