Daftar 25 Nama Nabi Dan Kisahnya

Mukjizat Para Nabi – Dalam agama Islam, “nabi” dan “rasul” adalah dua istilah yang berbeda namun seringkali digunakan secara bergantian. Kedua istilah tersebut merujuk pada orang yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan kalam-Nya kepada umat manusia.

Nabi adalah orang yang diberikan wahyu dan tugas untuk menyampaikan pesan Allah kepada umatnya, ia tidak diwajibkan untuk menyampaikan dakwah kepada umat manusia secara langsung. Hanya saja pesan dakwah untuk dirinya sendiri atau juga bisa disampaikan melalui para pemimpin atau ulama setempat.

Sedangkan Rasul adalah orang yang juga diberikan wahyu dan tugas untuk menyampaikan pesan Allah kepada umat manusia, akan tetapi memiliki tugas yang lebih berat daripada seorang nabi.

Rasul diwajibkan untuk menyampaikan pesan Allah secara langsung kepada umat manusia, dan memiliki tugas untuk menetapkan suatu ajaran baru yang diturunkan oleh Allah.

Mukjizat 25 Nabi Dan Rosul

Setiap nabi dan Rosul yang diutus oleh Allah diberikan mukjizat sebagai bukti kebenaran kerasulannya. Mukjizat tersebut adalah suatu kejadian atau peristiwa yang luar biasa dan diluar kemampuan manusia biasa. Sehingga menjadi bukti yang tak terbantahkan tentang kebenaran kerasulannya.

Seperti beberapa contoh yang dikisahkan yakni Nabi Musa diberikan mukjizat berupa tongkat yang bisa berubah menjadi ular, kemampuan untuk membelah lautan dan mengeluarkan air dari bebatuan.

Nabi Isa diberikan mukjizat berupa menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan orang yang telah meninggal. Nabi Muhammad SAW diberikan mukjizat berupa Al-Quran yang menjadi mukjizat terbesar jika dibandingkan dengan seluruh mukjizat para nabi dan rosul lainnya.

Akan tetapi sangat penting untuk diingat bahwa mukjizat bukanlah tujuan utama kerasulan para nabi, melainkan sebagai sarana untuk membantu perjalanan dakwah. Sehingga kaumnya mengakui kebenaran ajaran-ajaran agama yang disampaikan oleh para nabi tersebut.

Untuk lebih jelasnya penulis akan menyampaikan terkait mukjizat para Nabi dan Rosul secara rinci hanya di Mello.id

Nabi Adam a.s.

Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Agama Islam mengajarkan bahwa nabi Adam dianggap sebagai nabi dan rasul pertama yang diutus oleh Allah untuk membawa ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia.

Mukjizat Nabi Adam a.s

Beberapa mukjizat Nabi Adam adalah diciptakannya dirinya secara langsung oleh Allah tanpa melalui proses kelahiran dari ibu. Selain itu, Nabi Adam juga diberikan pengetahuan yang luas tentang segala sesuatu, termasuk bahasa-bahasa dan nama-nama makhluk yang diciptakan oleh Allah.

Nabi Idris a.s.

Nabi Idris adalah salah satu nabi dan Rosul yang dimuliakan dan wajib diimani dalam agama Islam. Dalam kisahnya Nabi Idris dianggap sebagai manusia pertama yang dapat menulis dengan pena dan mempelajari ilmu pengetahuan.

Mukjizat Nabi Idris a.s.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Idris adalah kebijaksanaan dan pengetahuan yang luas tentang segala sesuatu. Beliau juga dianggap memiliki keahlian dalam membuat peralatan seperti baju besi, senjata dan alat pertanian.

Nabi Nuh a.s.

Nabi Nuh adalah salah satu nabi 25 nabi dan rosul dalam agama Islam yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia.

Didalam Al-Quran, dijelaskan bahwa Nabi Nuh telah berdakwah selama 950 tahun dan mengajak umat manusia untuk kembali kepada Allah dan meninggalkan perbuatan dosa. Akan tetapi hanya sedikit orang yang mempercayai ajaran beliau dan mayoritas tetap dalam kekafiran dan kedurhakaan.

Dari hal itulah Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membangun sebuah perahu dan menyelamatkan keluarga dan hewan-hewan terpilih dari banjir besar yang akan diturunkan-Nya. Nabi Nuh kemudian mematuhi perintah tersebut dan berhasil menyelamatkan dirinya, keluarganya, dan berbagai jenis hewan dari banjir besar tersebut.

Nabi Nuh juga termasuk salah satu dari para nabi dan Rosul yang mendapatkan mukjizat para nabi dan rasul ulul azmi

Mukjizat Nabi Nuh a.s.

Salah satu mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Nuh adalah pembuatan perahu besar yang mampu menampung keluarga Nabi Nuh dan berbagai jenis hewan untuk menyelamatkan mereka dari banjir besar yang diturunkan oleh Allah.

Selain itu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Nuh adalah kemampuan untuk berbicara dengan para hewan yang diikutkan dalam perahu tersebut. Hal ini memudahkan Nabi Nuh dalam merawat dan memelihara hewan-hewan tersebut selama dalam perjalanan.

Nabi Hud a.s.

Nabi Hud adalah salah satu dari 25 nabi rosul dalam agama Islam yang wajib diimani, ia diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia.

Nabi Hud diutus untuk menyampaikan ajaran tauhid yaitu kepercayaan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang patut disembah.

Mukjizat Nabi Hud a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Hud adalah kemampuan untuk membangun sebuah kota yang sangat indah dan megah yang dikenal dengan nama Ad. Kota ini memiliki bangunan-bangunan yang tinggi dan mewah, serta dipenuhi dengan berbagai macam kemewahan.

Pada riwayat lainnya disebutkan bahwa Nabi Hud memiliki kemampuan untuk membuat sebuah sumur yang mampu mengalirkan air bersih dan subur ke seluruh wilayah Ad sehingga penduduknya menjadi makmur dan sejahtera.

Akan tetapi sangat disayangkan para penduduk kota Ad tidak mau mengikuti ajaran Nabi Hud dan tetap dalam kekafiran dan kedurhakaan. Oleh karena itu, Allah SWT mengirimkan bencana angin yang sangat kencang dan dahsyat yang mampu menghancurkan seluruh kota Ad dan penduduknya yang durhaka.

Nabi Saleh a.s.

Nabi Saleh adalah salah satu dari 25 nabi dan Rosul dalam agama Islam yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan-pesan tentang kebaikan kepada umat manusia. Selain itu Nabi Saleh diutus untuk menyampaikan ajaran tauhid dan mengajak bangsa Tsamud untuk meninggalkan perbuatan dosa dan kembali kepada Allah SWT.

Mukjizat Nabi Saleh a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Saleh adalah kemampuan untuk membangun sebuah telaga yang sangat besar di daerah yang tandus dan gersang. Telaga ini mampu memberikan air bersih dan kemakmuran kepada penduduk Tsamud yang miskin dan kekurangan air.

Akan tetapi para penduduk Tsamud tidak mau mengikuti ajaran Nabi Saleh dan tetap dalam durhaka dan menentang. Mereka bahkan meminta Nabi Saleh untuk menunjukkan mukjizat yang lebih besar lagi untuk membuktikan bahwa dirinya adalah seorang nabi yang benar.

Maka Allah SWT mengirimkan seekor unta betina yang muncul dari batu besar dan memberikan air susu yang sangat melimpah. Nabi Saleh menyerahkan unta betina tersebut kepada penduduk Tsamud dan memperingatkan mereka untuk tidak menyakiti unta tersebut dan membagi-bagikan air susunya kepada orang yang membutuhkan.

Dalam kisah perjalanannya meskipun nabi Saleh sudah meberikan pembuktian sebagai nabi dan Rosul, para penduduk Tsamud tetap tidak mau mempercayai ajaran Nabi Saleh dan tetap dalam kedurhakaan.

Darikejadian tersebut, Allah SWT mengirimkan bencana gempa dan letusan gunung berapi yang mampu menghancurkan seluruh kota Tsamud dan penduduknya yang durhaka.

Nabi Ibrahim a.s.

Nabi Ibrahim adalah salah satu nabi dalam agama Islam yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia. Nabi Ibrahim diutus untuk mengajak manusia kembali kepada Allah SWT dan meninggalkan perbuatan dosa.

Kisah yang terkenal dari Nabi Ibrahim adalah ketika ia diuji oleh Allah SWT dengan diminta untuk mengorbankan putranya, Ismail, sebagai tanda kesetiaan dan kepatuhan kepada Allah SWT. Meskipun sangat berat hatinya, Nabi Ibrahim tetap taat kepada perintah Allah SWT dan bersedia mengorbankan putranya.

Akan tetapi dalam perjalananya Allah SWT mengirimkan seekor domba sebagai pengganti Ismail. Hal ini dijadikan sebagai tanda bahwa Nabi Ibrahim telah berhasil melewati ujian dan bahwa Allah SWT tidak menghendaki pengorbanan yang merugikan.

Nabi Ibrahim juga termasuk salah satu dari para nabi dan Rosul yang dipilih Allah  mendapatkan mukjizat para nabi dan rasul ulul azmi

Mukjizat Nabi Ibrahim a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ibrahim adalah sebagai pembangun Ka’bah, tempat suci umat Islam yang menjadi pusat arah kiblat dalam ibadah sholat.

Nabi Lut a.s.

Nabi Luth adalah salah satu nabi dalam agama Islam yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan dakwah-Nya kepada umat manusia. Nabi Luth diutus untuk mengajak bangsa Sodom dan Gomorrah untuk meninggalkan perbuatan dosa dan kembali kepada Allah SWT.

Mukjizat Nabi Lut a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Luth adalah kemampuan untuk berbicara dengan jelas dan meyakinkan saat menyampaikan pesan-pesannya kepada penduduk Sodom dan Gomorrah. Akan tetapi penduduk setempat tetap menolak ajakan Nabi Luth dan malah semakin melakukan perbuatan dosa dan maksiat.

Oleh karena itu, Allah SWT mengirimkan bencana yang dahsyat sebagai peringatan bagi penduduk Sodom dan Gomorrah. Yakni dihancurkan dengan gempa bumi yang kuat dan hujan batu api, sehingga seluruh penduduknya pun binasa.

Nabi Ismail a.s.

Nabi Ismail adalah putra Nabi Ibrahim dan siti Hajar, ia diutus oleh Allah SWT sebagai nabi dan rasul untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia.

Mukjizat Nabi Ismail a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ismail adalah ketika ia masih bayi, Allah SWT memberikan air zam-zam yang berasal dari tanah tempat kaki Nabi Ismail menginjak. Air tersebut menjadi sumber air yang segar dan bermanfaat bagi orang-orang yang tinggal di sekitar Makkah.

Nabi Ishaq a.s.

Nabi Ishaq adalah putra Nabi Ibrahim dan istrinya yang bernama Sarah, Ia diutus oleh Allah SWT sebagai nabi dan rasul untuk menyampaikan ajaran-ajaran kebaikan kepada umat manusia.

Mukjizat Nabi Ishaq a.s.

Salah satu mukjizat nabi Ishaq aadalah dianggap sebagai nabi yang saleh dan taat kepada Allah SWT. Nabi Ishaq dikenal sebagai salah satu dari tiga nabi yang disebutkan dalam doa orang tua saat melahirkan anak, yaitu “Semoga Allah memberikan keturunan yang saleh seperti Nabi Ishaq”.

Nabi Ya’kub a.s.

Nabi Ya’qub adalah putra Nabi Ishaq dan cucu Nabi Ibrahim, Ia diutus oleh Allah SWT sebagai nabi dan rasul untuk menyampaikan ajaran tauhid kepada umat manusia.

Mukjizat Nabi Ya’kub a.s.

Salah satu mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Ya’qub adalah memiliki kesabaran yang amat tinggi dan juga tawakal kepada Allah SWT. Bahkan salah satu kisah terkenal yang terkait dengan Nabi Ya’qub adalah kisah perseteruan antara anak-anaknya yang diabadikan dalam Al-Quran.

Nabi Yusuf a.s.

Nabi Yusuf adalah putra Nabi Ya’qub dan cucu Nabi Ibrahim. Ia diutus oleh Allah SWT sebagai nabi dan rasul untuk menyampaikan dakwah-Nya kepada umat manusia.

Mukjizat Nabi Yusuf a.s.

Salah satu mukjizat Nabi Yusuf yang terkenal adalah diberikannya ketampanan wajah yang sangat memukau, sehingga dikisahkan ketika ia lewat didepan para dayang yang sedang mengupas buah. Tak terasa tangan dayang tersebut tersayat pisau dan mengalir darahnya

Nabi Ayyub a.s.

Nabi Ayub adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia. Ia dikenal sebagai nabi yang paling sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah SWT.

Allah SWT mencoba kesabaran dan keimanan Nabi Ayub dengan menghilangkan harta, keluarga, dan kesehatannya. Meskipun mengalami penderitaan yang luar biasa, Nabi Ayub tetap sabar dan tawakkal kepada Allah SWT.

Mukjizat Nabi Ayyub a.s.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ayub adalah kesembuhan dari penyakit kulit yang dideritanya dan penggantian harta dan keluarga yang lebih baik.

Nabi Syuaib a.s.

Nabi Syuaib adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia. Ia dikenal sebagai nabi yang berdakwah untuk mengajarkan manusia tentang keadilan dan kesetaraan dalam berbisnis serta kepatuhan kepada Allah SWT.

Salah satu kisah terkenal yang terkait dengan Nabi Syuaib adalah kisah tentang suku Madyan yang durhaka dan melanggar hukum-hukum Allah SWT.

Nabi Syuaib diutus untuk menyadarkan mereka dan membimbing agar kembali kepada ajaran Allah SWT. Ia mengajarkan suku Madyan tentang pentingnya berbisnis yang adil, tidak merugikan orang lain, dan selalu mematuhi hukum-hukum Allah SWT.

Mukjizat Nabi Syuaib a.s.

Salah satu mukjizatnya adalah Nabi Syuaib meminta kepada suku Madyan untuk mengikuti hukum Allah SWT dan meninggalkan perbuatan yang dilarang-Nya. Ketika suku Madyan menolak, Allah SWT mengirimkan bencana alam berupa gempa bumi yang menghancurkan mereka.

Nabi Musa a.s.

Nabi Musa adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-ajaran-Nya kepada umat manusia. Ia dikenal sebagai nabi yang berjuang untuk membebaskan Bani Israel dari perbudakan dan menegakkan hukum Allah SWT di tengah-tengah masyarakat.

Sekilas kisahnya ketika Nabi Musa dan Bani Israel melarikan diri dari kejaran Fir’aun dan pasukannya, mereka menemukan diri mereka terjebak di tepi Laut Merah. Akan tetapi dengan izin Allah SWT, Nabi Musa membelah laut sehingga Bani Israel dapat melintasi lautan itu dengan selamat.

Nabi musa termasuk salah satu dari para nabi dan Rosul yang mendapatkan predikat dari Allah mukjizat para nabi ulul azmi

Mukjizat Nabi Musa a.s.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Musa adalah dapat membelah Laut Merah, ia juga diberi kekuatan untuk memukul tongkatnya.

Sehingga menjadi ular besar yang menakutkan, dan kemudian kembali menjadi tongkat yang normal ketika Nabi Musa memegangnya kembali.

Nabi Harun a.s.

Nabi Harun adalah saudara kandung dari Nabi Musa, dan juga diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran-Nya kepada umat manusia. Nabi Harun merupakan seorang nabi yang baik hati, penyabar, dan tegas dalam menyampaikan ajaran Allah SWT.

Mukjizat Nabi Harun a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Harun adalah tongkat ajaib. Dengan tongkat ajaib ini, Nabi Harun dapat memukul tanah sehingga air yang segar dan jernih memancar keluar dari dalam tanah. Mukjizat ini sangat berguna bagi Bani Israel yang sering kali kekurangan air di padang gurun.

Nabi Zulkifli a.s.

Nabi Zulkifli atau yang juga dikenal sebagai Nabi Yusuf bin Ya’qub, adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT. Nabi Zulkifli disebutkan dalam Al-Quran sebagai salah satu nabi yang sangat sabar dan tegas dalam menyampaikan ajaran Allah SWT.

Mukjizat Nabi Zulkifli a.s.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Zulkifli adalah kemampuan untuk menghidupkan kembali bangkai seekor keledai yang sudah mati. Mukjizat ini diberikan kepada Nabi Zulkifli ketika umatnya menuduhnya berbuat dosa dan mengusirnya dari kota.

Ketika Nabi Zulkifli melewati bangkai keledai yang sudah mati, ia merasa kasihan dan berdoa kepada Allah SWT agar memberikan hidup kembali kepada keledai tersebut.

Nabi Daud a.s.

Nabi Daud adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT. Nabi Daud dikenal sebagai raja yang adil dan bijaksana, serta memiliki suara yang merdu dan indah ketika melantunkan puji-pujian kepada Allah SWT.

Mukjizat Nabi Daud a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Daud adalah kekuatan dalam pertempuran melawan raksasa bernama Jalut atau Goliath.

Dalam pertempuran tersebut, Nabi Daud hanya membawa senjata berupa pemukul kayu dan bebatuan, namun dengan kekuatan iman dan keberanian, ia berhasil mengalahkan raksasa tersebut.

Nabi Sulaiman a.s.

Nabi Sulaiman adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT dan juga dikenal sebagai raja yang bijaksana dan adil. Nabi Sulaiman diberikan mukjizat dalam bentuk kekuatan dan kebijaksanaan yang luar biasa.

Mukjizat Nabi Sulaiman a.s.

Salah satu mukjizat yang paling terkenal dari Nabi Sulaiman adalah kekuatan dalam memahami bahasa binatang. Dengan mukjizat ini, Nabi Sulaiman dapat berbicara dengan berbagai jenis binatang, termasuk burung, ikan, dan serangga.

Selain itu, Nabi Sulaiman juga diberikan mukjizat dalam bentuk kekuatan dan kekuasaan atas jin dan makhluk halus lainnya. Dalam suatu kisah, Nabi Sulaiman dapat memerintahkan jin untuk mengangkut singgasana Ratu Balqis dari negeri Saba ke hadapannya dalam waktu singkat.

Nabi Ilyas a.s.

Nabi Ilyas adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat manusia. Beliau juga dikenal sebagai nabi yang memiliki kesabaran dan kekuatan iman yang luar biasa.

Mukjizat Nabi Ilyas a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ilyas adalah mukjizat dalam bentuk cuaca yang diatur oleh Allah SWT atas permintaan beliau.

Dalam kisahnya kaum nabi Ilyas menolak untuk beriman dan bertindak kejam terhadap beliau, Nabi Ilyas memohon kepada Allah untuk mengirimkan bencana kekeringan sebagai peringatan bagi mereka.

Allah kemudian mengabulkan permintaan Nabi Ilyas dan memberikan hujan yang sangat lebat yang menghancurkan tanah yang tandus menjadi hijau dan subur.

Nabi Ilyasa’ a.s.

Nabi Ilyasa adalah salah satu nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat manusia. Beliau juga dikenal sebagai nabi yang penuh kasih sayang dan belas kasih.

Mukjizat Nabi Ilyasa’ a.s.

Salah satu mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ilyasa adalah mukjizat dapat membangkitkan orang yang sudah mati dan menyembuhkan dari sakitnya.

Sekilas kisahnya yakni ada seorang perempuan yang datang mengadu kepada Nabi Ilyasa bahwa suaminya meninggal dan meninggalkannya dengan utang yang besar.

Nabi Ilyasa kemudian memberikan telur kepada perempuan tersebut dan meminta agar telur tersebut digosokkan pada tubuh suaminya yang sudah meninggal dunia.

Maka, setelah digosokkan, suaminya tersebut tiba-tiba bangkit dari kematian dan sembuh dari sakitnya. Dengan keajaiban ini, perempuan tersebut dapat membayar hutangnya dan hidup dengan tenang bersama suaminya.

Nabi Yunus a.s.

Nabi Yunus adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat manusia. Akan tetapi ketika Nabi Yunus diutus untuk menyampaikan pesan tersebut, beliau menolak dan melarikan diri ke sebuah kapal yang sedang berlayar.

Kemudian, kapal tersebut mengalami badai dan para awak kapal melemparkan Nabi Yunus ke laut untuk menghentikan badai tersebut. Di dalam laut, Nabi Yunus ditelan oleh seekor ikan paus dan berada di dalam perut ikan tersebut selama tiga hari dan tiga malam.

Setelah tiga hari dan tiga malam, Nabi Yunus memohon ampun kepada Allah SWT dan berjanji untuk memenuhi tugas yang telah diamanatkan kepadanya. Kemudian, Allah SWT memerintahkan ikan paus untuk memuntahkan Nabi Yunus ke pantai.

Mukjizat Nabi Yunus a.s.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Yunus adalah keluar hidup-hidup dari perut ikan paus setelah ditelan selama tiga hari dan tiga malam.

Nabi Zakariya a.s.

Nabi Zakariya adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat manusia. Beliau diutus untuk menyampaikan pesan dan ajaran Allah SWT kepada kaum Bani Israel.

Mukjizat Nabi Zakariya a.s.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Zakariya adalah kelahiran putranya, yakni Nabi Yahya. Nabi Zakariya dan istrinya telah lama berdoa meminta keturunan, namun mereka belum juga dikaruniai anak.

Suatu hari, ketika Nabi Zakariya sedang berdoa di dalam mihrab, malaikat Jibril datang kepadanya dan memberitahu bahwa Allah SWT akan memberinya seorang anak.

Nabi Zakariya kaget dan bertanya bagaimana mungkin dia bisa memiliki seorang anak ketika ia sudah tua dan istrinya mandul. Namun, malaikat Jibril menjelaskan bahwa segala sesuatu adalah mungkin bagi Allah SWT.

Nabi Yahya a.s.

Nabi Yahya adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah SWT sebagai pembuka jalan bagi kedatangan Nabi Isa di masa depan. Beliau juga dikenal dengan nama Yahya bin Zakariya.

Mukjizat Nabi Yahya a.s.

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Yahya adalah kemampuannya untuk berbicara dengan orang-orang ketika ia masih bayi. Ketika Nabi Yahya dilahirkan, ayahnya Nabi Zakariya bertanya bagaimana mungkin ia bisa memiliki seorang anak di usia yang sudah tua dan Nabi Yahya memberikan jawaban melalui ucapan pertamanya yang ajaib.

Nabi Isa a.s.

Nabi Isa adalah nabi yang diutus oleh Allah SWT kepada Bani Israel. Bagi ummat islam wajib mengimani nabi Isa karena termasuk salah satu dari 25 Nabi dan Rosul utusan Allah SWT.

Mukjizat Nabi Isa a.s.

Salah satu mukjizat terbesar Nabi Isa adalah kemampuannya untuk membangkitkan orang mati. Ia pernah membangkitkan seorang lelaki yang telah meninggal selama empat hari. Mukjizat ini sangat mengejutkan banyak orang dan memperkuat keimanan mereka.

Nabi isa juga termasuk salah satu dari nabi dan Rosul pilihan yang mendapatkan mukjizat para nabi

Nabi Muhammad saw.

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dalam agama Islam dan sebagai utusan Allah SWT yang membawa ajaran Islam kepada umat manusia. Ajaran beliau bukan hanya sebatas ibadah akhirat namun Rosulullah SAW juga mengajarkan bagaimana berbisnis, bekerja dan berpolitik.

Raosulullah SAW juga dikenal sebagai teladan yang sempurna dalam beribadah, berakhlak, dan berinteraksi dengan sesama manusia. Ajaran-ajarannya dijadikan sebagai pedoman hidup yang sempurna bagi umat Islam

Nabi Muhammad SAW termasuk salah satu dari lima nabi dan Rosul yang mendapat pilihan predikat mukjizat para nabi dan rasul ulul azmi

Mukjizat Nabi Muhammad saw.

Mukjizat terbesar dari Nabi Muhammad SAW adalah Al-Quran kitab suci umat Islam sebagai wahyu langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain mukjizat diatas ada beberapa mukjizat nabi Muhammad SAW lainnya yang perlu dimengerti :

Isra’ dan Mi’raj

pengalaman spiritual Nabi Muhammad SAW ketika naik ke langit dan bertemu dengan para nabi lainnya serta melihat surga dan neraka.

Perubahan arah kiblat

Allah SWT mengubah arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah di Mekah, atas permintaan Nabi Muhammad SAW.

Membelah bulan

Nabi Muhammad SAW memecahkan bulan menjadi dua bagian ketika ditanya oleh orang kafir Quraisy tentang mukjizatnya.
Selain mukjizat.

Penutup

Demikianlah ringkasan penjelsan mengenai mukjizat para nabi dan rosul yang penulis sampaikan dalam sebuah artikel Mello.id. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sarana untuk bertambahnya keimanan dan ketakwaan kita sebagai ummat islam kepada Allah SWT. Wallahu a’lam…

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan