Definisi Software dan Macam-Macam Contohnya

    Mungkin terlintas di pikiran kita apa itu software, namun belum ter definisi dengan jelas. Misalnya software itu aplikasi komputer, software itu Micosoft Office, software itu Windows, dll.

    Jawaban tersebut benar karena aplikasi komputer, Microsoft Office, dan Windows merupakan salah satu contoh software. Namun itu bukan definisi software. Lalu apa definisinya? Berikut adalah apa itu software dan macam-macam contohnya.

    Definisi Software

    Software adalah istilah khusus untuk data elektronik yang disimpan dan diformat oleh komputer. Data ini bisa berupa program yang dapat menjalankan perintah sesuai dengan instruksi. Melalui instruksi ini, sistem komputer dapat berjalan dan hardware bisa berfungsi.

    Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa software merupakan bagian dari sistem komputer yang tidak berwujud, namun menjadi penggerak dan pengontrol hardware. Hardware bisa berfungsi jika instruksi diberikan padanya, diberikan melalui program. Artinya software dibuat untuk mengaktifkan fungsi hardware.

    Penggunaan software ini tidak terbatas pada komputer saja. Namun berbagai perangkat elektronk lainnya pun bisa dijalankan dengan memasukkan program instruksi ini. Misalnya pada video game. Software di komputer memiliki berbagai macam jumlah kode, bisa ratusan bahkan hingga jutaan. Kode ini dibuat berdasarkan instruksi yang diberikan.

    Lalu yang membuat software tersebut adalah perekayasa software, yang mana biasa disebut sebagai Programmer. Programmer biasanya mengerjakaan kode sesuai dengan keperluan, lalu bisa ikut untuk melakukan pemeliharaan software yang dibuatnya dengan posisi sebagai pengembang.

    Macam-Macam Contoh Software

    Software menghubungkan pengguna (manusia) dengan hardware. Yaitu dengan menerjemahkan instruksi yang dijalankan pengguna komputer untuk dikirim ke hardware. Software ini bisa dibagi menjadi 3 macam, yaitu program aplikasi, sistem operasi, dan bahasa pemrograman.

    1. Sistem Operasi (Operating System)

    Sistem Operasi merupakan software yang dihubungkan dengan pelaksana program dan koordinasi dari aktivfitas sistem komputer untuk mengontrol input output device dan mengelola media penyimpanan. Contoh software sistem operasi yaitu sebagai berikut.

    a. Microsoft Windows
    b. Linux
    c. macOS

    2. Bahasa Komputer (Computer Language)

    Bahasa Komputer merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat program komputer. Terdapat 2 jenis bahasa komputer, yaitu Low Level Language dan High Level Language.

    a. Low Level Language merupakan bahasa yang sulit untuk dipahami dan biasa dimengerti oleh pembuat program, misalnya bahasa biner dan bahasa assembly.
    b. High Level Language merupakan bahasa yang mudah dimengerti, misalnya C++, Java, Visual Basic, Pascal, dll.

    3. Program Aplikasi (Application Program)

    Program aplikasi merupakan software siap pakai yang digunakan untuk mempermudah berbagai pekerjaan. Software aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan, contohnya yaitu sebagai berikut.

    a. Aplikasi untuk mengolah kata: Microsoft Word dan WPS Writer.
    b. Aplikasi untuk mengolah data dengan kolom: Microsoft Excel dan WPS Spreadsheets.
    c. Aplikasi untuk desain grafis: CorelDRAW dan Adobe Illustrator.
    d. Aplikasi untuk editing foto: Adobe PhotoShop dan GIMP.


    Share this post:
    Loading...