Daftar Negara Dengan Mata Uang Terendah di Seluruh Dunia

Daftar Negara Dengan Mata Uang Terendah di Seluruh Dunia

Mello.id – Nilai tukar mata uang adalah salah satu indikator penting dalam menilai kondisi ekonomi suatu negara. Negara dengan mata uang terendah di seluruh dunia sering menarik perhatian karena implikasi ekonomi yang luas yang dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Dalam konteks ini, mata uang rendah mengacu pada mata uang yang memiliki nilai tukar terhadap mata uang asing, terutama dolar AS, yang relatif rendah. Fenomena ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor ekonomi, termasuk inflasi yang tinggi, kebijakan moneter yang tidak efektif, ketidakstabilan politik, dan faktor-faktor lainnya.

Mata uang rendah dapat memiliki dampak signifikan pada perekonomian negara tersebut. Salah satu dampak utamanya adalah daya beli masyarakat yang menurun. Ketika mata uang lokal lemah terhadap mata uang asing, barang-barang impor menjadi lebih mahal, yang pada gilirannya dapat meningkatkan inflasi dan mengurangi daya beli konsumen.

Selain itu, mata uang rendah juga dapat mempengaruhi investasi asing dan perdagangan internasional. Nilai tukar yang rendah dapat membuat produk-produk dari negara tersebut lebih murah bagi pasar internasional, yang dapat mendorong ekspor. Namun, hal ini juga dapat membuat impor menjadi lebih mahal, yang dapat merugikan industri lokal dan mengganggu neraca perdagangan.

Tidak hanya itu, mata uang rendah juga dapat mempengaruhi utang luar negeri negara tersebut. Utang yang dikeluaran dalam mata uang asing dapat menjadi lebih sulit untuk dilunasi jika nilai tukar mata uang lokal terus melemah.

Daftar Negara Dengan Mata Uang Terendah di Seluruh Dunia

Oleh karena itu, pemerintah negara dengan mata uang terendah perlu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini. Kebijakan moneter yang efektif, stabilitas politik, dan upaya untuk meningkatkan ekonomi domestik dapat membantu menguatkan mata uang dan memulihkan stabilitas ekonomi secara keseluruhan.

Dalam menghadapi tantangan nilai tukar mata uang yang rendah, negara-negara tersebut perlu bekerja keras untuk menciptakan lingkungan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan guna meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat.

Inilah Deretan Negara Dengan Mata Uang Terendah di Seluruh Dunia

Kami sudah memberi tahu kamu bahwa negara yang berbeda akan memiliki mata uangnya sendiri. Jadi di negara tersebut nantinya kamu akan memiliki nilai tukar yang sebenarnya berbeda dengan negara lain lho.Nah kamu juga akan menggunakan beberapa hal yang berbeda pula.

Tidak mungkin satu negara memiliki nilai tukar yang sama dengan negara lain. Alasannya, kurs yang ada kemudian menunjukkan nilai mata uang. Apakah kamu termasuk dalam kelompok nilai mata uang terendah atau tertinggi?

Di dunia biasanya kita menggunakan perbandingan dengan dolarAmerik Serika (AS) atau dengan pounds/poundsterling untuk dapat menunjukkan apakah nilai mata uang suatu negara tinggi atau rendah. Dengan begini, nantinya kamu pun bisa mengetahui atau melihat mata uang mana yang memiliki nilai tinggi dan rendah.

Jadi nilai mata uang juga bisa memberikan kode atau memberikan informasi tentang keadaan perekonomian di negara tersebut. Sehingga nantinya bisa kamu gunakan untuk melihat keadaan perekonomian negara.

Mungkin disini ada yang bertanya-tanya apa sih penyebab penurunan nilai tukar mata uang ini? Untuk jawaban yang satu ini, memang ada beberapa faktor yang mendukung penurunan nilai tukar mata uang tersebut. Namun, yang belakangan ini menyebabkan penurunan mata uang ini anjlok adalah pandemi Covid-19.

Memang benar bahwa pandemi Covid-19 berdampak besar dan efeknya bertahan lama. Untuk itu, sebaiknya simak pembahasan berikut ini. Kami akan menyebutkan beberapa negara dengan nilai tukar rendah, oke? Yuk simak langsung pembahasan selengkapnya di bawah ini ya.

Baca Juga : Sejarah Mata Uang Pertama di Indonesia Dari Masa ke Masa

1. Mata Uang Rial Dari Negara Iran

Menggunakan kode mata uang IRR, rial Iran menempati posisi pertama sebagai mata uang terendah di dunia. Nilai tukar 1 USD setara dengan 42,025 IRR (Dolar AS ke Rials Iran – Kurs resmi). Konflik militer antara Iran dan AS menjadi penyebab utama jatuhnya nilai tukar IRR terhadap USD. Selain itu, ada juga pembatasan transaksi mata uang asing di negara tersebut.

Devaluasi dimulai pada 1979 setelah Revolusi Islam, ketika banyak perusahaan meninggalkan negara itu karena ketidakamanan. Kemudian datanglah perang Iran-Irak dan sanksi ekonomi yang keras dari beberapa negara di dunia karena adanya gas nuklir tersebut.

Perekonomian Iran tetap dalam situasi yang sulit. Misalnya saja, Iran menghadapi inflasi tinggi pada tahun 2020. Mata uangnya didevaluasi hingga 600%. Akibatnya, pemerintah Iran memutuskan untuk mengubah rial menjadi toman dan mengurangi empat nol dari nilai nominalnya. Ini berarti 10.000 rial lama diubah menjadi 1 toman.

2. Mata Uang Rupiah Dari Negara Indonesia

Selanjutnya, mata uang yang disebut Rupiah berasal dari Indonesia. Dimana nilai rupiah masih masuk dalam kategori mata uang rendah lho. Meski nilai mata uang di negara Asia Tenggara ini cukup tinggi, namun mata uang Indonesia masih tergolong rendah.

Saat menukar mata uang AS atau dolar AS ke Rupiah, 1 USD sama dengan 14.380 IDR, lho. Masih relatif jauh dari US atau dolar AS. Dengan demikian, nantinya kamu pun bisa mengetahui jika mata uang Indonesia masih tergolong sangat rendah nilainya.

3. Mata Uang Dong Dari Negara Vietnam

Di urutan selanjutnya, mata uang terendah di dunia adalah dong Vietnam, dengan kode mata uang VND. Nilai tukar 1 USD sama dengan 22.689 VND (Dolar AS ke Dong Vietnam).

Sektor ekonomi negara masih bergantung pada pertanian. Selain itu, pemerintah Vietnam berusaha mengalihkan sentralisasi ekonominya ke arah ekonomi pasar. Karena kondisi ini, dong Vietnam menjadi salah satu mata uang dengan harga terendah di seluruh dunia.

4. Mata Uang Leone Dari Negara Sierra Leone

Untuk yang selanjutnya adalah mata uang yang bernama Leone. Leone adalah mata uang yang berasal dari negara Sierra Leone. mata uang ini memiliki kode SLL dan merupakan salah satu mata uang dengan nilai terendah di seluruh dunia lho.

Nilai mata uang Sierra Leone mengalami penurunan akibat konflik bersenjata di negara tersebut dan juga terdapat kasus penyakit Ebola yang ada. Untuk nilai mata uang ini dibandingkan dengan dolar AS, USD 1 sama dengan nilai SLL 11.356.

Untuk Rupiah Indonesia atau mata uang ke Sierra Leone, 1 IDR sama dengan 0,79 SLL, bukan? Pernahkah kamu melihat perbandingan nilai mata uang Sierra Leone?

Baca Juga : Cara Transfer Pulsa Telkomsel Dengan Mudah Terbaru 2023

5. Mata Uang Franc Dari Negara Guinea

Mata uang negara Guinea yaitu franc (GNF) terus merosot nilai tukarnya karena angka inflasi sangat tinggi, kemiskinan yang semakin merajalela, serta semakin makmurnya para gangster di negara tersebut.

Franc menjadi salah satu mata uang terendah di dunia saat ini. Hal ini menjadi sesuatu yang cukup memilukan, karena potensi perekonomian negara Guinea sangat besar khususnya jika mempertimbangkan kekayaan alamnya seperti emas, berlian, dan aluminium. Diketahui 1 USD sama dengan 9.078 GNF (dolar AS ke franc Guinea).

6. Mata Uang Kip Dari Negara Laos

Seperti yang kamu ketahui, mata uang yang turun sejak diterbitkannya adalah Kip yang berasal dari negara Laos. Jadi mata uang ini bisa digunakan dengan kode LAK. Kip ini masih termasuk dalam mata uang terendah di seluruh dunia.

Tapi jangan dikira mata uang negara Laos ini tidak pernah naik. Bahkan mata uang yang berasal dari Laos ini disebut kip lho,bisa mengalahkan USD. Namun, sekarang kalau Kip dibandingkan dengan USD akan menjadi 1 USD setara dengan nilai 11.348 LAK.

7. Mata Uang Sum Dari Negara Uzbekistan

Nah kali ini kami akan langsung memberikan pembahasan tentang nilai mata uang yang lebih rendah. Nilai mata uang yang termasuk dalam urutan nilai mata uang terendah ini adalah Sum. Sum adalah mata uang yang berasal dari negara Uzbekistan.

Seperti yang sudah disampaikan di atas tadi, bahwa nilai mata uang terendah dan tertinggi dapat dilihat dengan membandingkannya dengan dolar AS. Jadi, nilai mata uang Sum dibandingkan dengan 1 USD sama dengan 10.850 UZS. Jadi ini perbandingan USD vs UZS, kamu sudah melihatnya kan?