Cara Unreg Kartu 3 yang Sudah Hangus atau Tidak Aktif Mudah

Mello.id – Ada banyak cara unreg kartu operator seluler yang bisa dilakukan para penggunanya. Nah ini juga termasuk kamu yang menggunakan kartu 3. Berikut beragam cara unreg kartu 3 dengan cepat dan anti ribet.

Pengetahuan akan cara unreg kartu seluler berkaitan dengan peraturan dari pemerintah yang membatasi kepemilikan nomor ponsel. Dalam hal ini, setiap orang hanya diperbolehkan untuk maksimal mendaftarkan tiga nomor HP menggunakan satu nomor Kartu Keluarga (KK) saja. Aturan tersebut diketahui sudah diberlakukan oleh Kementerian Komunikasi Informasi (Kominfo) sejak lama.

Tapi bagaimana jika kita punya nomor baru tetapi sudah mencapai batas maksimal dari perekaman nomor HP? Apakah kita sudah tidak punya kesempatan untuk mendaftarkan nomor baru? Lalu bagaimana jika nomor yang lama hilang? Adakah cara untuk melakukan perekamannya agar nomor pengganti bisa digunakan?

Mengenai masalah tersebut, jangan khawatir. Nyatanya, ketakutan untuk tidak bisa registrasi tidaklah benar-benar terjadi. Sebab, pemerintah juga memberikan kesempatan pada semua pemilik nomor HP untuk melakukan unregistrasi pada nomor lama. Dengan begitu, Kartu Keluarga masih bisa digunakan beberapa kali agar dapat mendaftarkan kartu seluler yang baru.

Unregistrasi nomor HP ini juga tentunya berlaku pada para pengguna kartu seluler 3, apalagi 3 merupakan salah satu operator kartu seluler di Indonesia. Sayangnya ternyata masih banyak loh yang belum tahu cara unreg kartu 3. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dipakai. Simak informasinya di bawah ini!

Deretan Cara Unreg Kartu 3

Melakukan unregistrasi kartu 3 bukanlah hal yang sulit. Caranya bahkan beragam untuk memberikan alternatif pada para pemilik kartu 3 bila satu cara tidak berhasil dilakukan. Diketahui cara unreg kartu 3 bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS hingga mengunjungi gerai pusat pelayanannya. Bahkan, nomor yang hilang juga bisa dilakukan unregistrasi.

Via SMS

Cara unreg kartu 3 yang bisa digunakan di deretan pertama adalah pakai SMS. Meskipun SMS kini sudah jarang dilakukan olah banyak orang, tetapi pihak 3 masih tetap menyediakan cara tersebut untuk melakukan unreg kartu 3.

Dalam melakukannya, pastikan kamu sudah memiliki pulsa regular. Sebab, SMS memang masih akan mengenakan biaya pengiriman suatu pesan. Jika kamu tidak memiliki pulsa, kamu tidak bisa melakukan cara unreg kartu 3 yang satu ini, meskipun metodenya cukup mudah dan cepat.

Tapi memangnya seperti apa cara unreg kartu 3 via SMS? Nah berikut langkah yang bisa diikuti selengkapnya. Pastikan untuk menyiapkan kartu KK dan KTP untuk mengisi data yang dibutuhkan.

  • Buka aplikasi pesan pada perangkat HP
  • Klik ikon + (tambah) untuk membuat pesan baru
  • Tulis pesan dengan format UNREG#NIK# (Contoh: UNREG#3467534709709912)
  • Kirimkan SMS ke nomor 4444
  • Tunggu balasan dari operator mengenai pengajuan unregistrasi nomor HP. Jika sudah terkonfirmasi, maka artinya kamu sudah berhasil menonaktifkan nomor lama dengan NIK yang sama.

Melalui Website

Selain SMS, kamu juga bisa melakukan unregistrasi kartu melalui website resmi 3. Cara ini juga tidak kalah mudah bagi para pengguna kartu seluler 3. Terlebih, metode ini tidak akan membutuhkan pulsa untuk melakukannya. Berikut detail selengkapnya.

