Dafta Tabel Perkalian 1-100 Lengkap PDF dan Cara Mudah Belajar

Bagi sebagian anak, perkalian sering dianggap sebagai materi yang sulit dihafalkan. Sayangnya, ini tidak boleh dibiarkan karena Matematika banyak melibatkan perkalian. Oleh karena itu, kamu bisa download tabel perkalian 1 – 100 lalu mencetaknya sendiri di rumah.

Selain bisa dengan mendownload, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya sangat mudah. Kamu bisa menulisnya dengan tangan atau membuatnya dengan menggunakan PC atau laptop. Tinggal pilih saja cara yang paling kamu sukai.

Harapannya, dengan menempelkan gambar tabel perkalian 1 – 100 di rumah, anak tidak lagi menganggap bahwa perkalian itu sulit. Bahkan, kamu bisa menuntun anak agar bisa menghafalkannya secara pelan-pelan.

Isi Tabel Perkalian 1 – 100 

Kumpulan Contoh Tabel Perkalian 1 – 100

Tabel perkalian 1 sampai 100 itu sangat banyak contoh desainnya. Ada yang modelnya biasa saja, ada yang terdiri atas banyak warna, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan gambar-gambar lucu. Tentunya, tabel perkalian yang lucu seperti ini akan membuat anak-anak menjadi lebih tertarik.

Berikut beberapa contoh tabel perkalian 1 – 100 lengkap yang bisa kamu simak.

Desain 1

Desain 2

Desain 3

Desain 4

Cara Membuat Tabel Perkalian 1 Sampai 100

Seperti yang sudah disampaikan, tabel perkalian 1 – 100 itu bisa dibuat sendiri di rumah. Cara pembuatannya sangat mudah bisa dengan memanfaatkan laptop maupun PC. Atau kalau tidak ada, bisa dengan memanfaatkan kertas karton.

Pastinya, dalam proses pembuatan daftar perkalian 1 sampai 100 ini, kamu bisa melibatkan anak supaya mereka lebih antusias lagi untuk menghafalkannya. Nah, kalau soal cara pembuatan daftar perkalian dengan kertas karton ini langkah-langkahnya sebagai berikut:

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  1. Kertas karton yang ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Warnanya juga bisa disesuaikan dengan favorit anak
  2. Alat tulis yang terdiri atas pensil, penghapus, penggaris dan spidol
  3. Alat untuk mewarnai seperti spidol warna, pensil warna maupun krayon
  4. Kertas hiasan serta stiker yang nantinya bisa digunakan untuk menghias tabel perkalian

Langkah-Langkah Pembuatan

  1. Bentangkan kertas karton yang sudah disiapkan tadi. Usahakan untuk membentangkan kertas ini di permukaan yang rata supaya lebih mudah menulis dan menggambarnya
  2. Gunakan pensil serta penggaris lalu buat persegi panjang. Ukuran persegi panjang yang dibuat bisa disesuakan dengan ukuran kertas karton. Persegi panjang ini nanti akan menjadi pembatas kolom perkalian 1 – 100, jadi pastikan untuk menempatkan persegi panjang ini di tengah-tengah kertas supaya tampak rapi
  3. Persegi panjang yang sudah dibuat bisa dibagi menjadi 11 baris horizontal dan 11 baris vertikal. Usahakan untuk menggunakan penggaris lagi supaya garis-gari yang baru diciptakan lurus dan rapi
  4. Kalau sudah, tulis angka 1 sampai dengan angka 10 secara horizontal di baris pertama, tetapi mulai dari kotak kedua hingga kotak terakhir
  5. Selanjutnya,  tulis angka 1 sampai dengan angka 10 secara vertikal di kolom pertama, tetapi mulai dari kotak kedua hingga kotak paling bawah
  6. Pada baris kedua, tulis angka 1 sampai dengan angka 10 secara horizontal di kotak-kotak yang tersedia dan sebenarnya ini adalah hasil perkalian
  7. Pada bagian tengah-tengah persegi panjang, kamu bisa menulis angka 1, angka 4, angka 9, angka 16, angka 25, angka 36, angka 49, angka 64 dan angka 82 serta angka 100 secara diagonal. Kamu bisa menyesuaikan posisi angka-angka ini pada perkalian di angka yang sama
  8. Selanjutnya kamu bisa mengisi kotak-kotak yang masih kosong dengan hasil perkalian dan cara mengisinya ialah disesuaikan dengan angka yang dikalikan. Contoh pada kotak yang menjadi pertemuan angka 3 dan angka 2, kamu bisa menulis angka 6, begitu seterusnya
  9. Pastikan semua kotak sudah diisi dengan angka yang benar dan setelah itu kamu hanya perlu menebalkan garis serta tulisan yang sudah dibuat. Manfaatkan spidol dalam hal ini sehingga angka dan garis tersebut bisa terlihat lebih jelas
  10. Kalau sudah, sebaiknya tunggu sejenak sampai tinta spidol ini mengering supaya tinta tidak meluber ke mana-mana pada saat kotak-kotak diwarnai
  11. Setelah garis dan angka dipertebal semuanya, kamu bisa mulai mewarnai tabel. Sekedar saran saja, gunakan warna yang cerah agar tabel perkalian Matematika 1 – 100 ini terlihat lebih menyenangkan. Tetapi soal pemilihan warna ini tetap bisa disesuaikan dengan selera
  12. Setelah selesai memberi warna, selanjutnya kamu bisa memberikan judul pada tabel perkalian ini sekaligus memberikan hiasan supaya tampilannya menjadi lebih menarik lagi.

Bisa dimengerti bukan langkah-langkah pembuatan tabel perkalian 1 – 100 di atas? Nantinya, langkah-langkah ini akan menghasilkan tabel yang desainnya seperti desain 2 pada contoh sebelumnya.

Manfaat yang Didapat dari Membuat Tabel Perkalian

Menyediakan tabel perkalian sendiri di rumah tentunya akan memberikan manfaat yang besar bagi anak. Karena, tabel ini bisa dijadikan sebagai alat peraga untuk anak. Lebih lanjut tentang manfaat membuat tabel perkalian untuk anak kurang lebih sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kreativitas Anak

Sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dipaparkan di atas, setelah tabel perkalian selesai di buat, kamu bisa mengajak anak untuk menghiasnya. Aktifitas menghias tabel seperti ini tentunya akan menjadi sarana anak berkreasi.

Dengan kegiatan ini, anak bisa menentukan tampilan apa yang dia harapkan dari tabel tersebut sekaligus mewujudkannya melalui hiasan serta warna-warna yang dipilihnya. Tentunya dalam hal ini warna dan hiasan yang disediakan sebaiknya tidak hanya satu macam, tetapi bermacam-macam.

Dengan demikian, anak bisa lebih mudah sekaligus terlatih untuk lebih peka dalam membuat karya seni tertentu. Kamu hanya perlu mengarahkannya saja dan memberikan masukan pada anak, jangan mendiktenya.

2. Menghilangkan Anggapan Bahwa Matematika Itu Sulit

Selama ini memang Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan bahkan menakutkan. Kalau tabel perkalian ini dibuat dengan tampilan yang cerah, menarik, apalagi anak-anak ikut dilibatkan dalam proses pembuatannya, ini akan mengurangi anggapan tersebut.

3. Mempererat Hubungan dengan Anak

Lagi-lagi kalau kamu membuat tabel perkalian dengan melibatkan anak, ini bisa mendekatkan hubungan kamu dengan mereka. Bahkan meskipun kamu adalah seorang guru, aktivitas ini bisa menjadi salah satu sarana yang akan membuat kamu lebih dekat dengan mereka.

Alasannya adalah kamu dan anak akan saling bekerjasama membuat tabel perkalian, dan ke depannya kalian bisa menggunakannya bersama-sama.

4. Mempermudah Anak Dalam Menghafalkan Perkalian

Manfaat lain dari membuat tabel ini sendiri ialah mempermudah anak untuk menghafalkannya. Karena sambil menulis, kamu bisa sekalian memberitahu cara kerja atau cara baca tabel perkalian tersebut. Apalagi kalau kamu menyerahkan sepenuhnya urusan mewarnai pada anak.

Mereka bisa melihat kotak yang akan diwarna berisi angka apa dan merupakan hasil perkalian angka apa saja. Tabel perkalian yang dibuat sangat cantik dan colourful tetunya juga bisa membuat anak lebih mudah menemukan jawaban atas perkalian yang sudah dicarinya.

Tips Mengajarkan Perkalian Pada Anak Agar Lekas Hafal

Mengajarkan perkalian pada anak pastinya sangat mudah. Tetapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa mengajarkan materi apapun pada anak harus esktra sabar, dan kamu juga perlu ingat anak-anak kadang tidak bisa berkonsentrasi dalam waktu lama.

Oleh karena itu, pastikan kamu membimbing anak menghafalkan perkalian ini secara perlahan. Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengajarkan anak tentang perkalian ini sebagai berikut:

1. Mulailah dari Angka yang Mudah

Agar anak tidak menganggap Matematika dan perkalian itu sulit, maka kamu harus mengajarinya dari angka yang mudah dulu. Contohnya dari angka 1, mulai dari angka 1 x 1 = 1 sampai dengan angka 1 x 10 = 10. Secara bertahap, nanti kamu bisa mengenalkan perkalian angka yang lainnya.

2. Mengulangnya Setiap Hari

Namanya juga menghafal, otomatis kamu harus telaten mengajari dan mengulang perkalian ini setiap hari. Sisipkan saja dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak, misalnya saat bermain. Nantinya, anak akan menghafalnya sendiri di luar kepala.

3. Menggunakan Flash Card

Kamu bisa membimbing anak agar hafal dengan perkalian menggunakan flash card. Ini adalah kartu khusus yang memang bisa dipakai belajar perkalian. Coba deh beli salah satu kartu itu.

4. Mengerjakan Latihan Soal

Agar semakin hafal, kamu bisa mengajak anak untuk mengerjakan latihan soal. Mengerjakan soal seperti ini tentunya tidak cukup dengan satu kali, tetapi harus berkali-kali. Tidak ada salahnya juga kalau kamu membiasakan hal ini pada anak selama 10 atau 20 menit dalam sehari.

Bisa juga dengan kamu download tabel perkalian 1 – 100 kosong. Nanti kamu bisa meminta anak untuk mengerjakan perkalian yang paling diingatnya terlebih dahulu.

5. Menghafal dengan Games

Sudah tahu kan kalau sekarang ini sudah ada game yang temanya tentang perkalian dan bisa diunduh secara gratis di Android? Game ini memang sengaja dirancang oleh developer guna membantu anak supaya lebih mudah belajarnya.

Tentunya, tidak ada ketentuan usia soal siapa yang boleh memainkan game ini. Jadi, kamu pun bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Fungsi Tabel Perkalian Secara Umum

Agar anak bisa lebih mudah menerima perkalian dan semangat dalam menghafalkannya, kamu bisa menjelaskan fungsi perkalian kepada mereka. Beberapa fungsi perkalian yang bisa kamu sampaikan adalah sebagai berikut.

1. Membantu Menyelesaikan Soal Matematika

Seperti yang sudah diketahui, ada banyak soal Matematika yang melibatkan perkalian di dalamnya. Hal ini membuat perkalian menjadi materi yang wajib dikuasai bahkan dihafalkan di luar kepala. Karena dengan begini, anak bisa menyelesaikan soal Matematika yang dihadapinya dengan lebih mudah.

Kalaupun masih belum hafal, anak bisa melihat kembali tabel perkalian yang sudah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum anak benar-benar hafal perkalian di luar kepala, kamu sebaiknya menempatkan tabel perkalian ini di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat oleh anak.

2. Membantu Memahami Matematika dengan Lebih Mudah

Karena soal Matematika sering melibatkan perkalian, tentunya dengan menghafal dan mengerti perkalian akan membuat anak bisa memahami Matematika lebih mudah. Lagi-lagi ini akan mengusir anggapan bahwa Matematika itu adalah pelajaran yang sulit diterima.

Dengan menghafalkan perkalian di luar kepala, Matematika yang lainnya juga akan menjadi lebih gampang dipahami. Selain itu, Matematika juga sebenarnya merupakan pelajaran yang menyenangkan. Alasannya adalah karena Matematik juga memerlukan logika dalam upaya memecahkan soalnya.

Bagaimana, sudah siap untuk membimbing anak mengenal dan menghafalkan perkalian? Sekali lagi, kamu bisa memilih apakah akan menggunakan tabel perkalian 1 – 100 yang saat ini banyak tersedia di internet kemudian mencetaknya atau membuatnya sendiri dengan melibatkan anak.

Cara yang manapun yang dipilih, pastikan kamu mengingat kunci sukses mengajarkan perkalian, yaitu sabar, telaten dan berulang.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan