Cara Pinjam Uang di Bank BCA & Syaratnya, Bisa Offline & Online

Bagaimana sih cara pinjam uang di Bank BCA? Untuk membantu memenuhi kebutuhan finansial para nasabahnya, Bank BCA menyediakan beberapa cara peminjaman uang. Meminjam uang melalui Bank BCA tentunya bisa dilakukan secara online maupun offline sesuai keinginan masing-masing.

Metode pinjaman online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi mobile banking BCA, sedangkan layanan offline dengan mengunjungi kantor cabang BCA terdekat. Manakah layanan yang Anda sukai? Apapun pilihannya pastinya Bank BCA memastikan setiap nasabah mendapatkan layanan maksimal.

Syarat Pinjam Dana Lewat Bank BCA

Setiap penggunaan layanan perbankan, pastinya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh  nasabah. Begitu juga saat akan meminjam dana, setidaknya perlu adanya persyaratan umum dan khusus yang perlu Anda persiapkan sebelum mengajukan pinjaman.

1. Syarat Umum

  1. Termasuk WNA (Warga Negara Asing) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah punya izin tinggal menetap.
  2. Nasabah berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun saat sudah jatuh tempo pinjaman.
  3. Nasabah memiliki penghasilan tetap Rp3 juta per bulannya.
  4. Memiliki rekening giro atau tabungan di Bank BCA.
  5. Memiliki fasilitas kartu kredit aktif minimal 1 tahunan.
  6. Memiliki track record kredit baik dan tidak tercatat dalam daftar hitam OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2. Syarat Khusus

  1. Cara pinjam uang di BCA akan mudah disetujui dengan melampirkan KTP dan slip gaji.
  2. Untuk pinjaman kendaraan bermotor perlu menyertakan fotokopi KTP, slip gaji, dan STNK.
  3. Pinjaman KPR membutuhkan KTP, slip gaji, dan sertifikat properti.
  4. Pinjaman usaha membutuhkan KTP, slip gaji, dan fotokopi SIUP/NPWP/TDP/SK.

Cara Pinjam Uang di Bank BCA Secara Online dan Offline

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, metode pengajuan pinjaman lewat Bank BCA bisa dilakukan secara online maupun offline. Pengajuan pinjaman secara online cukup disukai karena tidak mewajibkan nasabah untuk mendatangi kantor cabang Bank BCA dan hanya perlu mengakses M-Banking.

Pengajuan Pinjaman Secara Online

Sudah punya aplikasi mobile banking BCA belum? Jika Anda sudah memilikinya, maka bisa coba menggunakan berbagai fitur layanan yang diberikan. M-Bangking BCA menawarkan layanan transaksi keuangan, pembayaran listrik, e-commerce, dan pengajuan pinjaman dana.

  • Silahkan download dan install aplikasi mobile banking BCA, kemudian lakukan pendaftaran dengan mengisi data diri, username, dan password.
  • Nasabah bisa langsung login melalui menu “Info BCA” dan pilih “Produk” selanjutnya “Pinjaman Individual“. Tentukan jenis pinjaman yang diinginkan dan klik “Ajukan Sekarang“.
  • Nasabah bisa melakukan pengisian data diri secara lengkap, lalu klik tombol “Kirim” dan tunggu konfirmasi dari pihak BCA untuk persetujuannya.

Jika Bank BCA menyetujui permintaan Anda, maka selanjutnya akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan sesuai jenis pinjaman. Nasabah bisa upload beberapa dokumen melalui aplikasi Mobile Bangking atau website resmi Bank BCA.

Pada umumnya proses verifikasi pengajuan pinjaman online membutuhkan waktu 1×24 jam atau bisa beberapa hari. Anda akan menerima surat perjanjian pinjaman yang perlu ditanda tangani secara elektronik, baru dana akan dicairkan dalam bentuk tabungan atau giro.

Pengajuan Pinjaman Secara Offline

Cara pinjam uang di Bank BCA secara offline tentu saja masih banyak digunakan, khususnya bagi kalangan usia 40 tahun ke atas. Bawa semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman, kemudian datangi kantor cabang Bank BCA terdekat tempat tinggal Anda.