  • Buka aplikasi browser di HP
  • Ketik unreg kartu Tri (3)
  • Kunjungi website registrasi Tri
  • Isi nomor HP yang masih aktif
  • Lengkap nomor NIK di kolom yang sudah tersedia
  • Klik opsi Minta Kode Rahasia untuk mendapatkan SMS berisikan OTP
  • Input kode yang sudah dikirimkan
  • Centang tulisan I’m not a robot kemudian klik opsi Kirim
  • Tunggu beberapa saat sampai dapat konfirmasi perihal penonaktifan kartu 3

Cara Unreg Kartu 3 Lewat Service Center

Informasi mengenai cara unreg kartu 3 juga bisa dilakukan melalui service center. Pada beberapa kebutuhan, kamu memang terkadang perlu mengunjungi pusat pelayanan agar bisa mendapatkan penanganan akan kendala dari masalah yang dihadapi. Terlebih, penanganan teknis tersebut akan terjamin karena dilakukan oleh pihak resmi 3.

Untuk melakukan unreg kartu 3, pastikan untuk membawa KTP juga Kartu Keluarga (KK), serta nomor yang akan dinonaktifkan. Ini berguna bagi pihak resmi melakukan verifikasi terhadap pengguna.

Apabila sudah memilikinya, maka silakan mengunjungi Grapari Tri dan meminta bantuan customer service dalam melakukan unreg kartu. Setelahnya, kamu pun bisa kembali meregistrasi nomor baru dengan identitas yang sama seperti nomor sebelumnya.

Via Layanan 3Care

Layanan ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara unreg kartu 3 dengan mudah. Cara pembatalan registrasi ini akan sangat cocok bagi kamu yang tidak sempat mendatangi gerai Tri untuk meminta bantuan customer service secara langsung dengan bertatap muka.

Lewat cara ini, kamu hanya perlu menghubungi layanan call center dari kartu operator Tri. Nomornya ada di 0896-44000-123. Pastikan untuk menyiapkan pulsa regular karena layanan ini akan dikenakan biaya pulsa alias berbayar.

Setelah tersambung, kamu bisa meminta bantuan customer service untuk melakukan nonaktif katu selule Ti. Biasanya ini bisa dilakukan pada nomor yang hilang. Nantinya pihak 3 akan membantu masalahmu dengan cepat sampai pemblokiran atau menonaktifan kartu sudah selesai.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi pihak 3 lewat beberapa cara berikut ini:

  • Lewat telepon di nomor 132 (akan memungut biaya per panggilan) atau menghubungi nomor yang sudah disebutkan sebelumnya
  • Mengirimkan email di alamat 3Care@three.co.id
  • Menghubungi WA resmi di nomor 08999-800-123.

Cara Unreg Kartu 3 yang Sudah Hangus atau Tidak Aktif

Sebagian dari kamu mungkin penasaran terkait dengan nomor yang sudah hangus atau tidak aktif, apakah masih perlu melakukan unreg atau tidak kan? Nah ternyata kamu tidak perlu lagi melakukan pembatalan registrasi. Ini karena biasanya nomor  yang sudah hangus akan otomatis terhapus dari database pemerintah.

Namun jika kamu masih ragu dan ingin mengetahui cara unreg kartu 3 yang tidak aktif, maka kamu bisa menghubungi pihak call center kartu operator Tri untuk mengonfimasi cara tersebut.

Sementara cara unreg kartu 3 tanpa nik atau lupa NIK tidak bisa dilakukan. Sebab, melakukan pembatalan registrasi memang membutuhkan data tersebut.

Akhir Kata

Proses terkait cara unreg kartu 3 tidaklah sulit. Pengguna kartu operator ini bisa dengan mudah dalam membatalkan registrasi pada nomor ponsel yang pernah didaftarkan sebelumnya. Umumnya, pembatalan ini dilakukan agar kamu bisa mendaftarkan nomor HP yang baru dengan nomor NIK dan KK yang sama.

Cukup mengikuti tutorial yang sudah disebutkan, kamu sudah bisa menarik pendaftaran nomor operator 3 yang lama. Tergolong mudah kan? Semoga bisa membantu dan selamat mencoba berbagai cara menonaktifkan kartu seluler 3!

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan