Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah di Rumah Tak Perlu Pergi ke Bengkel

Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah di Rumah Tak Perlu Pergi ke Bengkel
Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah di Rumah Tak Perlu Pergi ke Bengkel

Mello.id – Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah di Rumah Tak Perlu Pergi ke Bengkel penyedia Aki mobil, sebuah komponen esensial yang memiliki peran krusial dalam penggerakan kendaraan, sering kali dianggap sepele oleh sebagian pemilik mobil. Meskipun jarang terlihat dan sering kali tersembunyi di balik mesin, pentingnya peran aki mobil dalam menjaga performa dan kinerja kendaraan tidak boleh diabaikan.

Sejatinya, aki mobil adalah sumber energi utama yang menyediakan daya untuk menghidupkan mesin, sistem listrik, hingga perangkat elektronik di dalam kendaraan. Namun, kebanyakan pemilik mobil tidak menyadari bahwa aki mobil juga memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan berfungsi optimal.

Menurut para ahli otomotif, merawat aki mobil adalah langkah penting untuk memastikan usia pakai aki yang lebih lama dan kinerja yang stabil. Aki yang dirawat dengan baik memiliki peluang lebih besar untuk bertahan hingga lima tahun atau lebih, tergantung kondisi dan frekuensi penggunaan.

“Penting untuk diingat bahwa aki mobil tidak hanya berperan saat menghidupkan mesin, tetapi juga menjaga aliran listrik yang diperlukan oleh sistem-sistem di dalam mobil,” ujar Ahmad Fahrur, seorang mekanik berpengalaman. “Sayangnya, banyak pemilik mobil yang kurang memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan aki mobil.”

Salah satu langkah penting dalam merawat aki mobil adalah menggantinya secara berkala sesuai dengan rekomendasi produsen. Pergantian aki biasanya dilakukan setiap dua tahun hingga lima tahun sekali, tergantung pada kondisi penggunaan dan faktor lingkungan.

Namun, pergantian aki mobil tidak selalu harus dilakukan di bengkel atau mekanik. Pada kenyataannya, aki mobil dapat diganti sendiri di rumah dengan mudah, asalkan Anda memiliki pengetahuan dasar dan alat yang diperlukan. Mengganti aki mobil sendiri juga bisa menghemat biaya, mengingat biaya penggantian aki di bengkel umumnya cukup mahal.

Mello.id, platform informasi otomotif terpercaya, memberikan tips cara mengganti aki mobil dengan mudah di rumah. Dengan mempersiapkan beberapa alat dan aki baru, pemilik mobil dapat melakukan penggantian aki secara mandiri tanpa harus mengeluarkan uang tambahan untuk membayar mekanik. Ini adalah langkah praktis untuk menjaga aki mobil tetap berfungsi prima dan kendaraan tetap berjalan lancar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengganti aki mobil dengan mudah di rumah.

Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah

Untuk mengganti aki mobil, setidaknya ada beberapa tahapan yang dapat Anda ikut dengan penjelasan di bawah ini supaya Anda dapat melakukan pergantian aki dengan mudah.

1. Melepas Aki Lama

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengganti aki adalah Anda perlu melepaskan aki lama terlebih dahulu.

Untuk melepas aki yang lama pastikan mobil dalam keadaan mati, lalu Anda dapat membuka kap mobil. Setelah membuka kap mobil, Anda dapat melepas kabel, klem, serta baut di bagian kutub negatif.

Setelah membuka bagian kutub negatif, Anda dapat melanjutkan untuk membuka komponen di kutub positif. Hal ini dilakukan mengapa membuka kutub negatif terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan hubungan listrik arus pendek yang bisa menyebabkan korsleting pada mesin mobil.

2. Membersihkan Kabel dan Klem Aki dengan Cairan Khusus

Bila aki lama sudah terlepas, Anda bisa membersihkan beberapa komponen terlebih dahulu sebelum memasang aki yang baru.

Pembersihan dilakukan supaya tidak ada komponen yang kotor dan menyebabkan terhambatnya aliran listrik dari aki ke komponen lain.

Pembersihan pun bisa dilakukan dengan cairan khusus anti karat.

3. Memasang Aki Baru

Langkah selanjutnya adalah memasang aki baru. Pastikan aki sudah tegak lurus pada posisinya.

Bila sudah meletakkan aki baru, Anda tinggal memasang kembali komponen lainnya ke sisi positif terlebih dahulu lalu dilanjut memasang kabel negatif ke sisi negatif.

Pastikan Anda sudah memasang aki dan komponen lainnya dengan benar supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itu dia cara mengganti aki mobil dengan mudah di rumah. Jika langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, Anda tinggal menyalakan mobil Anda supaya mengetahui apakah aki yang baru dipasang bekerja dengan baik atau tidak.

Tinggalkan Balasan