Doa Masuk Kamar Mandi Arab, Latin & Artinya Wajib Hafal

Doa Masuk Kamar Mandi – Adab seorang muslim dalam naungan agama sangat diperhatikan, karena dengan adanya adab atau etika yang kerapkali diamalkan. Maka akan hadir keindahan bagi seorang muslim baik dari dalam hati maupun dzohirnya.

Hal ini sangat berhubungan dengan sabda Rosulullah SAW yang mencintai ummatnya dihari kiyamat yakni yang memiliki akhlak baik.

إِنَّ مِنْ أَحِبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحْسَنُكُمْ أَخْلَاقًا

Artinya:

“Sesungguhnya di antara orang-orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat duduknya pada hari kiamat denganku yaitu orang yang paling baik akhlaknya.” (HR. Tirmidzi)

Salah satu pengamalan akhlak yang diajarkan oleh Rosulullah SAW adalah membaca doa ketika masuk kamar mandi.

Keutamaan Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Ibadah yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW tentunya memiliki keutamaan sangat besar bagi orang yang mengamalkannya.

Begitu juga terkait membaca doa sebelum masuk kamar mandi banyak sekali manfaat yang bisa diraih. Karena didalam kamar mandi tersebut banyak tempat yang dijadikan rumah-rumah setan jin dan lain sebagainya.

Untuk meminta perlindungan dari gangguan setan dan jin yang mengintai dalam kamar mandi tersebut. Maka salah satunya adalah berdoa kepada Allah SWT.

Berikut dibawah ini beberapa keutamaan membaca doa masuk kamar mandi :

Dilindungi Dari Gangguan Jin

Sebagian para ulama sepakat bahwa ketika membaca doa sebelum masuk kamar mandi insya Allah akan menjadi tameng perlindungan dari jin dan setan.

Selain itu dapat juga terhindar dari hal-hal yang negatif seperti rasa takut, pelupa, marah-marah, iri dengki dan lain sebagainya.

Jika Allah bukakan pintu hijab mata seseorang yang melihat kondisi kamar mandi tentunya akan diperlihatkan banyak penghuni yang berasal dari jin dan setan.

Doa yang dipanjatkan ketika masuk kamar mandi termasuk juga bagian dari zikir memohon perlindungan dari Allah.

Diberi Paham Akan Adab

Keutamaan membaca doa masuk kamar mandi selanjutnya adalah Allah berikan pemahaman ia tentang adab atau etika masuk kamar mandi.

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa kamar mandi sangat banyak penghuni halusnya, baik berupa jin dan syaithon.

Dengan membaca doa tersebut manjadi salah satu etika kepada mahluk ghaib yang bersangkar didalam kamar mandi tersebut. Sehingga mereka tidak merasa terganggu dan tentunya tidak mau mengganggu.

Efek baiknya bagi seorang muslim yang kerap kali membaca doa masuk kamar mandi maka ia akan terhindar dari sifat marah, boros, bohong dan sebagainya.

Mendapat Pahala

Membaca doa masuk kamar mandi adalah sunnah yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW untuk umatnya agar diamalkan.

Ketika seorang muslim menajalankan amalan doa masuk kamar mandi dengan tulus dan ikhlas tentunya sudah masuk dalam kategori mengikuti sunnah dan berpahala.

Meskipun yang akan didatangi adalah tempat kotor namun jika diawali dengan kebaikan yang bernilaikan ibadah maka pahala akan mengikutinya.

Doa Masuk Kamar Mandi Arab, Latin Dan Artinya

Do’a yang dibaca pada saat masuk kamar mandi terkumpul dari beragam kalimat yang bermakna memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Meskipun pada dasarnya mandi adalah aktifitas keseharian dalam rangka membersihkan diri dari najis dan juga kotoran.

Akan tetapi disisi lain ada makhluk lain yang tidak nampak dan tinggal didalam kamar mandi. Sehingga jika tidak diawali dengan membaca doa maka dapat menimbulkan banyak hal negatif.

Do’a yang dibaca ketika hendak masuk kamar mandi juga bisa dikatakan sebagai pengingat bagi seorang muslim untuk meminta perlindungan sebelum melanjutkan aktivitas mandi.

