Cara Tukar Barang di Shopee Lewat Aplikasi dan Website, Mudah!

Sebagai salah satu platform jual beli online, Shopee memang amat dikenal umum. Platform ini memiliki banyak fitur pendukung yang menguntungkan para penggunanya. Salah satunya adalah cara tukar barang di Shopee yang bisa memperlancar transaksi.

Pada platform ini, penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi secara aman dan terjamin. Produk yang tersedia amat beragam dan dengan harga yang bersaing. Perusahaan yang berbasis di Singapura sejak tahun 2009 ini memang memiliki banyak fitur dan keunggulan bagi para penggunanya.

Namun terkadang transaksi bisa mengalami kendala, seperti barang yang tidak sesuai pesanan atau diterima dalam keadaan rusak. Untungnya Shopee memiliki layanan tukar barang hingga pengembalian dana agar transaksi bisa terselesaikan dengan baik.

Hal-Hal Perhatian Sebelum Tukar Barang

Meskipun memberikan kesempatan tukar barang atau bahkan pembatalan, tetap ada prosedur yang harus diikuti untuk kenyamanan semua pihak. Jadi perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum mengajukan dan melaksanakan langkah cara tukar barang di Shopee:

  • Transaksi belum ditutup dengan menekan tombol “Pesanan Diterima”
  • Alasan yang diberikan termasuk dalam cakupan yang diatur oleh Shopee dan memiliki bukti foto atas kondisi barang yang diterima.
  • Pengajuan penukaran atau pengembalian barang karena rusak atau tidak sesuai dengan pesanan
  • Penjual berhak menolak pengembalian barang jika alasan pembeli tidak kuat. Contohnya karena pembeli berubah pikiran.
  • Proses pengembalian barang harus atas persetujuan penjual
  • Durasi pengembalian barang masih dalam masa garansi Shopee
  • Dana akan dikembalikan dalam bentuk ShopeePay atau sesuai metode pembayaran awal.
  • Opsi pengembalian barang akan diblokir jika pembeli mengajukan 5 (lima) kali pengembalian barang untuk nomor resi yang sama.

Sistem pembelian barang di platform e-Commerce seperti Shopee dan lainnya yang sejenis memiliki prosedur penerimaan barang. Jika tombol “Pesanan Diterima” sudah ditekan, maka itu berarti pembeli menyatakan bahwa barang sudah diterima dengan baik. Dan biasanya juga akan memberikan penilaian.

Dengan begitu, Shopee akan membayarkan harga barang tersebut kepada penjualnya. Itu sebabnya, jika pembeli sudah menekan tombol pesanan diterima, maka pembeli tidak bisa lagi mengajukan pengembalian barang. Termasuk juga barang yang sudah dinilai oleh pembeli.

Jadi pastikanlah untuk memeriksa dulu barang yang diterima tersebut dengan baik dan teliti. Setelah semuanya baik barulah menekan tombol “Pesanan Diterima”.

Hal-Hal Perhatian Khusus COD Shopee Xpress

Salah satu cara pembayaran yang disediakan oleh Shopee adalah dengan pembayaran di tempat atau COD. Sehingga penerimaan dan pemeriksaan barang bisa dilakukan di hadapan kurir yang mengantarkannya. Namun hanya berlaku untuk sistem Shopee Xpress. Berikut ini adalah prosedurnya:

  • Pemeriksaan barang dilakukan di depan kurir tanpa merusak kemasan dalam.
  • Jika barang yang diterima memang tidak sesuai dengan pesanan atau dalam keadaan rusak atau cacat, maka barang bisa dikembalikan.
  • Kurir akan mengemas ulang barang tersebut untuk dikirimkan kembali ke penjual

Namun, mohon perhatikan hal-hal berikut yang berkaitan dengan kebijakan Shopee untuk pengiriman COD, seperti berikut:

  • Akses pembelian COD bisa diblokir jika pembeli dua kali menolak barang dalam periode 60 hari setelah penolakan kedua.
  • Blokir 60 hari juga dikenakan jika dalam 60 hari terakhir pembeli merusak kemasan dalam atau kemasan produk atau produk tersebut.

Shopee Xpress adalah layanan pengiriman dan kurir yang dilakukan langsung oleh Shopee, bukan oleh penjual. Sehingga bisa memberikan layanan instan di mana barang bisa sampai dalam 3 jam. Namun ada persyaratan dan ketentuan yang harus dipertimbangkan.

Cara Tukar Barang di Shopee

Shopee memiliki prosedur yang mudah diikuti untuk melakukan penukaran barang. Tentunya setelah alasan penukaran diterima oleh penjual dan dilengkapi bukti yang otentik untuk mendukung alasan penukaran tersebut. Lakukan langkah berikut untuk mengajukan proses penukaran barang:

1. Melalui Aplikasi Shopee

Cara pertama adalah mengajukan penukaran barang melalui aplikasi Shopee yang terpasang di perangkat. Ikuti langkah mudahnya berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi lalu ketuk menu “Saya” lalu pilih opsi “Dikirim”
  • Temukan pesanan yang barangnya akan ditukar lalu ketuk opsi “Ajukan Pengembalian”
  • Pilih “Alasan Pengajuan” lalu ketuk opsi “Selanjutnya”
  • Dari daftar pilihan tentukan alasan penukaran kemudian pilih “Konfirmasi”
  • Isi “Deskripsi” jika ada atau ingin memperjelas
  • Unggah (upload) foto barang yang bermasalah tersebut lalu ketuk opsi “Kirim”

2. Melalui Situs Web Shopee

Cara kedua ini bisa dilakukan melalui situs web Shopee yang bisa diakses dari laptop atau PC. Langkah pengajuannya juga sama seperti pengajuan melalui aplikasi yang sudah dijelaskan di atas.

Proses Pengembalian Barang

Setelah pengajuan dikirimkan seperti di atas, proses dari cara tukar barang di Shopee tersebut akan membutuhkan waktu beberapa hari. Karena pengajuan tersebut harus ditanggapi oleh penjual lebih dulu. Prosesnya adalah seperti berikut ini:

  • Khusus untuk produk Shopee Mall, penjual akan meminta pembeli untuk mengembalikan barang yang bermasalah tersebut. Instruksinya akan diberitahukan sesegera mungkin.
  • Sedangkan untuk produk Non Shopee Mall maka pembeli harus menunggu paling lambat tiga hari. Jika penjual mengizinkan pengembalian barang maka pembeli bisa mengirimkan kembali barang tersebut.
  • Namun jika penjual menolak alasan penukaran dan tidak mengizinkan pengembalian barang, maka tim dari Shopee yang akan melakukan tindak lanjutnya.

Jika penjual mengizinkan pengembalian barang, maka pembeli umumnya akan mendapatkan masa garansi tiga hari untuk mengirimkan kembali barang tersebut. Segera bungkus rapi barang tersebut dan kirimkan lewat J&T agar bebas ongkir karena bebannya akan ditanggung oleh Shopee.

Pengiriman kembali bisa menggunakan kurir lainnya namun biayanya akan menjadi tanggungan dari pembeli. Jadi jika ingin bebas ongkos kirim, lakukan pengembalian melalui J&T saja.

Dana pembelian akan diproses begitu barang sudah diterima kembali oleh penjual. Dana akan dikembalikan dalam bentuk ShopeePay atau disesuaikan dengan cara pembayaran awal. Lama prosesnya adalah sekitar 3-5 hari khusus produk Shopee Mall dan sekitar 7 hari untuk produk Non Shopee Mall.

Alasan Penukaran Barang dan Solusinya

Untuk memperjelas dan menegaskan kembali, berikut ini adalah alasan yang dapat diterima Shopee saat terjadi pengajuan pengembalian atau penukaran barang:

  • Pesanan datang tapi tidak lengkap atau kosong
  • Produk tidak sesuai karena beda ukuran, warna atau produk tidak seperti pesanan
  • Terlihat ada cacat atau kerusakan pada produk yang diterima sehingga tidak berfungsi baik
  • Bukan produk orisinal seperti pesanan
  • Pesanan bahkan tidak datang sama sekali. Ini bisa dalam bentuk barang atau produk digital seperti pulsa, kuota, dan sejenisnya.

Solusi yang diberikan oleh Shopee untuk mengatasi keluhan di atas adalah:

  • Pengembalian barang dan dana
  • Pengembalian dana tanpa mengembalikan barang. Bisa pengembalian dana penuh atau sebagian.

Namun pengembalian baru bisa dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari penjual. Jangan mengirimkan kembali barang tersebut tanpa persetujuan. Agar tidak terjadi masalah dalam proses pengajuannya.

Penutup

Cara tukar barang di Shopee bisa dilakukan dengan mudah asalkan memiliki alasan yang kuat serta lengkap dengan bukti foto sebagai pendukung. Namun pastikanlah bahwa alasan tersebut sesuai ketentuan Shopee dan mengikuti prosedur yang sudah ditentukan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan