Email Gmail dan Yahoo: Perbedaan, Pengertian, Fungsi

    Sebagian orang mungkin belum mengenal apa itu Email, Gmail, dan Yahoo, lalu perbedaan dan fungsinya. Sementara itu, Email ini sangat penting untuk berselancar di internet. Seperti di dunia nyata, kita harus memiliki bukti diri seperti KTP, SIM, dll. Kita perlu itu untuk bisa mendaftar BPJS Kesehatan, melamar pekerjaan, membuka rekening bank, dll.

    Nah di internet, Email ini dibutuhkan apabila kita hendak mendaftar ke situs web, Facebook, Instagram, Twitter, dll dan diperlukan untuk verifikasi. Bukan cuma itu, telepon pintar pun sekarang ini ini biasanya juga memerlukan Email sebelum pemakaiannya. Karena itu, berikut merupakan pengertian, perbedaan, serta fungsi Email, Gmail, dan Yahoo lebih lanjut.

    Perbedaan

    Perbedaan Email dan Gmail

    Perbedaannya adalah Email merupakan singkatan dari electronic mail, jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi surat elektronik, lalu bisa kita singkat menjadi Surel. Sedangkan Gmail merupakan salah satu layanan pengiriman dan penerimaan Email yang dikembangkan Google.

    Email dipakai untuk menggantikan pengiriman dan penerimaan surat di masa modern ini. Dengan Email, kita tidak perlu mengirim surat menggunakan kertas dan menunggunya lama melalui pos, melainkan kita bisa mengirim dan menerima surat langsung lewat internet dengan cepat. Salah satu yang bisa kita gunakan yaitu Gmail dan Yahoo Mail.

    Perbedaan Gmail dan Yahoo

    Bedanya adalah Gmail singkatan dari Google Mail, yakni layanan Email punya Google. Sedangkan Ymail ialah singkatan dari Yahoo Mail, yakni milik Yahoo.

    Microsoft pun memiliki layanan ini, yaitu Outlook. Contoh lainnya, jika kita masuk ke universitas tertentu, umumnya kita bisa mendapatkan layanan email dari lembaga mereka.

    Pengertian Email, Gmail, dan Yahoo Mail

    Dari perbedaan di atas, bisa kita simpulkan bahwa pengertian Email adalah sarana kirim mengirim surat lewat jaringan internet. Sedangkan pengertian Gmail adalah layanan Email yang dimiliki dan dikembangkan oleh perusahaan Google. Lalu pengertian Ymail adalah layanan yang dimiliki dan dikembangkan oleh perusahaan Yahoo.

    Fungsi Email

    Fungsi Email adalah sebagai fasilitas untuk mengirim surat atau pesan lewat jaringan Intenet. Dengan Email, kita cuma membutukan beberapa detik biar pesan kita tiba di tujuan, tidak harus menunggu sampai beberapa hari seperti mengirim surat biasa melalui pos.

    Lalu dengan email, pesan bisa kita isi dengan aneka konten seperti foto, audio, serta vidio. Email bukan cuma untuk mengirim pesan, saat ini aneka macam keperluan yang berhubungan dengan internet seperti pembuatan akun Facebook, Twitter, Instagram, serta lain-lain membutuhkannya untuk verifikasi.

    Saat ini, penyedia layanan email gratis telah banyak seperti Ymail, Gmail, Outlook, serta lain-lain. Tetapi perlu diketahui bahwa tiap-tiap penyedia layanan tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangan yang tidak sama.

    Karena itu, kita perlu memilihnya yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila direview satu per satu pasti lama, sebab sangat banyak. Sebab itu, di tulisan ini hanya mereview perbedaan dan perbandingan Email Gmail dengan Yahoo.

    Perbandingan

    Gmail

    1. Tampilan halaman Gmail lebih simpel dibandingkan Yahoo.
    2. Pada Gmail terdapat fitur yang dapat digunakan untuk mengubah layout seperti yang kita mau.
    3. Koneksi untuk membuka Gmail cenderung lebih cepat daripada Yahoo.

    Yahoo

    1. Yahoo merupakan layanan Email yang lebih dahulu diciptakan sebelum Gmail.
    2. Pada awal membuka situs web Yahoo, yang awal terbuka tidak langsung ke mailnya seperti Gmail, melainkan tampilan berita-berita terbaru dari dalam ataupun luar negeri.
    3. Yahoo memiliki kelebihan untuk keperluan chatting, jadi kita bisa membuka Email dan melakukan chatting bersamaan.

    Perbandingan lebih lanjut

    Prihal Kecepatan

    Apabila dilihat dari kecepatan, bisa dibilang kalau Gmail lebih cepat dari Yahoo mail. Misalkan untuk login, Gmail bisa secepatnya masuk ke inbox. Sementara Yahoo cenderung rada lambat, meskipun bukan berarti sangat lambat, melainkan sekadar perbandingan keduanya.

    Kecepatan Gmail untuk menerima Email pun lumayan cepat. Apabila kita telah login serta berada di halaman inbox, kita tidak harus melakukan refresh halaman untuk mengetahui terdapat Email masuk atau tidak. Sedangkan Yahoo Mail, kadang kita butuh melakukan refresh ulang untuk megetahui terdapat Email baru yang masuk.

    Perihal kapasitas penyimpanan

    Walaupun mempunyai fungsi yang sama, tetapi Gmail dan Yahoo Mail memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda. Yahoo Mail, sekarang ini menawarkan penyimpanan cloud sebesar 1 TB atau 1000 GB, apabila untuk penggunaan biasa mungkin bisa untuk menampung Email kita seumur hidup.

    Sedangkan Gmail memberikan total penyimpanan dari Google Drive 17 GB, yang di mana 2 GB merupakan bonus dari pengecekan keamanan. Namun apabila memang merasa kapasitas penyimpanan Google Drive ini kurang, kita dapat menguprade akun ke layanan premium dan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

    Opsi akhiran atau ekstensi email

    Yahoo Mail dan Ymail memang sama, cuma berbeda nama saja. Dahulu apabila kita mendaftar email Yahoo terdapat banyak opsi akhiran atau ekstensi email, tetapi sekarang ini Yahoo cuma menyediakan 2 opsi yakni [email protected] serta [email protected]. Sebaliknya Gmail atau Google Mail ini dari dahulu cuma menyediakan 1 pilihan, yakni [email protected].

    Kepemilikan dan perusahaan induknya.

    Apabila kita mendengar istilah Yahoo biasanya yang teringat adalah email. Sesungguhnya tidak hanya email, Yahoo memiliki layanan populer lainnya, misalnya forum Yahoo Answer dan Yahoo Search Engine. Tetapi semenjak 2011 Yahoo resmi bekerja sama dengan Bing.

    Gmail merupakan produk dari perusahaan yang menjadi rajanya internet. Bisa dibiliang demikian, sebab Google populer sebagai search engine nomor 1 di dunia sekarang ini. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki banyak cabang perusahaan serta banyak web terkenal yang sudah di akuisisi oleh Google, salah satunya ialah YouTube.

    Pilih Yahoo Mail atau Gmail?

    Sehabis membandingkan perbedaan Email Yahoo dan Gmail di atas, apabila kamu tidak terlalu memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar maka Gmail bisa jadi opsi Kamu. Tetapi apabila kamu memerlukan account email untuk menerima banyak email masuk serta tidak harus menghapusnya dan gratis, maka kamu dapat memakai Yahoo.

    Walaupun mempunyai perbedaan di antara keduanya, tetapi pada umumnya fungsi Emai Gmail dan Yahoo keduanya tidak jauh berbeda. Dengan memiliki account Yahoo, kita dapat menggunakan berbagai layanan dari Yahoo lebih gampang, demikian pula dengan Google. Cuman, Google dapat dibilang lebih unggul, sebab mempunyai lebih banyak fitur, karena telah melakukan akuisisi banyak situs web dan sarana yang ditawarkan lebih banyak. Lalu terintegrasi pula dengan banyak situs web lain, sehingga mempermudah kita dalam membuat account ataupun registrasi di situs web lain.

    Loading...