  • Siapkan dokumen asli dan fotokopi yang dibutuhkan, kemudian datangi kantor cabang Bank BCA terdekat tempat tinggal.
  • Sampaikan kepada petugas bank bahwa Anda ingin mengajukan pinjaman dana, nantinya pihak keamanan akan menanyakan terkait kelengkapan datanya.
  • Nasabah akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pinjaman dengan benar lengkap dengan keterangan jenis serta nominal pinjaman.
  • Jika pengisian formulir sudah dilakukan dengan benar dan lengkap, berikan formulir serta dokumen persyaratan kepada pihak CS (Customer Service).
  • Tunggu dalam waktu beberapa menit, petugas Bank BCA akan segera melakukan verifikasi permintaan pinjaman yang dibutuhkan.

Misalnya pengajuan pinjaman nasabah sudah disetujui, petugas Bank BCA akan memberikan semacam surat perjanjian pinjaman. Tanda tangani surat perjanjian dan dana akan segera cair di nomor rekening yang sudah diisikan pada formulir pengajuan.

Tips Pengajuan Pinjaman ke Bank BCA Agar Mudah Disetujui

Sudah tahu kan cara meminjam uang di Bank BCA secara online maupun offline? Selanjutnya setiap nasabah perlu menunggu persetujuan dari pihak BCA. Untuk meminimalkan terjadinya penolakan saat mengajukan pinjaman, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Siapkan Dokumen Lengkap

Entah menggunakan jenis layanan apapun dalam perbankan, Anda harus menyiapkan semua jenis dokumen yang dibutuhkan. Jika dokumen pengajuan sudah lengkap sesuai permintaan bank, proses pengajuan pinjaman akan segera disetujui dan dana cepat cair.

2. Pastikan BI Checking Baik

Saat akan memberikan pinjaman dana kepada semua nasabahnya yang membutuhkan, Bank BCA selalu melakukan pemeriksaan ketat. Pemeriksaan tidak hanya dilakukan pada syarat dokumen, agunan yang digunakan, tetapi juga BI checking atau riwayat kredit macet.

Bank BCA tidak akan mentolerir apabila nasabah memiliki riwayat kredit macet karena khawatir akan lari dari tanggung jawab. Oleh sebab itu sebelum pengajuan KTA, pastikan terlebih dahulu Anda tidak memiliki riwayat kredit yang sering terlambat di tempat lainnya.

3. Pilih Jenis Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Anda meminjam uang untuk keperluan apa? Bank BCA umumnya menyediakan jenis pinjaman personal, kendaraan bermotor, KPR, atau usaha. Pastikan pilih pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan agar nantinya setoran tidak menjadi beban.

Dalam memilih pinjaman juga penting memperhatikan pendapatan tiap bulannya karena belum tentu besarannya sebanding. Misal Anda ingin mengajukan pinjaman KPR dengan gaji hanya Rp2 juta per bulan, sudah pasti permohonan pinjaman sulit disetujui.

4. Ajukan Total dan Nominal Angsuran Secara Tepat

Cara pinjam uang di Bank BCA memang mudah dilakukan, namun sebelumnya pastikan sudah paham masalah rasio angsuran BCA Personal Loan maksimal dari pendapatan tetap. Rasio plafon yang ditawarkan juga maksimal 4 kali dari THP atau Take Home Pay.

Contohnya nasabah memiliki THP per bulannya sekitar Rp6,5 juta, Anda hanya boleh meminjam dana sekitar Rp26 juta dengan nominal angsuran Rp8 juta. Nasabah tidak bisa mengajukan pinjaman lebih besar dari nilai itu karena risiko pastinya akan ditolak.

5. Nasabah Siap Sering Dihubungi

Jika sudah melakukan pengajuan permohonan pinjaman dana, Anda harus mengangkat setiap ada panggilan yang masuk pada HP. Pihak BCA biasanya akan melakukan analisis kelayakan nasabah dengan menghubungi lewat panggilan telepon pribadi atau rumah.

Sebelum mendapatkan persetujuan dari Bank BCA, jangan pernah menonaktifkan HP atau nomor yang sudah diisikan pada formulir. Misalnya Bank BCA menghubungi beberapa kali, namun Anda tidak menjawabnya, maka bisa saja permohonan pinjaman ditolak.

Cara pinjam uang di Bank BCA bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu secara online maupun offline. Pinjaman online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi M-Bangking, sedangkan offline dengan mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Ingin coba layanan mana nih?

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan