Download 7-Zip APK PC & Android File Manager Terbaru

7Z: Zip & 7Zip Files Manager atau singkatnya 7-Zip merupakan suatu aplikasi yang fungsinya adalah untuk mengarsipkan berkas dan bisa dipasang di smartphone Android. Aplikasi 7-Zip APK hadir dengan format lain, yaitu APK dan juga dirancang untuk smartphone Android.

Selain untuk mengarsipkan berkas, ada banyak sekali kegunaan lain aplikasi 7-Zip. Misalnya saja untuk mencari berkas yang terarsip tanpa harus mengekstraknya terlebih dahulu. Aplikasi ini juga mendukung penggunaan SD card dan berbagai file system Android yang baru.

7-Zip Untuk PC Versi Terbaru

Sebenarnya, ada beberapa versi 7-Zip yang terkenal. Versi yang pertama adalah aplikasi pengarsip untuk PC yang diciptakan pada tahun 1999 oleh seseorang yang bernama Igor Pavlov. Aplikasi yang satu ini tidak diperuntukkan bagi para pengguna smartphone, tapi bisa di download untuk Windows.

Versi paling baru 7-Zip untuk PC dirilis pada tanggal 20 Juni 2023 dan tersedia untuk perangkat Windows, Linux, serta macOS. Igor Pavlov tidak merilis 7-Zip khusus untuk smartphone iOS maupun Android. Saat ini, aplikasi pengarsip untuk PC ini hadir dengan 13 pilihan bahasa.

Bahasa utamanya adalah bahasa Inggris, tapi ada juga pilihan bahasa Vietnam, Thai, Spanyol, Persia, Jepang, Jerman, Perancis, Cina, dan tentunya Indonesia. Pengguna 7-Zip dari Indonesia bisa memahami cara menggunakan aplikasi PC ini dengan sangat mudah.

7-Zip APK untuk Smartphone Android

Aplikasi 7-Zip yang satu ini dirancang untuk smartphone dengan sistem operasi Android. Fungsi aplikasi ini kurang lebih sama dengan yang dirancang untuk PC. Beberapa fungsinya antara lain adalah untuk mengkompresi file yang ukurannya besar dan untuk menyimpan beberapa file menjadi satu.

Aplikasi smartphone yang satu ini mendukung perlindungan file dengan menggunakan password yang terenkripsi. Sehingga tidak sembarang orang bisa membuka dan melihat isi file yang ada di dalamnya. Selain itu, ada juga pilihan compress and email untuk langsung mengirim file setelah diekstrak.

7-Zip dengan format APK bisa di download untuk Android dan dipasang secara manual. Link downloadnya tersedia di berbagai situs web online. Versi originalnya juga tersedia di Play Store dan bisa langsung dipasang secara otomatis hanya dengan menyentuh tombol Install.

Dari keterangan singkat mengenai 7-Zip Files Manager untuk smartphone Android di atas, bisa disimpulkan bahwa ada dua versi yang tersedia, yaitu versi original yang ada di Play Store serta versi APK. Kedua versi tersebut memang tampak mirip, tapi sebenarnya mempunyai perbedaan.

Perbedaan paling mendasar adalah 7-Zip Files Manager original ada di Play Store sedangkan versi APK tidak bisa ditemukan di Play Store. Selain perbedaan mendasar ini, masih ada lagi beberapa perbedaan lain yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan mana yang akan di download.

Perbandingan 7-Zip Files Manager Ori dan APK

7-Zip Versi Play Store 7-Zip Versi APK
Di Play Store, 7-Zip Files Manager hadir dengan label berisi iklan. Selama menggunakan aplikasi ini, Anda akan menemui berbagai jenis iklan. Tidak berisi iklan sama sekali sehingga Anda bebas menggunakan aplikasi Android ini dengan lebih leluasa.
Play Store juga menyediakan informasi bahwa 7-Zip Files Manager berisi pembelian di dalam aplikasi dengan nominal Rp35.000 per item. Sudah terbebas dari biaya langganan maupun pembelian lain yang ada di dalam aplikasi. Pengguna bisa berhemat selama pemakaian.
Lebih aman dan terjamin karena di download langsung dari Play Store, marketplace aplikasi legal dan resmi untuk smartphone Android. 7-Zip APK kurang aman dan kurang terpercaya karena tidak tersedia di marketplace aplikasi resmi, APK bisa jadi membawa virus berbahaya.
Instalasi aplikasi lebih mudah, tinggal tap tombol Install maka aplikasi akan langsung terunduh dari Play Store dan terpasang di smartphone. Proses pemasangan aplikasi lebih panjang karena harus dilakukan manual setelah download dari link di halaman ini.
Pengguna tidak perlu menunggu lama untuk menggunakan 7-Zip original yang terbaru. Langsung tap tombol Update di Play Store. Pengguna versi APK harus menunggu developer pihak ketiga mengembangkan pembaruan berdasarkan update terbaru versi originalnya.

Bagi yang perlu download untuk PC, 7-Zip Files Manager versi Play Store dan APK bukan pilihan yang tepat. Kalau Anda membutuhkan aplikasi pengarsip untuk PC, maka sebaiknya download 7-Zip versi PC yang tersedia di situs web resmi 7-zip.org.

Kedua versi 7-Zip Files Manager, yaitu versi Play Store dan APK, hanya untuk smartphone Android saja. Tidak ada versi khusus untuk perangkat iPhone karena Sociosoftware sebagai pengembangnya tidak merilis aplikasi yang sama di App Store.

Link Download Gratis 7-Zip Files Manager

Jika Anda tidak ingin melalui proses pemasangan aplikasi yang panjang dan ribet, sebaiknya pilih 7-Zip Files Manager yang tersedia di Play Store. Hanya dengan menyentuh tombol Install saja aplikasi pengarsip tersebut akan secara otomatis terunduh serta terpasang di smartphone Android.

Tapi kalau Anda lebih suka beberapa kelebihan aplikasi 7-ZIP versi APK, seperti bebas iklan dan tidak menawarkan pembelian serta biaya langganan apapun, maka pertimbangkan untuk download aplikasi versi APK. Link download untuk versi APK tersedia di bawah ini.

Nama aplikasi 7-Zip APK
Sistem operasi Khusus Android dengan versi terendah 5.0
Terakhir diperbarui 11 April 2023
Harga aplikasi Gratis, tanpa biaya langganan dan pembelian dalam aplikasi
Versi terbaru Versi 2.2.9
Pengembang aplikasi Sociosoftware
Ukuran aplikasi 27 MB
Link Download Untuk Android

Jika mengunduh dari link yang ada di atas, aplikasi yang akan Anda dapatkan akan mempunyai format APK. Proses pemasangan aplikasi dengan format APK tidak sama dengan pemasangan aplikasi yang ada di Play Store. Proses pemasangannya mirip dengan pemasangan aplikasi untuk PC.

Bahkan proses pembaruan aplikasi pengarsip dengan format APK juga tidak bisa dilakukan secara otomatis lewat Play Store. Pengguna aplikasi APK wajib download aplikasi versi terbaru lewat link download yang terbaru. Kemudian memasang aplikasi versi baru secara manual lagi.

Cara Install 7-Zip Files Manager Versi APK

Aplikasi yang formatnya APK dan tersedia di banyak situs web tidak menyediakan tombol Install seperti yang ada di Play Store. Setelah di download, penggunanya harus melakukan instalasi aplikasi secara manual. Jika ini pertama kalinya Anda download aplikasi APK, maka proses instalasinya adalah:

1. Download aplikasinya

Langkah pertama adalah download dulu aplikasi modifikasi, melalui link download yang aman. Salah satu link download yang sangat aman untuk digunakan adalah yang ada di halaman ini. Berikut ini beberapa cara untuk download file APK 7-Zip Files Manager.

  • Sentuh bagian Untuk Android yang ada di tabel di atas untuk mengakses link download khusus aplikasi 7-Zip Files Manager.
  • Peringatan bahaya akan muncul, memberitahukan bahwa aplikasi yang akan di unduh bisa jadi berbahaya bagi Smartphone. Sentuh tombol Download anyway untuk tetap mengunduh aplikasinya.
  • Notifikasi unduhan dimulai dan berlangsung akan muncul di bagian atas layar. Tunggu beberapa detik hingga muncul notifikasi bahwa file sudah selesai di download.

Setelah muncul pemberitahuan bahwa file APK 7-Zip Files Manager sudah berhasil diunduh, jangan langsung membuka file tersebut jika sebelumnya Anda belum pernah memasang aplikasi modifikasi. Masih ada serangkaian langkah lagi yang perlu dilakukan.

2. Izinkan pemasangan aplikasi

Serangkaian proses yang ada di bawah ini dilakukan di smartphone Samsung. Bisa jadi, istilah yang digunakan di smartphone merek lain berbeda-beda. Intinya, temukan bagian-bagian yang mirip dengan bagian di bawah ini, lalu ikuti petunjuknya dengan seksama agar pemasangan 7-Zip APK berhasil.

  • Tap aplikasi Settings di smartphone Samsung kemudian scroll layar sampai ke bagian bawah sampai menemukan menu Apps.
  • Sentuh aplikasi Apps tersebut lalu daftar aplikasi yang terpasang di smartphone Samsung akan muncul di layar.
  • Tap ikon Menu yang dilambangkan oleh tiga titik dan berada di kanan atas layar smartphone untuk membuka tiga menu tambahan.
  • Selanjutnya, tap menu Special Access untuk melihat daftar menu tambahan lainnya, misalnya Appear on top, Manage media, dan sebagainya.
  • Pilih menu Install unknown apps yang mengatur pemasangan aplikasi kompres file dari sumber selain Play Store.
  • Setiap aplikasi yang muncul di dalam daftar akan dilengkapi dengan toggle di sebelah kanannya. Tap toggle disamping aplikasi My Files untuk mengizinkan pemasangan aplikasi.

Setelah rangkaian proses kedua ini dilakukan, Anda tidak perlu mengulanginya lagi setiap kali akan memasang aplikasi modifikasi atau aplikasi yang formatnya APK. Langsung saja lompat ke rangkaian proses yang ketiga setelah mengunduh aplikasi modifikasi.

3. Install Aplikasi 7-Zip APK

Rangkaian langkah ketiga ini merupakan yang terakhir untuk memasang aplikasi yang diunduh dari luar Play Store. Buka aplikasi pengaturan berkas yang ada di smartphone kemudian cari file APK yang tadi sudah diunduh, biasanya ada di bagian Downloads.

Setelah menemukan filenya, langsung tap file tersebut dan pilih Package Installer agar proses pemasangan aplikasi bisa segera selesai. Jika muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa aplikasi tersebut berbahaya untuk smartphone, abaikan dengan menyentuh tombol Install.

Aplikasi dengan format APK yang tidak mengharuskan proses root smartphone lebih tinggi keamanannya dibandingkan dengan yang mengharuskan proses root. Tiga rangkaian proses pemasangan aplikasi pengarsip ini tidak memerlukan rooting sehingga aman untuk smartphone Anda.

Fitur dan Kelebihan Aplikasi 7-Zip Files Manager

Aplikasi file extractor tidak hanya berfungsi untuk mengekstrak suatu file yang tadinya diarsipkan. Ada berbagai fungsi lain yang dibawa oleh aplikasi 7-Zip Files Manager dan semuanya sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Contoh fitur dan fungsi yang dibawa oleh aplikasi 7-Zip antara lain:

1. Ekstrak berbagai macam file

Kadang, saat mengunduh file dari email atau situs web di internet, file tersebut berbentuk .rar atau.zip. Artinya, file tersebut berupa arsip dan perlu diekstrak terlebih dahulu agar file apapun yang ada di dalamnya bisa digunakan. Jika tidak diekstrak, file di dalamnya tidak bisa dibuka dan digunakan.

7-Zip APK mampu mengekstrak berbagai jenis file. Aplikasi khusus untuk smartphone Android ini bisa digunakan untuk mengekstrak file yang formatnya Jar, APK, XZ, GZip, Tar, Zip, Deflate, Bzip2, Rar, dan 7Zip. Selain berbagai format tersebut, 7-Zip Files Manager juga bisa mengekstrak format yang lainnya.

Pengguna aplikasi ini juga bisa mengekstrak file yang dilindungi dengan password, asalkan pengguna mengetahui password tersebut dan memasukkannya dengan tepat saat mencoba untuk mengekstrak file tersebut.

2. Kompres folder atau file

Sama seperti aplikasi pengarsip Windows 7, 7-Zip Files Manager untuk smartphone Android juga bisa dimanfaatkan untuk mengkompres folder dan file. Tujuannya adalah untuk memperkecil ukuran file serta untuk mengirimkan file dengan lebih mudah.

Tanpa pengompresan, bisa jadi file dan folder yang dikirimkan akan terlalu banyak dan terlalu besar ukurannya. File yang ukurannya terlalu besar biasanya akan lebih sulit dikirimkan melalui email. 7-Zip Files Manager mampu mengkompres folder dan file sehingga ukurannya akan mengecil.

Pengguna juga bisa menambahkan enkripsi atau password pada hasil kompres file dan folder. Sehingga hanya orang tertentu yang mengetahui passwordnya yang bisa mengekstrak file di dalamnya. Ini merupakan fitur yang sangat bagus dan juga ada di aplikasi kompres file untuk Windows.

3. Ada menu external storage

Aplikasi 7-Zip Files Manager juga mempunyai penyimpanan ekstra yang memungkinkan para pengguna untuk langsung menyimpan file yang sudah diekstrak di penyimpanan eksternal. Keberadaan fitur yang satu ini sangat menguntungkan banyak penggunanya.

Ada pengguna smartphone yang lebih suka menjaga penyimpanan internal smartphone lebih bersih dengan cara menyimpan berbagai file di penyimpanan eksternal. Fitur penyimpanan eksternal bersifat otomatis dan bisa diatur sebelum mulai mengekstrak file apapun.

Sehingga ketika pengguna akan mengekstrak berbagai file, file tersebut sudah akan langsung tersimpan di kartu SD yang terpasang di smartphone. Pastikan saja kartu SD tersebut masih punya cukup ruang untuk menyimpan berbagai jenis file.

4. Enkripsi untuk menjaga privasi file

7-Zip APK menyediakan fitur enkripsi dengan menggunakan password. Tujuannya adalah untuk melindungi kerahasiaan data yang ada dalam file tersebut. Password ini akan sangat berguna kalau smartphone tidak hanya diakses oleh satu orang saja.

Dengan adanya password, tidak semua orang yang meminjam smartphone tersebut bisa mengekstrak kembali file yang sudah dikompres sehingga kerahasiaan data di dalamnya akan tetap terjaga. Enkripsi juga akan melindungi data jika terjadi kesalahan pengiriman file yang sudah dikompres.

Bagaimana cara menggunakan fitur yang satu ini? Setelah download dan memasang aplikasi 7-Zip, ada tutorial yang bisa diperhatikan agar bisa memahami caranya menggunakan berbagai fitur dalam aplikasi tersebut.

5. Job history

Fitur yang membuat aplikasi 7-Zip Files Manager unik adalah job history. Fitur yang satu ini tidak ada di aplikasi Windows. Pada bagian history, pengguna 7-Zip Files Manager bisa melihat statistik dan details mengenai berbagai proses yang sudah dilakukan di aplikasi tersebut.

Fitur history ini menunjukkan file apa yang sudah Anda arsipkan, pencarian file yang pernah dilakukan, file apa yang sudah pernah sudah diekstrak, dan sebagainya. Detail lokasi file yang sudah diekstrak menggunakan 7-Zip Files Manager juga akan terlihat di bagian history ini.

Jadi, kalau Anda sudah mengekstrak suatu file tapi tidak menemukannya di penyimpanan, coba periksa bagian history aplikasi 7-Zip Files Manager. Lalu cob acari lagi file yang sudah diekstrak di aplikasi pengaturan berkas bawaan smartphone.

6. File manager

Aplikasi 7-Zip Files Manager ini juga bisa berfungsi sebagai file manager atau pengaturan berkas. Jadi, tidak perlu bolak balik antara 7-Zip Files Manager dan pengaturan berkas bawaan smartphone. Cukup gunakan aplikasi 7-Zip Files Manager untuk mengakses berbagai file di smartphone.

Berbagai fungsi yang ditawarkan oleh 7-Zip APK membuat aplikasi ini jauh lebih bagus dibandingkan dengan aplikasi serupa yang dirancang untuk PC. Dengan 7-Zip, pengguna bisa mengekstrak dan mengirim file kapanpun dan dimanapun tanpa hambatan apapun.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan