Cara Mengisi Token Listrik di DANA dan Solusi Jika Tidak Masuk

DANA adalah salah satu aplikasi dompet digital (e-wallet) yang berguna untuk melakukan transaksi non-tunai secara daring (online). Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi sehari-hari termasuk cara mengisi token listrik di DANA.

Ada berbagai transaksi yang bisa memanfaatkan aplikasi ini. Baik secara transfer online atau dengan scan QR Code yang ada dalam aplikasi. Pembelanjaan di merchant yang bekerja sama bisa dilakukan dengan cara scan QR Code jadi tidak perlu membayar tunai.

Sementara transaksi pembelian barang atau tiket atau membayar tagihan bisa dilakukan dengan memotong saldo yang ada. Pengisian saldo bisa dilakukan dengan banyak cara yang semuanya mudah. Namun langkah pertamanya adalah harus mengunduh dan memasang aplikasi ini dulu.

Cara Membuat Akun DANA

Sebelum melakukan cara mengisi token listrik di DANA, tentunya langkah pertamanya adalah memiliki aplikasi ini lebih dulu. Aplikasi ini bisa dengan mudah dan gratis dapat diunduh (download) dari Google Play Store untuk perangkat Android atau dari App Store untuk perangkat iOS.

Setelah itu lakukan pemasangan (install) di perangkat yang digunakan. Setelah terpasang, sekarang ikuti langkah ini untuk melakukan registrasi akun pribadi:

  • Buka aplikasi DANA lalu masukkan nomor telepon yang aktif dan klik tombol “Lanjut”
  • Sistem akan mengirimkan SMS berisi 4-digit kode OTP ke nomor telepon tersebut
  • Masukkan kode tersebut dan lanjutkan prosesnya.
  • Ketik nama lengkap atau nama panggilan beserta foto lalu pilih “Daftar”
  • Lanjutkan dengan membuat 6-digit PIN lalu klik “Lanjut”
  • Proses registrasi selesai.

Cara Mengisi Saldo Akun DANA

Agar bisa melakukan cara mengisi token listrik di DANA dan berbagai transaksi lainnya, tentunya pemilik akun harus mengisi saldo (Top Up) lebih dulu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengisian saldo, yaitu:

1. Virtual Account Bank

Bank besar di Indonesia umumnya melayani pengisian saldo atau Top Up dompet digital DANA melalui layanan Virtual Account dengan nomor kode bank masing-masing, seperti berikut ini:

  • BCA: melalui transaksi Transfer BCA Virtual Account nomor 3901+nomor telepon yang terdaftar di aplikasi DANA. Contohnya: 3901081234567890.
  • Bank Mandiri: melalui transaksi Multipayment dengan nomor VA 89508+nomor telepon. Contohnya: 89508081234567890.
  • Bank BRI: melalui menu Pembayaran dengan nomor VA 88810+nomor telepon. Contohnya: 88810081234567890.
  • Bank BNI: melalui menu lain – nomor VA 8206+nomor telepon. Contohnya: 8206081234567890.
  • Bank CIMB Niaga: melalui menu transfer ke rekening CIMB Niaga lainnya. Nomor [VA Generated] sebagai nomor tujuan.

2. Melalui Merchant yang Bekerja Sama

Top Up atau pengisian saldo juga bisa dilakukan melalui beberapa merchant yang bekerja sama dengan DANA, seperti berikut ini:

  • Department Store Ramayana dan Robinson
  • Gerai Indomaret dan Alfamart (termasuk Alfamidi) dan juga DAN+DAN.

Caranya mudah yaitu dengan mengatakan pada kasir bahwa ingin mengisi saldo DANA. Lalu sebutkan nomor telepon yang terdaftar di DANA dan nominal dana yang ingin ditransfer (minimal Rp50.000). Ikuti langkah berikutnya sesuai prosedur yang disebutkan oleh Kasir hingga selesai.

Cara Mengisi Token Listrik di DANA

Setelah memiliki akun di DANA dan telah mengisi saldo, sekarang sudah bisa menggunakan DANA untuk melakukan transaksi online. Di bawah ini adalah langkah untuk membeli token listrik pascabayar menggunakan saldo yang sudah tersedia di aplikasi DANA:

  • Login ke akun pribadi di DANA lalu pilih menu “Listrik” (electricity)
  • Lalu pilih listrik “Prabayar” (prepaid) dan masukkan nomor token atau PLN ID yang dituju
  • Lanjutkan dengan memilih nominal token yang diinginkan lalu klik tombol “Bayar” (payment)
  • Masukkan PIN DANA pribadi dan transaksi akan diproses. DANA akan memberikan notifikasi begitu proses selesai.
  • Klik “Lihat Transaksi”. Nanti akan ditampilkan 20-digit kode yang harus diisikan ke meteran listrik.

Nominal token yang bisa dipilih berkisar mulai Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, hingga Rp1.000.000. Jadi pengguna bisa memilih sesuai kebutuhannya.

Terkadang token listrik tidak segera dapat dilihat dalam menu “Lihat Transaksi”. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti jaringan PLN sedang lambat atau bermasalah, kendala jaringan atau sinyal internet yang kurang kuat, atau proses internal DANA.

Namun tidak perlu khawatir karena pasti akan segera dikirimkan kode token yang sudah dibayar. Lama prosesnya memang bisa memakan waktu beberapa menit. Namun jika penundaan terjadi agak lama maka tidak ada salahnya menghubungi CS DANA untuk menanyakan kendalanya.

Token Listrik di DANA Tidak Masuk

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan token listrik yang dibeli dari aplikasi DANA tersebut ternyata tidak bisa masuk. Penyebabnya bisa beragam, namun beberapa hal yang paling umum adalah:

  • Salah memasukkan 20-digit kode yang diberikan
  • Meteran listrik yang bermasalah
  • Server PPLN mungkin sedang gangguan
  • Kelebihan batas (over limit)

Harap berhati-hati agar tidak mengulang hingga tiga kali melakukan pengisian nomor kode. Karena bisa menyebabkan meteran listrik terblokir. Sebelum hal tersebut terjadi, cobalah meminta bantuan dari Customer Service (CS) DANA yang dapat dihubungi melalui:

  • Telepon ke nomor 1500.445
  • WhatsApp ke 08191.1500.445
  • Email ke help@dana.id
  • Akun X (Twitter) di @danawallet

Layanan Pembayaran Listrik Pascabayar Lewat DANA

Setelah mengetahui cara mengisi token listrik di DANA untuk listrik prabayar, sebenarnya DANA juga memiliki layanan pembayaran tagihan listrik pasca bayar. Caranya pun hampir sama, hanya saja pilihannya bukan “Prabayar” tapi “Pascabayar” seperti berikut:

  • Login ke DANA, pilih menu “Listrik” lalu lanjutkan ke “Pascabayar
  • Masukkan nomor pelanggan atau PLN ID dan nanti akan ditampilkan jumlah total tagihan listriknya
  • Periksalah untuk meyakinkan semuanya benar lalu lanjutkan ke halaman “Pembayaran
  • Lakukan sesuai instruksi yang diberikan hingga proses selesai.
  • Transaksi yang selesai akan ditampilkan melalui notifikasi di aplikasi.

Upgrade Akun DANA ke DANA Premium

Dengan beragamnya layanan yang bisa diberikan oleh aplikasi ini, memang semuanya akan memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi. Mulai dari pembayaran tagihan, melakukan transfer ke berbagai akun, transportasi, hingga pembayaran berbagai layanan Pemerintah.

Namun semua itu merupakan akun biasa yang memiliki batasan tertentu. DANA kemudian menyediakan fitur Premium yang memiliki keuntungan tambahan seperti:

  • Saldo hingga mencapai Rp10.000.000
  • Melakukan transfer uang ke sesama pemilik akun DANA dan ke rekening bank
  • Bisa menarik dana tunai
  • Mendapatkan aneka penawaran khusus dan beberapa keuntungan tambahan lainnya. Seperti pemberian bonus voucher pulsa atau sejenisnya.

Agar bisa melakukan upgrade ke akun Premium, pemilik akun DANA bisa melakukannya langsung dari aplikasi dengan langkah berikut:

  • Masuk ke aplikasi DANA dan pilih menu “Saya
  • Pilih opsi “Verifikasi Akun Saya” dan buatlah foto e-KTP pribadi
  • Lanjutkan dengan melakukan selfie dengan jelas
  • Setelah itu klik tombol “Submit
  • Proses akun Premium telah selesai.

Penutup

Cara mengisi token listrik di DANA memang terbilang mudah. Namun harus melalui akun pribadi di DANA. Jadi lakukan registrasi lalu isilah saldonya agar bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah. Jika ingin lebih nyaman, lakukan upgrade ke akun Premium.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan