Bagaimana Caramu Menunjukkan Kebanggaan sebagai WNI?

    Karena sekarang ini Indonesia sudah merdeka, maka kita sudah tidak perlu melawan penjajahan. Namun yang perlu kita lakukan adalah mengisi kemerdekaan. Kita tetap perlu menjaga dan melindungi bangsa ini. Oleh karena itu, diperlukan rasa kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Rasa kebanggaan ini bisa ditunjukkan melalui berbagai cara. Lalu bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia?

    Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia. Antara lain di jelaskan berikut ini.

    1. Memakai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar

    Bahasa Indonesia memiliki peran yang penting, yaitu sebagai alat komunikasi antar Warga Negara Indonesia yang kebanyakan menggunakan bahasa daerah. Semisal antara masyarakat sumatra dengan masyarakat jawa, masyarakat jawa dengan masyarakat bali, dll.

    Dengan perannya yang penting untuk persatuan dan kesatuan. Maka semua masyarakat wajib mengetahui cara memakai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Pengetahuan ini ditujukan untuk semakin menjunjung dan menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Sebagaimana yang dicita-citakan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

    2. Memakai produk lokal

    Kualitas produk lokal tidak boleh dipandang sebelah mata. Produk lokal diharapkan bisa menembus pasar internasional. Namun untuk itu, perlu dukungan dari banyak pihak. Paling tidak, dengan memakainya saja kita sudah berkontribusi untuk mendukungnya. Dengan menggunakan produk lokal, kita juga dapat merasa bangga dengan yang dimiliki negara ini.

    3. Melestarikan kebudayaan Indonesia

    Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dipunyai oleh kelompok tertentu, lalu diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh sebab itu, budaya sangat penting untuk dilestarikan dan dijaga.

    4. Mengembangkan sikap dan karakter bangsa

    Di masa globalisasi seperti sekarang ini, menjadikan berbagai pandangan dan gaya hidup bisa masuk begitu saja. Tidak dapat dipastikan bahwa semua pandangan dan gaya hidup yang masuk sesuai dengan sikap dan karakter bangsa ini.

    Beberapa di antaranya mungkin memiliki pengaruh yang cenderung negatif. Oleh karena itu, sikap yang selektif perlu diterapkan untuk menjaga karakter bangsa ini. Namun sebenarnya kita juga bisa mengambil nilai positif dari pandangan lain, tetapi dengan catatan bahwa memang sesuai. Lalu kita dapat mengembangkan sikap dan karakter bangsa sebaik mungkin.

    5. Mengharumkan nama bangsa dengan prestasi

    Indonesia tidak kalah untuk persoalan prestasi. Banyak prestasi yang didapatkan oleh anak bangsa dari aneka bidang, mulai dari bidang olahraga, seni, pendidikan, dll. Prestasi merupakan kontribusi yang besar dari anak bangsa untuk Indonesia dan menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara.

    6. Menjaga nama baik Indonesia

    Mungkin kita biasa melihat terdapat banyak kekurangan di negara ini. Namun kita harus tetap berupaya untuk menjaga nama baik Indonesia. Kekurangan biasa berdampingan dengan kelebihan. Sebagai warga negara pastinya kita harus melihat keduanya, bukan sekadar melihat kekurangannya. Banyak kelebihan yang dimiliki negara ini dan memiliki potensi untuk dikembangkan.

    7. Menghargai sesama

    Kita harus menghargai sesama untuk dapat senantiasa hidup rukun dengan rasa kekeluargaan. Namun menciptakan rasa kekeluagaan yang didasari dengan hidup rukun ini tidak mudah, karena memerlukan kesadaran dari semua masyarakat untuk menghargai satu sama lain.

    8. Menghormati perbedaan

    Indonesia merupakan penggabungan dari aneka ragam perbedaan, yaitu adat, istiadat, budaya, dan kepercayaan. Dengan perbedaan ini, menjadikan Indonesia memiliki keunikan dan keindahan yang kaya dan beragam. Oleh karena itu, persatuan harus terus kita jaga dengan menghormati perbedaan yang merupakan kekayaan bagi Indonesia.

    9. Memperingati hari nasional

    Terdapat hari nasional di Indonesia yang perlu kita peringati seperti hari pendidikan nasional dan hari pahlawan. Dengan memperingati hari nasional, bisa mengingatkan kita pada upaya pejuang untuk kemerdekaan Indonesia, lalu tugas kita sekarang ini adalah mengisi kemerdekaan.

    10. Menjunjung tinggi konstitusi Indonesia

    Contoh lain dari bagaimana cara menunjukkan kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia adalah dengan menjunjung tinggi konstitusi. Semisal bisa kita lakukan dengan mengacu pada hukum yang berlaku.

    Kesimpulan

    Penjelasan di atas merupakan beberapa contoh saja. Terdapat banyak cara untuk menunjukkan kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dapat dengan cara lain berdasarkan bagaimana caramu melakukannya.