Dress Code Artinya Apa? Ini Penjelasan dan Jenis-jenisnya

Pernahkah mendengar istilah dress code? Ketika akan menghadiri acara, biasanya tamu akan diberikan dress code. Dress code artinya aturan berpakaian. Dengan adanya dress code, diharapkan seseorang bisa menggunakan pakaian tertentu yang cocok dengan acara.

Sebenarnya, dress code sendiri terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut tentunya harus dipahami oleh banyak orang. Dengan begitu, tidak ada lagi istilah salah kostum ketika menghadiri sebuah pesta atau event tertentu.

Dress Code Artinya

Ketika berbusana, dress code bukanlah hal yang asing. Dress code artinya aturan mengenai bagaimana seseorang harus berpakaian di acara atau situasi tertentu. Situasi yang dimaksud bisa saja acara formal, misalnya rapat bisnis atau pesta atau situasi non formal misalnya perjalanan.

Adanya dress code ini membantu dalam menentukan ekspektasi bagaimana seseorang mempresentasikan diri dan harus terlihat di hadapan orang lain. Hal ini memastikan supaya seseorang terlihat sesuai dan cocok dengan situasi tertentu.

Dengan begitu, seseorang bisa menyesuaikan busana yang dipakai dengan tema dari acara yang akan dikunjungi. Dress code ini perlu diikuti supaya bisa terhindar dari kesalahan berpakain dan pastinya bisa menambah percaya diri ketika berada di acara tersebut.

Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika memahami dress code, seperti:

  • Menunjukkan rasa hormat kepada tamu undangan dan acara.
  • Memperlihatkan kemampuan dalam beradaptasi di situasi yang berbeda.
  • Membantu menjaga suasana acara.
  • Menambah kepercayaan diri.
  • Menghargai penyelenggara acara yang mengadakan dan mengundang acara.
  • Membantu dalam mensukseskan acara.
  • Membuat diri sendiri lebih nyaman dan tidak malu ketika berbincang dengan banyak orang.

Jenis Dress Code yang Perlu Dipahami

Dress code sebenarnya bukanlah hal yang asing. Walaupun begitu, tentu tidak semua orang memahami dress code dan jenis-jenisnya. Berikut ini beberapa jenis dress code umum yang perlu dipahami secara luas:

1. Formal

Formal dress code artinya pakaian yang bersifat formal. Sesuai namanya, formal merupakan jenis dress code yang umumnya dipakai untuk pertemuan resmi. Apabila berdasarkan model dan tujuan pemakaian, dress code formal gaya barat terbagi menjadi dua, yaitu untuk siang dan malam. 

Pakaian malam pria yang disarankan adalah memakai tuxedo hitam, rompi putih, dasi kupu-kupu, serta kemeja berwarna putih. Sementara itu, pakaian siang pria mirip dengan pakaian malam, namun dengan dasi berwarna hitam. 

Pakaian formal wanita yaitu memakai dress atau gaun. Indonesia sendiri memiliki dress code formalnya sendiri. Untuk acara kenegaraan, biasanya wanita akan disarankan menggunakan kebaya ataupun baju muslim. Sementara untuk pria adalah kemeja batik lengan panjang.

2. Black Tie

Black tie merupakan dress code standar berpakaian formal untuk pesta dansa maupun acara makan malam. Untuk dress code ini, pria perlu menggunakan setelah tuxedo, kemeja putih, celana hitam, serta dasi kupu-kupu berwarna hitam. Kesan yang diberikan adalah elegan dan sopan. 

Tuxedo adalah setelan formal berupa blazer serta celana yang dibuat menggunakan bahan sama. Biasanya, tuxedo dibuat dari polyester atau linen berkualitas sehingga akan terlihat berkilau dan mewah. Sementara itu, wanita menggunakan gaun malam yang panjangnya dari bawah lutut sampai lantai.

3. Black Tie Optional

Dress code yang satu ini bisa dikatakan sedikit lebih casual dibandingkan dengan black tie. Jika mendapatkan dress code ini, bisa menggunakan pakaian black tie, namun bisa juga mengkombinasikan tux dengan pantsuit. 

Selain itu, warna dan motif yang digunakan juga cenderung bebas tapi berwarna gelap. Walaupun begitu, pria tetap harus menggunakan jas dan kemeja. Meski dibilang casual, namun dress code ini tetap terbilang formal.

4. Business Formal

Jenis dresscode business formal menjadi dress code yang dipakai untuk acara semi formal yang diadakan saat siang hari. Misalnya saja acara konferensi atau makan siang kantor. Sebenarnya, menentukan pakaian yang digunakan untuk dress code ini cukup mudah. 

Gunakanlah pakaian profesional, tapi tidak terlalu formal. Pria bisa menggunakan setelan jas dengan dasi yang disesuaikan dengan karakteristik kantor. Sementara itu, wanita bisa memakai dress dipadukan blazer ataupun setelan jas stylish.

5. Business Casual

Dress code business casual ini menjadi tren tersendiri bagi pegawai kantoran. Pria bisa menggunakan kemeja, celana bahan atau chino, dan loafers.

Paduan berbusana ini menjadi pola yang paling mudah untuk pria. Sementara itu, wanita bisa menggunakan pencil skirt dengan kemeja serta blazer atau cardigan. 

Jika ingin menggunakan dress, pakai dress yang tidak terlalu pendek dengan warna yang kalem. Apabila ingin memakai heels, maka gunakan jenis closed toe dengan heels yang tidak terlalu tinggi. Walaupun begitu, flats juga tetap bisa digunakan.

6. Cocktail

Cocktail merupakan dress code semi formal dimana seseorang bisa berkreasi dengan style baju pesta. Dress code cocktail ini cenderung lebih fleksibel. Aturan berbusana ini menjadi salah satu yang terbilang paling populer. 

Banyak wanita menyukai dress code ini karena bisa menggunakan banyak model dress. Coba gunakan dress dengan warna bold, motif unik, ataupun potongan yang trendy. Pakai aksesoris terbaik untuk melengkapi penampilan agar terlihat lebih keren. 

Di sini, tidak ada batasan untuk seseorang bergaya. Sementara itu, pria bisa memadukan jas dengan celana chino. Dasi yang dipakai juga tidak formal dan bisa dilonggarkan. Sepatu jenis loafers menjadi andalan banyak pria ketika mendapatkan dress code ini.

7. Smart Casual

Biasanya, smart casual ini digunakan oleh pegawai kantor. Ada banyak pakaian yang bisa dikombinasikan asalkan bisa menghadirkan look profesional dan rapi. Pilihan terbaik untuk dress code ini adalah celana jeans atau chino favorit. 

Atasan yang digunakan semi santai, misalnya kemeja dengan bahan lemas. Jika ingin lebih santai, bisa juga menggunakan denim yang dipadukan dengan kaos putih. 

Jangan lupa untuk memakai tas, aksesoris, atau sepatu yang rapi sekaligus stylish. Sementara itu, pakaian rekomendasi untuk wanita adalah blus dengan celana katun.

8. Semi Casual

Jika kantor mengizinkan dress code semi casual, maka pakailah baju favorit untuk pergi ke kantor. Kemeja, t-shirts, atau baju lain bisa menjadi pilihan yang menarik. Saat ini sudah banyak kantor yang membebaskan pekerjanya untuk menggunakan pakaian semi casual. 

Supaya penampilan terlihat lebih sempurna, beberapa fashion item yang bisa digunakan adalah leather jacket, denim jacket, boots, sampai hype sneakers.

9. Casual

Di antara jenis dress code lainnya, casual menjadi aturan berpakaian yang sangat santai. Ketika menghadiri acara dengan dress code casual, maka seseorang bebas menggunakan busana apapun yang nyaman dan bisa menambah kepercayaan diri. 

Beberapa jenis pakaian yang biasanya digunakan adalah kaos oblong, sweater, serta hoodie jumper. Sebenarnya, dress code casual ini tidak hanya ditemukan dalam acara karena ini merupakan pakaian sehari-hari seseorang. 

Misalnya untuk main bisa menggunakan kaos oblong yang dipadukan dengan jeans. Sweater juga menjadi pakaian andalan untuk bergaya casual. Ada banyak jenis sweater yang bisa dipakai, misalnya crew neck, V neck, dan turtleneck.

Adanya dress code artinya seseorang harus mau mengikuti aturan berpakaian yang ada. Jangan sampai tidak mengikuti dress code jika sudah diberikan. Mengikuti dress code ini juga pastinya akan menambah rasa percaya diri seseorang ketika menghadiri sebuah acara.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan