Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Hitam Cepat & Ampuh

Mello.id – Beragam cara menghilangkan bekas jerawat seringkali dicari bagi orang yang memiliki masalah kulit tersebut. Sebab bekas jerawat memang kerap kali mengganggu penampilan, apalagi jika muncul di wajah.

Jerawat memang bisa terjadi pada siapapun. Tak peduli muda atau tua, perempuan atau laki-laki, semuanya bisa memiliki jerawat. Biasanya masalah kulit ini timbul akibat hormon hingga kulit wajah yang kotor. Oleh karena itu, buat kamu para acne-fighter, penting untuk selalu membersihkan wajah hingga kotoran tidak tersisa lagi serta menjaga pola hidup sehat.

Tetapi mengatasi masalah jerawat bukan hanya soal mengempiskannya saja, melainkan juga menghilangkan bekasnya yang terkadang menghitam. Apalagi jika sebelumnya, kamu memencet jerawat karena sudah tidak sabar ingin menghilangkannya. Sebab yang paling sulit dalam mengatasi permasalahan kulit yang satu ini adalah membuat wajah kembali kinclong seperti sebelum jerawat muncul.

Diketahui terdapat cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa dicoba. Ada yang menggunakan bahan alami, tetapi ada pula yang menggunakan obat hingga skincare. Berikut ini Mello.id sajikan rangkuman cara menghilangkan bekas jerawat.

Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Sebelum mengetahui kumpulan cara menghilangkan bekas jerawat, kamu juga perlu tahu mengenai apa saja yang menyebabkan bekas jerawat menjadi menghitam di kulit wajah. Penyebabnya sebenarnya bisa beragam, yang meliputi:

  • Kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat
  • Genetik
  • Menurunnya produksi kolagen
  • Meningkatnya produksi melanin
  • Jarang memakai tabir surya atau sunscreen

Apabila jerawat tidak ditangani dengan benar, maka ini bisa menyebabkan masalah kulit yang lebih besar lagi daripada sekedar menghitam. Jerawat bisa meninggalkan luka bopeng yang tentunya akan semakin mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Oleh karena itu, jerawat memang harus ditangani dengan tepat agar bisa hilang tak berbekas.

Kumpulan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Dalam menghilangkan bekas jerawat yang menghitam, cara yang bisa digunakan beragam. Bisa menggunakan bahan-bahan alami, tetapi juga bisa menggunakan bahan kimia yang memang didesain untuk menangani masalah jerawat.

Proses penanganan bekas jerawat memang tidak bisa instan. Kamu harus melakukan mengulangi metode yang sama dengan sabar untuk bisa membuat bekas jerawat menghilang. Rutin mengobati memang menjadi langkah yang harus dilakukan.

Nah berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat, baik secara alami maupun dengan bantuan skincare atau sejenisnya. Simak pembahasannya di bawah ini.

Mengoleskan dengan Lidah Buaya

Bahan alami yang dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas jerawat yang menghitam adalah tanaman lidah buaya. Dilansir dari website Mirror, lidah buaya memiliki kandungan akan zat antiperadangan serta antibakteri alami. Kedua kandungan tersebut bisa membantu mengurangi warna kehitaman akibat munculnya jerawat.

Dalam pemanfaatannya untuk obat jerawat, kamu cukup mengoleskan lendir dari tanaman lidah buaya pada bekas jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya. Setelahnya, pijat area tersebut dengan lembut dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, maka kamu bisa membilas wajah atau bagian tubuh yang memiliki bekas jerawat tersebut hingga bersih.

Selain menggunakan lendir tanaman lidah buaya, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang banyak beredar di pasaran. Kamu bisa mencampur gel tersebut dengan minyak esensial tea tree. Takarannya sekitar satu sendok gel lidah buaya yang dicampur dengan dua tetes minyak.

Setelah ramuan tersebut tercampur, maka kamu bisa menggunakannya pada bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit terlebih dahulu sebelum kemudian dibilas dengan air dingin hingga bersih.

Memakai Timun

Timun juga dipercaya memiliki khasiat dalam membantu menghilangkan bekas jerawat dengan ampuh. Di dalam timun diketahui terdapat kandungan dari vitamin A, C, hingga magnesium yang bisa bermanfaat baik bagi kesehatan kulit. Ditambah, timun juga bisa menghidrasi kulit sehingga peradangan akibat jerawat bisa ditenangkan.

Untuk cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa diikuti adalah sebagai berikut:

  • Iris tipis timun secukupnya
  • Letakkan irisan timun di bekas jerawat
  • Biarkan selama 30 menit
  • Jika sudah, segera bilas menggunakan air dingin

Menggunakan Potongan Kentang

Sayuran kentang bukan hanya bisa dijadikan sebagai makanan, tetapi juga bahan pengobatan masalah kulit seperti bekas jerawat. Di dalam kentang, terdapat kandungan sari tepung pati yang tinggi. Ini bisa membantu dalam hal menghilangkan noda bekas jerawat yang menghitam hingga bekas luka lainnya.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan kentang tidaklah sulit. Kamu cukup mengiris kentang tipis untuk kemudian digosokkan ke area noda bekas jerawat yang membekas. Tunggu sekitar satu menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air bersih. Supaya bisa lebih maksimal hasilnya, maka lakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu.

Memanfaatkan Kunyit

Bumbu dapur kunyit dapat kamu gunakan sebagai alternatif dalam membantu bekas jerawat. Kunyit diketahui memiliki senyawa aktif kurkumin yang memiliki sifat antiperadangan. Karenanya, kunyit bisa bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka ataupun bekas luka yang ada di kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat menggunakan kunyit ini juga mudah. Kamu bisa mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan sedikit perasan lemon. Campuran ramuan tersebut kemudian dioleskan ke jerawat, tunggu hingga 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Tetapi tidak hanya itu, kamu bisa menggunakan satu sendok teh bubuk kunyit yang dicampur dengan satu sendok makan yogurt tawar serta satu sendok minyak kelapa dalam membantu mengilangkan noda jerawat yang membekas di kulit. Oleskan campuran bahan tersebut ke bekas jerawat yang menghitam. Tunggu hingga mongering lalu bilang dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Pakai Minyak Kelapa

Dalam menghilangkan bekas jerawat secara alami, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahan pengobatan. Minyak kelapa sendiri punya banyak kandungan vitamin E serta asam lemak alami. Kedua kandungan tersebut bisa membantu mengatasi noda bekas jerawat.

Penanganan bekas jerawat menggunakan minyak kelapa ini bisa dilakukan dengan mengoleskannya ke area yang bermasalah. Tetapi, pastikan minya tersebut sudah dihangatkan ke bekas jerawat. Selanjutnya, kamu perlu memijat lembut lalu membiarkannya selama kira-kira satu jam. Setelahnya, kamu bisa membilasnya menggunakan air bersih.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan campuran satu sendok makan minyak kelapa dan minyak lavender untuk dioleskan ke bekas jerawat. Sama seperti cara sebelumnya, kamu perlu memijat area yang bermasalah saat mengolesi obat. Diamkan selama 30 menit hingga ramuan tersebut meresap ke kulit lalu bilas dengan air hangat.

Menggunakan Air Perasan Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya yang bisa dipilih adalah menggunakan air perasan lemon. Buah lemon dipercaya menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat di kulit ataupun bekas luka lainnya.

Hal ini karena di dalamnya terdapat zat aktif yang bisa mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Bahkan, lemon juga dapat membuat kulit lebih elastis.

Sementara untuk cara menangani bekas jerawat menggunakan lemon cukuplah mudah. Kamu perlu memeras air lemon terlebih dahulu untuk kemudian dioleskan ke bekas jerawat. Selanjutnya, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut satu hingga dua kali sehari.

Selain itu, kamu bisa menggunakan campuran dari air perasan lemon dan madu dengan perbandingan takaran sebanyak satu banding satu. Setelahnya, kamu dapat mengoleskan campuran tersebut pada bekas jerawat lalu diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Namun sebagai catatan, penanganan bekas jerawat menggunakan air perasan lemon langsung ke kulit ini tidak semuanya cocok. Terkadang, airnya bisa menyebabkan reaksi gatal hingga perih. Cara ini tidak begitu disarankan bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif.

Rutin Menggunakan Sunscreen

Kiat atau cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam juga bisa dibantu dengan rutin memakai sunscreen atau tabir surya. Apalagi jika jerawat meninggalkan flek kehitaman di kulit.

Menggunakan tabir surya sangat membantu dalam mencegah bekas jerawat menjadi lebih buruk akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam seperti bintik-bintik di wajah.

Jadi jangan lupa gunakan pelindung matahari setiap hari dan pilihlah produk dengan faktor perlindungan matahari minimal SPF 30. Selain itu, agar perlindungan tetap optimal, kamu pun harus mengoleskan ulang krim matahari atau sunscreen setiap 3-4 jam sekali. 

Gunakan Serum Vitamin C

Cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa dipilih selanjutnya adalah dengan menggunakan serum vitamin C. Vitamin C memang dipercaya berkhasiat baik dalam urusan menjaga kesehatan kulit. Bahkan, vitamin tersebut bisa mencerahkan kulit karena mampu mengurangi oksidasi yang menghasilkan produksi melanin, pigmen kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan vitamin C yang memiliki sifat antiradang juga dapat membantu menyembuhkan jerawat. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan serum dengan kandungan vitamin C sebagai alternatif cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Kamu bisa memakai serum ini pagi atau malam hari sebelum tidur. 

Rutin Eksfoliasi

Selanjutnya, jangan lupa untuk tidak melewatkan eksfoliasi dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Eksfoliasi diketahui mampu menghilangkan sel kulit mati dan dipercaya sebagai cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi melalui penggunaan produk kecantikan yang memiliki kandungan bahan seperti AHA, BHA, retinoid atau asam salisilat. Namun sebagai pengingat, produk eksfoliasi tidak begitu disarankan untuk penggunaan sehari-hari.

Batasi penggunaan malam hari hingga 2-3 kali seminggu. Pengelupasan juga harus diberi dosis yang tepat agar terlalu banyak tidak merusak struktur kulit atau terlalu sedikit tidak berpengaruh.

Perawatan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah perawatan eksfoliasi yang menggunakan alat khusus dari dokter. Tujuan dari prosedur perawatan ini adalah untuk menutupi bekas jerawat atau flek hitam, membuat kulit tampak halus dan kencang.

Penanganannya sendiri dilakukan dengan cara menyemprotkan partikel kecil pada area kulit tertentu yang bermasalah. Nantinya, dokter pun akan menggosoknya menggunakan alat khusus lainnya.

Mikrodermabrasi biasanya dianjurkan untuk mengatasi flek hitam pada area tertentu di wajah. Tetapi bukan hanya bekas jerawat, peratawan ini juga bisa digunakan dalam membantu memudarkan bekas luka lainnya.

Perawatan Chemical Peel

Perawatan chemical peel atau pengelupasan kimia dapat mengangkat sel kulit mati yang sudah rusak. Proses ini juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam dengan lebih cepat. Ini karena perawatan pengelupasan kimia dapat mempercepat regenerasi kulit dan menjadikan kulit lebih bersih.

Namun, pastikan kamu melakukan perawatan ini di tempat yang aman dan dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Sebab, perawatan ini melibatkan pengolesan larutan kimia langsung ke wajah yang berisiko jika tidak dilakukan oleh tenaga medis yang profesional.

Penggunaan Produk Skincare yang Tepat

Kunci dalam menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, salah satunya adalah dengan menghindari produk perawatan kulit yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Ingatlah juga untuk menggunakan pembersih dan krim lembut yang tidak akan menyumbat pori-pori.

Membatasi paparan sinar matahari jug sama pentingnya untuk mencegah kerusakan kulit dan mempercepat proses penyembuhan bekas luka. Adapun rekomendasi beberapa produk skincare aktif untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, yaitu:

  • Niacinamide
  • Retinol dan asam salisilat
  • Vitamin C atau asam askorbat
  • Licorice dan mulberry

Tidak disarankan untuk menggunakan bahan pencerah kulit yang memiliki kandungan akan merkuri. Ini karena kandungan tersebut dapat merusak organ vital, seperti ginjal hingga saraf serta memicu keracunan.

Melakukan Treatment Laser

Treatment laser juga bisa menjadi cara alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam lebih cepat. Perawatan ini menggunakan laser untuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong sel kulit baru beregenerasi untuk pertumbuhan yang lebih cepat.

Perawatan kulit menggunakan laser dipercaya paling efektif untuk mengobati bekas luka atau bekas jerawat yang dalam seperti bopeng. Meskipun perawatan ini paling efektif, namun harganya relatif mahal dibandingkan dengan perawatan lainnya.

Akhir Kata

Memiliki masalah kulit bekas jerawat memang sangat mengganggu. Apalagi ini bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat. Caranya itu pun bisa menggunakan bahan alami ataupun perawatan kulit seperti ke dokter kecantikan atau spesialis.

Setelah mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, kira-kira cara mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Cara alami atau justru perawatan kulit? Pastikan untuk melakukannya secara rutin agar hasilnya bisa semakin maksimal. Semoga bisa membantu dan selamat mencoba!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan