Cara Menghapus Cache di iPhone Mudah Agar Tidak Cepat Lemot!

Para pengguna iPhone khususnya, sering kali pasti merasakan ponsel yang dimilikinya cepat panas dan lemot. Hal tersebut sudah pasti disebabkan karena banyaknya cache ataupun sampah yang menumpuk didalamnya. Untuk itu kamu perlu mengetahui Cara Menghapus Cache di iPhone dengan mudah, supaya tidak lemot dan lola lagi.

Dengan begitu, ponsel yang kamu miliki akan bekerja secara optimal lagi tanpa ada kendala loading ataupun lemot. Oleh karena itu, kamu bisa simak berbagai ulasan yang terdapat didalam artikel Mello.id ini hingga selesai. Supaya kamu bisa memakai berbagai cara maupun salah satunya yang telah kami berikan didalam artikel.

Daftar Untuk Cara Menghapus Cache di iPhone Melalui Internal Ponsel

Bagi para pengguna iPhone, perlu mengetahui berbagai Cara Menghapus Cache Di iPhone milik pribadinya tersebut. Sebab jika sampah menumpuh terdapat didalam ponsel tersebut, maka perangkat tersebut tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Sehingga dapat mengakibatkan kelemotan sistem yang ada didalamnya.

Untuk itu, kamu bisa melihat berbagai refrensi yang Mello.id berikan kepada para pembaca khusunya pungga iPhone. Supaya kamu bisa membersihkan berbagai berkas sampah yang tidak terpakai didalam ponsel tersebut.

Hapus Cache Melalui Pengaturan Safari

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk menghapus berbagai Cache didalam iPhone secara internal tanpa harus menggunakan aplikasi. Yaitu dengan menggunakan pengaturan safari yang terdapt didalam perangkat.

Adapun berbagai langkah dan cara yang dapat kamu lakukan didalam pengaturan ponsel tersebut. Agar seluruh cache didalamnya dapat terhapus dan bersih kembali tanpa lemot.

  • Yang pertama, kamu dapat pergi menuju menu Pengaturan yang terdapat didalam iPhone terlebih dahulu
  • Kemudian cari dan pilih opsi Safari pada menu yang tedapat didalam pengaturan tersebut
  • Lalu kamu bisa melihat terlebih dahulu berbgai opsi dan pilihan didalamnya, setelah itu kamu bisa klik saja Account dan Password
  • Nanti akan keluar tampilan didalamnya. Setelah itu kamu bisa melihat opsi Clear History and Website Data, kamu bisa menekan pilihan tersebut. Dengan begitu nanti akan keluar lagi tampilan untuk konfirmasi penghapusan
  • Kamu bisa segera pilih saja dengan mengklik Clear History and Data. Supaya konfirmasi dapat berjalan, dan cache berhasil terhapus seluruhnya secara permanen dan otomatis
  • Dan selesai. Kamu bisa mengembalikan kembali ke layar utama, dan kemudian mencoba untuk menggunakan ponsel tersebut, apakah sudah normal dan tidak lemot lagi atau belum. Biasanya jika sampah sudah terhapus dan bersih, maka perangkat didalam sistem ponsel iPhonemu akan bekerja normal kembali.

Cara tersebut bisa kamu lakukan, ketika mengalami masalah pencarian didalam browser internet milikmu sudah mulai lemot dan terlalu lama menjalankan loading. Sehingga membutuhkan penyegaran terlebih dahulu, dengan mengahpus berbagai cache internal yang terdapat didalam sistem perangkat.

Dengan begitu, kamu bisa mencoba kembali untuk melakukan kegiatan browsing dengan normal tanpa perlu loading lagi. Sehingga ponsel iPhonmu dapat bekerja seperti biasanya, cepat dan normal.

Matikan dan Hidupkan kembali iPhone

Kemudian ada juga Cara Menghapus Cache di iPhone dengan melakukan restart ulang kembali ponsel maupun perangkat tersebut. Biasany hal tersebut sangat efektif sekali untuk mengurangi cache yang menumpuk didalam ponsel.

Sebab, memang mematikan dan menghidupkan ulang kembali iPhone sangat disarankan sekali. Minimal pengguna harus melakukannya seminggu dua kali, sehingga sistem yang terdapat didalam perangkat akan terrefresh dan kembali seperti perangkat yang baru.

Dengan demikian, ponsel iPhone milikmu tidak akan mengalami penumpukan cache dan juga kelemotan terhadap sistem internal yang ada didalam perangkat. Jadi otomatis ponsel iPhone dapat bekerja secara normal seperti biasanya. Adapun tata cara yang sangat mudah dalam proses restart ulang ponsel dibawah ini.

  • Sangat mudah sekali jika kamu akan mematikan dan menghidupkan ulang ponsel iPhone pribadimu. Pertama kamu hanya perlu menekan tombol On/Off yang agak lama pada body perangkat tersebut
  • Nanti akan muncul pilihan di layar ponsel iPhone tersebut dengan bacaan Matikan ponsel, atau Restart ponsel. Kamu bisa pilih Restart ponsel, kemudian geser kesebelah kanan terlebih dahulu
  • Maka otomatis perangkatmu akan mati dan memulai ulang kembali sistem yang terdapat didalam ponsel
  • Kamu bisa menunggu hingga iPhone milikmu hidup kembali, dan kemudian baru bisa memulai kembali untuk mamakai ponsel iPhone tersebut
  • Dan selesai, otomatis ponsel iphone milikmu telah terrefresh. Berbarengan dengan cache yang ikut terbersihkan dan normal terhapus.

Kebanyakan pengguna ponsel sekalian yang melakukan cara efektif tersebut. Sebab cara tersebut merupakan jalan pintas bagi para pemilik ponsel, supaya sistem yang terdapat didalam perangkat bisa kembali normal dan tidak loading lagi.

Sehingga kamu bisa mencobanya juga pada ponsel iPhone pribadimu, agar mengurangi masalah cache dan juga kelemotan pada sistem yang ada didalamnya. Bahkan cara tersebut paling mudah sekali untuk bisa kamu lakukan sendiri.

Melalui Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya kamu juga dapat mengurangi sampah ataupun cache yang terdapat didalam ponsel iPhone dengan menghapus sebagian data aplikasi didalam perangkat yang kamu miliki tersebut. Hal ini dilakukan sebab aplikasi yang kamu miliki sudah mencapai 500 MB, sehingga otomatis akan membuat ponsel akan mengalami loading.

Untuk itu, kamu bisa menghapus beberapa data aplikjasi yang telah di install terlebih dahulu, supaya bisa mengurangi cache yang menumpuk didalam iPhone. Setelah itu kamu bisa mengunduhnya kembali, jika dirasa aplikasi tersebut memang penting dan dibuthkan kembali. Berikut cara-caranya yang bisa kamu ikuti.

  • Buka menu pengaturan terlebih dahulu didalam ponsel pribadimu
  • Kemudian pilih General, lalu klik iPhone storage
  • Setelah itu, nanti akan muncul berbagai aplikasi yang telah kamu install didalamnya. Kamu bisa memilih terlebih dahulu aplikasi yang kira-kira tidak terlalu dipakai ataupun yang kurang dibutuhkan. Supaya bisa membebaskan ruang penyimpanan yang kamu punya
  • Jika sudah menemukan aplikasi yang akan dihapus, maka kamu bisa menekan agak lama pada opsi tersebut, kemudian konfirmasi Hapus aplikasi
  • Maka otomatis, aplikasi tersebut akan terhapus dan ruang penyimpanan yang kamu miliki juga pasti akan terasa lebih longgar. Bahkan cache yang terdapat didalamnya juga akan bersamaan berkurang dan terhapus secara permanen
  • Setelah selesai, nantinya kamu bisa menginstall kembali aplikasi yang kamu butuhkan pada perangkatmu.
  • Selesai deh. Kamu bisa mencobanya untuk membebaskan sedikit ruang penyimpanan, supaya tidak terlalu over dari kapasitas seharusnya.

Cara Menghapus Cache di iPhone Menggunakan Aplikasi Pendukung

Selain melakukan pembersihan secara internal perangkat. Kamu juga bisa memakai beberapa aplikasi untuk Cara Menghapus Cache di iPhone, sebagai pembersih sampah otomatis yang bisa kamu dapatkan di App Store, maupun Google play.

Jadi kamu bisa dengan mudah mengontrol seluruh sampah maupun cache yang terdapat didalam perangkat ponsel iPhone pribadimu. Sehingga sistem di dalam perangkat tidak akan mengalami penumpukan sampah maupun cache.

Bahkan aplikasi tersebut akan memberikan peringatan maupun notifikasi, apabila sampah didalam perangkatmu telah melebihi batas kapasitas yang dibutuhkan. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan pembersihan manual, sebab aplikasi pendukung pembersih cache tersebut sangat menguntungkan sekali bagi yang menggunakannya.

Hapus Cache di iPhone dengan Aplikasi Clean Doctor

Aplikasi yang pertama yang bisa dijadikan rekomendasi bagi para pengguna iPhone, untuk membersihkan seluruh sampah maupun cache yang menumpuk didalam ponselnya. Yaitu dengan memakai aplikasi Clean Doctor pembersih perangkat.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini hanya dengan mengunduhnya dan menginstall otomatis, dari App store yang telah tersedia di perangkat ponsel milikmu. Sehingga sangat mudah dan juga pastinya gratis untuk dapat kamu pergunakan.

Jika kamu telah selesai menginstall aplikasi tersebut, maka pengguna sudah bisa memakai aplikasinya didalam perangkat iPhone secara langsung. Cara nya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasinya saja. Kemudian nanti akan diarahkan untuk melakukan pembersihan, apabila sudah terdapat cache maupun sampah yang terkumpul.

Setelah itu, kamu bisa membersihkannya dengan cara mengklik saja opsi bersihkan berkas. Maka dengan otomatis aplikasi tersebut berjalan untuk segera membersihkan seluruh sistem yang terdapat didalam perangkat. Khususnya membersihkan cache yang mengganggu dan sudah menumpuk.

Apabila sampah telah terhapus, dan bersih. Maka sistem akan dengan otomatis mengoptimalkan kembali, berbagai aplikasi maupun berkas yang terdapat didalamnya. Dengan begitu ponsel iPhone milikmu, dapat bekerja normal kembali seperti semula. Sehingga tidak keberatan lagi dengan sampah maupun cache yang menumpuk.

Pengguna juga bisa mengaktifkan notifikasi dari aplikasi tersebut, jika dirasa kamu memerlukan pengingat untuk selalu membersihkan ponselmu. Jadi fitur aplikasi akan bekerja dengan sebaik mungkin, pada saat ada cache maupun sampah yang sudah mulai menumpuk.

Memakai Aplikasi PhoneCleaner

Selanjutnya ada juga aplikasi PhoneCleaner yang bisa membantu kamu, untuk membersihkan berbagai berkas maupun file dari cache ataupun sampah yang tidak diperlukan didalam perangkat iPhone tersebut.

Pengguna iPhone dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui App store yang sudah terdapat didalam perangkat secara otomatis. Jadi kamu bisa langsung saja pergi kedalamnya untuk segera mengunduh dan menginstall aplikasi PhoneCleaner tersebut.

Setelah terinstall, barulah kamu bisa memakai aplikasinya untuk segera dibuka dan kemudian memulai membersihkan perangkat iPhone dari cache maupun sampah yang sudah menumpuk.

Caranya juga sangat mudah, tidak jauh berbeda dari aplikasi yang sebelumnya, kamu hanya tinggal membuka PhoneCleaner. Kemudian lihat perintah yang terdapat didalamnya, klik saja Bersihkan file atau berkas.

Setelah mengkilik opsi tersebut, maka otomatis sistem operasi dari aplikasi tersebut bekerja untuk membersihkan seluruh berkas maupun file dari sampah ataupun cache. Maka otomatis ponsel iPhone milikmu telah normal kembali, dan bebas dari kelemotan.

Sebab seluruh cache maupun sampah sudah beres dan bersih tidak ada lagi didalam sistem perangkat iPhone milikmu. Kamu bisa mencobanya, supaya terhindar dari masalah cache yang selalu menumpuk didalam ponsel.

Sekian pembasahan dari Mello.id mengenai Cara Menghapus Cache di iPhone mudah dan hindari kelemotan pada ponsel.

Baca juga mengenai artikel aplikasi terkait lainnya :

Tinggalkan Balasan