Cari Contoh Nota Laundry, Edit Saja File Berikut!

    Sekarang ini beberapa pengusaha mulai menggunakan nota digital, yang mana dapat dikirim melalui Email, WhatsApp, dll. Jika tidak demikian, minimal mereka menggunakan nota yang diprint, bukan yang sekadar ditulis menggunakan pulpen saja. Salah satu contoh usaha yang memerlukan nota ini adalah jasa laundry.

    Nota untuk jasa laundry

    Sekarang ini jasa laundry menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Terutama di perkotaan, yang mana banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengerjakan cucian pakaian mereka. Lebih-lebih jika memiliki tempat tinggal yang disekitarnya merupakan indekos dan perumahan. Lokasi tersebut sangat strategis untuk bisnis ini dan kebanyakan penghuni di lingkungan tersebut biasanya membutuhkannya.

    Jika Kamu memiliki ketertarikan pada usaha ini, maka beberapa perlengkapan laundry diperlukan, salah satunya adalah nota. Nota laundry penting untuk menghindari macam-macam masalah yang mungkin bisa terjadi.

    Nota dapat ditujukan untuk pencatatan, seperti jumlah pakaian, berat pakaian, harga, dll dari pelanggan. Lalu dijadikan sebagai bukti transaksi kepada pelanggan, yang mana dapat digunakan pelanggan ketika mengambil pakaiannya dan melakukan pembayaran.

    Lalu nota juga diperlukan untuk pencatatan penjuaalan, yakni mempermudah pelacakan riwayat transaksi dan kalkulasi hasil usaha laundry.

    Informasi pada nota

    Beberapa contoh informasi yang bisa disertakan pada nota laundry adalah berikut ini.

    1. Nama laundry, bagian yang berisi nama usaha yang digunakan.

    2. Nama pelanggan, atas nama yang diperlukan biar tidak keliru dengan pelanggan lainnya.

    3. Tanggal masuk, tanggal ketika pelanggan menyerahkan pakaian.

    4. Tanggal selesai, tanggal untuk kapan selesainya pakaian.

    5. Alamat dan nomor telepon, nomor telepon dimasukkan biar pelanggan mudah untuk menghubungi, sedangkan untuk alamat bisa sebagai pelangkap saja.

    6. Jenis layanan, beberapa jasa laundry biasanya terdapat beberapa jenis layanan seperti cuci basah, cuci kering, cuci setrika, dll.

    7. Jumlah atau berat pakaian, dibuat berdasarkan sistem yang digunakan, per jumlah satuan atau per kiloan.

    8. Jenis pakaian, beberapa jasa laundry mungkin perlu menuliskan jenis pakaian.

    9. Harga satuan atau kiloan, dibuat berdasarkan sistem dan tarif yang ditentukan.

    10. Total harga, semua harga yang perlu ditagihkan kepada pelanggan.

    11. Keterangan, bagian yang berisi mengenai cara komplain, cara pengembalian, dll.

    Ukuran nota laundry

    Salah satu ukuran nota laundry yang banyak digunakan adalah 16,5 cm x 10,5 cm / 165 mm x 105 mm. Namun ukuran nota bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan saja.

    Kertas nota laundry

    Nota laundry biasa diprint menggunakan jenis kertas yang memiliki rangkap, contoh yang biasa digunakan adalah Kertas Doorslag dan NCR. Sekarang ini kebanyakan orang menggunakan NCR daripada Doorslag. Alasannya karena NCR bisa langsung menembuskan tulisan ke kertas rangkap di bawahnya, sementara Doorslag perlu disisipkan karbon. Meski demikian, terdapat juga beberapa orang yang lebih memilih Doorslag karena harganya lebih murah.

    Jika perlu, nota laundry juga bisa diprint dengan penomoran otomatis. Jika Kamu memiliki vendor percetakan langganan, bisa menanyakan kepada mereka apakah menyediakan jasa penomoran otomatis tersebut.

    Download contoh nota laundry gratis

    Berikut contoh nota yang bisa diedit untuk keperluan usaha laundry. Nota berikut memiliki format file PDF dan bisa diedit lewat software desain grafis, seperti Adobe Illustrator dan CorelDRAW.

    Contoh Nota Laundry 2

    Download Desain Nota Laundry PDF