Fungsi Mesin Digital Printing Indoor dan Outdoor

    Kebutuhan percetakan terus meningkat dan para pelanggan menginginkan perusahaan percetakan dapat melakukan produksi yang lebih cepat. Maka mesin digital printing large format dibuat untuk memenuhi kebutuhan percetakan ini. Mereka biasanya bisa memproduksi lebih cepat daripada jenis cetak lain seperti sablon. Teknik produksi ini juga lebih mudah dan dengan biaya yang lebih terjangkau, sambil mempertahankan kualitas hasil cetak yang serupa.

    Dengan demikian, printer large format semakin populer. Sesuai dengan namanya, tujuan utama printer ini adalah untuk mendukung proyek cetak yang berukuran besar. Dengan menawarkan kemampuan mencetak di atas media yang memiliki area lebih luas seperti banner dan wallpaper.

    Sebagian besar pebisnis menggunakan cetakan large format sebagai alat untuk menarik perhatian. Misalnya untuk hiasan dinding gedung dan iklan yang berukuran maksimum. Mereka dapat menciptakan dampak visual yang lebih besar daripada cetakan berukuran normal.

    Produksi Mesin Digital Printing Large Format

    Proses produksi dari printer large format serupa dengan proses cetak mesin digital printing biasa, kecuali dengan skala yang lebih besar dari printer lainnya. Dengan memasukkan file komputer ke printer, tinta bisa langsung ditransfer ke media cetak, baik bahan banner ataupun bahan stiker. Proses cetak ini juga cepat dan menghasilkan warna yang berkualitas.

    Dalam prosesnya, resolusi gambar harus sangat diperhatikan. Dengan skala yang lebih besar, maka resolusi gambar juga harus mengikuti. Biasanya diatur antara 72 PPI sampai 300 PPI, lalu disesuaikan dengan ukuran cetak aslinya untuk menghindari hasil gambar tidak pecah.

    Mesin yang digunakan adalah printer digital yang menggunakan kombinasi warna CMYK. Jenis tinta yang digunakan juga bisa dipilih. Ada yang memiliki fungsi Outdoor atau luar ruangan dan Indoor atau luar ruangan.

    Mesin digital printing ini biasanya dapat mencapai ukuran sepanjang 25 meter. Cetakan-cetakan ini biasanya ditujukan untuk gambar yang dimaksudkan untuk dilihat banyak orang.

    Produk Cetak Large Format

    Ada banyak produk cetak yang bisa dihasilkan dari printer large format. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya.

    1. Banner
    2. Poster
    3. Wallpaper
    4. Neon box
    5. Alat pameran dagang
    6. Stiker kendaraan
    7. Stiker kaca
    8. Stiker dinding
    9. Kalender dinding
    10. Dekorasi untuk pertunjukan

    Jenis Printer Large Format

    Penting untuk mengetahui perbedaan antara jenis large format yang digunakan dan daya tahannya. Jenis mesin digital printing larget format adalah Indoor dan Outdoor. Mereka memiliki banyak kemiripan, tetapi yang membedakannya adalah ruangan untuk pengaplikasian hasil cetak.

    Indoor

    Cetakan Indoor mengacu pada cetakan yang diaplikasikan di dalam ruangan, misal di langit-langit dan dinding toko. Ketahanan air dan daya tahan yang dimiliki lebih rendah jika dibandingkan dengan outdoor. Tetapi jika ingin menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, maka dapat memerhatikan bahan dan perlindungannya. Misal dapat melapisi bahan cetakan dengan laminasi. Salah satu contoh dari bahan banner indoor adalah Albatros.

    Cetakan Indoor
    Image credit: Freepik/Tzido

    Outdoor

    Cetak Outdoor mengacu pada cetak yang diaplikasikan di luar ruangan. Misal umbul-umbul dan papan iklan, yang mana harus tahan sinar matahari dan tahan air. Mereka harus memiliki daya tahan terhadap angin, perubahan suhu, dan air hujan. Dengan demikian, outdoor lebih tahan pudar dan lebih disarankan untuk penggunaan di luar ruangan. Salah satu contoh dari bahan banner outdoor adalah Flexi.

    Cetakan Outdoor
    Image credit: Freepik/Macrovector