Adapun bacaan do’a masuk kamar mandi arab, latin dan artinya dapat dilihat dibawah ini.

Arab

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Latin

“Allahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.”

Artinya

“Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari (godaan) setan laki-laki dan setan perempuan.”

Cara pengamalannya yakni dibaca ketika berada didepan kamar mandi setelah doa tersebut selesai dibaca maka sunnah masuk dengan kaki kiri.

Doa Masuk Kamar Mandi Dan Keluar Kamar mandi

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa kamar mandi dalam ajaran islam dikenal dengan tempat yang disukai banyak jin dan setan.

Maka dari itu sebaiknya amalkan bacaan doa masuk kamar mandi dan juga doa ketika keluar dari kamar mandi.

Meskipun sudah membaca doa masuk kamar mandi ketika keluar dari kamar mandi dianjurkan juga untuk membaca doa.

Karena sebagai manusia biasa tidak dapat melihat mahluk astral yang kerap kali mengganggu bahkan mengikuti manusia itu sendiri.

Untuk penangkalnya yakni dianjurkan membaca doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi.

Berikut dibawah ini bacaan doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi :

Doa Masuk Kamar Mandi

اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

“A’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.”

Artinya

“Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari (godaan) setan laki-laki dan setan perempuan.”

Doa Keluar kamar Mandi

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

“Alhamdulillahilladzi azhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.”

Artinya :

“Segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa keluar kamar mandi adabnya jika dibaca didalam kamar mandi maka lafalkan didalam hati kemudian melangkah dengan kaki kanan. Akan tetapi jika dibaca pada saat diluar kamar mandi boleh dilafalkan melalui lisan.

Adab Ketika Didalam Kamar Mandi

Ummat muslim memiliki aturan meskipun hanya dalam urusan kamar mandi, hal ini terkait dengan etika atau adab yang baik jika diikuti.

Karena Rosulullah SAW dangat senang kepada ummatnya yang mencintai adab, bahkan dalam sebuah riwayat hadis seseorang yang akhlaknya baik akan bersanding dengan Rosul di surga.

Bagi seorang muslim yang mengaku sebagai umatnya Nabi Muhammad SAW sudah sepatutnya untuk melaksanakan peraturan yang ada didalam islam.

Terlebih bagi orang tua sebisa mungkin memberikan ajaran contoh yang baik untuk anaknya terkait etika ketika dikamar mandi.

Berikut dibawah ini beberapa adab ketika dikamar mandi :

Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Hal ini sudah sangat jelas disampaikan pada laman diatas, bahkan doa berikut cara pengamalannya sudah disampaikan.

Akan tetapi sedikit tambahan sebelaum membaca doa masuk kamar mandi sebaiknya membaca basmalah terlebih dahulu.

Hal ini menuqil dari hadis Nabi SAW ” Yang menajdi penghalang pandangan jin terhadap aurat manusia adalah ketia seseorang memasuki kamar mandi kemudian membaca Bismillah “.

Masuk Dengan Kaki Kiri Keluar Kaki Kanan

Kamar mandi adalah tempat yang kotor dar dipenuhi dengan bangsa jin dan setan yang tidak nampak oleh pandangan mata.

Selain itu juga termasuk menjadi sarang kuman jika kondisi kamar mandi tidak dibersihkan dengan sesering mungkin.

Maka dari sebaiknya memasuki tempat yang kotor dengan mendahulukan kaki kanan dan keluar dengan kaki kiri.

Hal ini memiliki dasar hadis yang menjadi dalil kuat untuk seorang muslim ketika masuk kamar mandi dengan kaki kiri dan keluar kaki kanan.

Rosulullah SAW bersabda.

Artinya :

“Apabila salah seorang dari kalian masuk ke tempat buang air besar atau tempat buang air kecil, hendaklah ia memasuki (toilet) dengan menggunakan kaki kirinya, dan ketika ia keluar, hendaklah ia keluar dengan menggunakan kaki kanannya.” (HR. Bukhari)

Memakai Alas Kaki / Sandal

Kamar mandi adalah tempat yang kotor sehingga sangat diperlukan alas kaki ketika memasukinya agar terhindar dari kuman yang langsung menempel pada kaki.

Disisi lain selain kuman yang menempel pada tubuh, ketika seseorang tidak memakai alas kaki. Maka setan akan sangat dengan mudah masuk kedalam tubuh manusia melalui kuku manusia.

Memakai Topi Sebagai Penutup Kepala

Sunnah selain memakai sandal, ketika seseorang akan masuk kamar mandi memakai topi terlebih jika ia buang hajat. Karena jika kondisi kepala terbuka hal ini menjadi kesempatan para setan dan jin untuk buang air dikepala.

Efek dari seseorang yang ketika sedang buang hajat didalam kamar mandi tidak memakai penutup kepala. Ia akan mudah pelupa dan bisa jadi otaknya tidak mudah untuk menghafal, hal ini dikarenakan kencingnya setan dan keturunannya.

Tidak Diperkenankan Untuk Merokok Dalam Kamar Mandi

Adab ketika didalam kamar mandi adalah tidak merokok, hal ini tentunya mencegah dari masuknya penyakit yang ada didalam kamar mandi melalui hembusan asap rokok.

Selain itu disisi lain ketika seseorang merokok didalam kamar mandi akan membuka jalan lebar bagi setan dan tentaranya untuk masuk dan bersarang didalam tubuh manusia.

Efeknya semakin terasa nyaman didalam kamar mandi, ingin berlama lama bahkan akan mengganggu otak juga fikiran menuju arah yang negatif.

Tidak Manghadap Qiblat Atau Membelakanginya

Bagi seorang muslim yang sedang atau akan buang hajad dikamar mandi usahakan tidak menghadap qiblat atau membelakanginya.

Sebagaimana sabda Rosulullah Saw terkait hal tersebut :

Apabila kamu mendatangi tempat buang hajat, maka janganlah mengarah kekiblat dan membelakanginya, namun hadapkanlah kebarat atau ketimur”.

Tidak Berlama-Lama

Kamar mandi atau tempat untuk buang hajat adalah tempat yang kotor, maka dari itu tidak diperkenankan berlama-lama didalamnya.

Jika berlama-lama akan menimbulkan hal yang tidak baik, karena mau atau tidak ia akan berteman dengan setan dikamar mandi tersebut.

Sebagaimana sabda Nabi Saw :

Sesungguhnya didalam kamar mandi ini dihadiri oleh setan (H.R. Ahmad)

Memegang Kubul Atau Dubur Dengan Tangan Kiri

Ketika akan membersihkan bagian kubul dan dubur sangat dianjurkan menggunakan tangan kiri. Karena menurut kebiasaan kegunaan tangan kanan sebagian banyak untuk melakukan hal-hal yang baik.

Maka dari itu upayakan ketika membersihkan kubul dan dibur menggunakan tangan kiri, dawuhnya orang sunda “Pamali”.

Tidak Berbicara Dlama Kamar Mandi

Adab lainnya ketika didalam kamar mandi tidak diperbolehkan berbicara, baik berupa zikir atau percakapan lainnya. Menelfon juga tidak diperbolehkan dalam kamar mandi, atau berbicara dengan rekan yang ada diluar kamar mandipun tidak diperbolehkan.

Dilansir dari timesindonesia.co.id bahwa hukum berbicara dalam kamar mandi adalah makruh yakni dibenci oleh Allah SWT dan hal tersebut kategori dosa kecil.

Tidak Membaca Barang Bertuliskan Al-Qur’an

Dalam agama islam Asma Allah adalah sangat mulia bahkan disucikan serta diagungkan oleh umat muslim. Selain itu kalam-Nya “Al-Qur’an” juga sangat dimuliakan sebagai pedoaman untuk menjalani kehidupan.

Maka dari itu nama Allah dan ayat-ayat-Nya atau yang semisalnya, tidak boleh dibawa masuk kedalam kamar mandi, hal tersebut adalah tindakan yang tidak pantas.

Karena pada dasarnya kamar mandi dianggap tempat yang banyak najisnya, sehingga umat muslim sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan serta kesucian dirinya ketika berada didalam kamar mandi.

Salah satu cara untuk menjaga kesucian diri seorang muslim ketika didalam kamar madi adalah dengan tidak membawa benda yang bertuliskan nama Allah dan kalam-Nya.

Berdoa Ketika Keluar Kamar mandi

Selain beberapa adab ketika dalam kamar mandi ada hal yang juga sangat penting diperhatikan yakni berdoa ketika keluar dari kamar mandi.

Pentingnya Mengamalkan Doa Masuk Kamar Mandi

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa membaca doa ketika akan masuk kamar mandi adalah sangat dianjurkan dalam islam.

Karena pada dasarnya doa merupakan sarana untuk mendekatkan hubungan antara seorang hamba dengan Tuhannya.

Selain itu doa juga termasuk ungkapan rasa syukur melalui pujian yang sampaikan kepada Allah SWT serta sarana untuk memohon petunjuk juga perlindungan dalam menajalani kehidupan.

Berikut dibawah ini beberapa hal yang menunjukkan bahwa membaca doa masuk kamar mandi sangat penting :

Yakin Dan Sadar Bahwa Allah Selalu Mengawasi

Dengan pengamalan membaca doa sebelum masuk kamar mandi, maka seorang hamba akan selalu ingat kepada Allah SWT. Bahwa sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kapanpun dan dimanapun Allah SWT selalu mengawasinya.

Sehingga pada saat berada didalam kamar mandi seorang hamba tersebut akan selalu ingat kepada Allah dan tidak melakukan perbuatan yang dibenci oleh Allah.

Permohonan Perlindungan Dari Godaan Setan

Dalam keyakinan islam, kamar mandi adalah salah satu sarang persembunyian setan, sedangkan pekerjaan setan tidak lain dan bukan adalah mengganggu manusia.

Pada saat seraong hamba membaca doa sebelum masuk kamar mandi, yang isinya adalah memohon perlindungan, maka Insya Allah akan dilindungi dari gangguan setan.

Disisi lain hal tersebut dapat membantu untuk membersihkan hati dan juga fikiran negatif yang kerap kali melintas.

Dapat Menjaga Kebersihan Hati Dan Fikiran

Kamar mandi adalah tempat yang banyak najisnya sehingga setan dan golongannya sangat suka bersinggah didalam kamar mandi.

Jika tidak membaca doa perlindungan kepada Allah ketika masuk kamar mandi dikhawatirkan akan merusak hati dan fikiran yang dihasut oleh para setan.

Harapannya dengan membaca doa tersebut insya Allah akan selalu dijaga kebersihan hati dan fikirannya selama berada didalam kamar mandi.

Bertambahnya Nikmat Sabar Dan Syukur

Hal lain yang menyatakan bahwa membaca doa masuk kamar mandi adalah penting yakni dapat meningkatkan nikmat sabar dan syukur.

Jika disamakan dengan doa ketika mau makan, yakni bersyukur atas rezeki yang ia dapatkan dan dapat dimakan pada hari itu juga.

Sedangkan nikmat doa masuk kamar mandi yakni, insya Allah akan dijaga kesehatannya dan dimampukan untuk menjaga kebersihan baik lahir maupun bathin.

Terarahnya Niat Ketika Buang Hajat

Segala sesuatu yang dilakukan oleh manusi baik yang bersifat baik maupun yang lainnya, hal ini tidak terlepas dari perbuatan Allah SWT.

Sehingga ketika melakukan kebaikan maka luruskan niat hanya kepada Allah dan Rosulnya, agar tidak termasuk dari golongan orang munafik.

Sedangkan ketika buang hajat meskipun hal ini terlihat sepertinya tidak baik, akan tetapi pada dasarnya sangat baik untuk kesehatan.

Tentunya tautkan niat yang baik yakni hanya kepada Allah untuk melakukan istinjak atau bersuci, agar dapat melakukan ibadah lainnya.

Bagi seorang muslim yang membaca doa masuk kamar mandi insya Allah secara tidak langsung akan terarah kedalam niat yang baik.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan