Perubahan Evolusi dan Revolusi: Perbedaan, Pengertian, Contoh

    Evolusi serta revolusi memiliki kesamaan, yakni behubungan dengan perubahaan. Namun keduanya juga memiliki perbedaan yang mendasar, yaitu berkaitan dengan kecepatan terbentuknya perubahan. Lebih lanjut, berikut ini di jelaskan perbedaan perubahan evolusi dan revolusi, lalu dengan pengertian dan contohnya.

    Daftar Isi:

    Perbedaan evolusi dan revolusi

    Bedanya adalah evolusi berupa perubahan yang berlangsung atau terjadi dengan lambat, dan sedangkan revolusi berupa perubahan yang berlangsung atau terjadi dengan cepat.

    Pengertian

    Berikut ini merupakan pengertian evolusi dan revolusi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

    Pengertian evolusi

    Evolusi adalah perubahan (pertumbuhan, perkembangan) secara berangsur-angsur dan perlahan-lahan (sedikit demi sedikit).

    Pengertian revolusi

    Di KBBI terdapat 3 pengartian untuk revolusi, yakni.
    1. Perubahan ketatanegaraan (pemerintahan atau keadaan sosial) yang dilakukan dengan kekerasan (seperti dengan perlawanan bersenjata).
    2. Perubahan yang cukup mendasar dalam suatu bidang.
    3. Peredaran bumi dan planet-planet lain dalam mengelilingi matahari.
    Pada beberapa pengertian tersebut, untuk persoalan ini bisa mengacu pada nomor 2.

    Perbandingan mendasar

    Berikut beberapa perbandingan mendasar antara evolusi dan revolusi.

    1. Evolusi berlangsung lambat, sedangkan revolusi berlangsung cepat.
    2. Evolusi ialah perubahan yang tidak direncanakan, sedangkan revolusi dapat direncanakan ataupun tidak direncanakan.
    3. Evolusi biasanya tebentuk karena perkembangan, sedangkan revolusi biasanya dipicu oleh ketegangan atau karena konflik tertentu.
    4. Perubahan evolusi cenderung tidak disadari, sedangkan perubahan resolusi dapat disadari.
    5. Perubahan evolusi umumnya tidak menimbulkan konflik, sedangkan revolusi tidak hanya bisa disebabkan konflik, namun bisa pula menyebabkan timbulnya konflik.
    6. Evolusi terbentuk tanpa melibatkan kekerasan, sedangkan revolusi terbentuk atau berjalan dapat dengan melibatkan kekerasan ataupun tanpa kekerasan.

    Contoh evolusi dan revolusi

    Contoh evolusi dan revolusi adalah pada perkembangan kebudayaan, yang di mana terjadi dinamika kehidupan yang begitu dinamis, perihal ini biasanya disebut sebagai perubahan sosial. Perubahan sosial yang terjadi bisa dengan evolusi ataupun revolusi.

    1. Contoh perubahan revolusi

    Meskipun revolusi terjadi dengan cepat, kecepatan perubahannya pun relatif. Pada perubahan sosial misalnya, bisa disebabkan oleh.

    a. Terdapatnya kemauan dari warga setempat untuk melakukan perubahan keadaan.
    b. Terdapatnya pemimpin kelompok yang berinisiatif memprakarsai pergerakan.
    c. Terdapatnya waktu yang tepat untuk melaksanakan perubahan.

    Contoh perubahan revolusi adalah Revolusi Industri yang terjadi di Inggris. Perubahan ini dicirikan dengan industri yang awal mulanya kebanyakan dikerjakan manusia, setelah itu bergeser menjadi ke pemakaian mesin.

    2. Contoh perubahan evolusi

    Karena perubahan evolusi berlangsung lambat atau dalam waktu yang lama, maka dicirikan melalui beberapa perubahan kecil yang menyertainya.

    Contoh perubahan evolusi adalah perubahan pada pasar. Kita tahu bahwa dulu pasar sifatnya sangat tradisional dengan wujud bangunan yang sederhana dan proses penjualan yang sederhana pula. Namun dengan perkembangannya, sekarang ini pasar semakin tumbuh menjadi lebih modern. Wujud pasar yang tradisional mulai beralih ke pasar yang modern dengan proses penjualan yang tertata, sehingga pasar menjadi tempat belanja yang menyenangkan.

    Jenis perubahan lainnya

    Evolusi dan revolusi merupakan jenis perubahan berdasarkan cepat atau lambat waktu terjadinya. Lalu ada tidak jenis perubahan lain? Ada, berikut beberapa di antaranya.

    1. Berdasarkan dampak

    Berdasarkan pada dampak, terdapat 2 macam perubahan, yakni progresif dan regresif. Progresif yaitu perubahan yang menghasilkan kemajuan pada sebagian zona ataupun keseluruhannya. Pada Revolusi Industri di Inggris, jelas bahwa menimbulkan kemajuan teknologi. Sedangkan regresif yaitu perubahan yang menimbulkan kemunduran. Contohnya konflik, bencana alam, dll.

    2. Berdasarkan skala

    Berdasarkan pada skala, terdapat 2 macam, yakni perubahan kecil dan perubahan besar.
    Perubahan kecil merupakan perubahan yang mencakup sebagian kecil masyarakat atau cuma satu zona kehidupan masyarakat. Semisal perubahan model style rambut. Sedangkan perubahan besar meliputi sebagian besar masyarakat atau seluruh zona kehidupan masyarakat. Semisal tsunami yang pernah terjadi di Aceh yang mengubah pada keseluruhan zona kehidupan masyarakat Aceh.

    3. Berdasarkan terencana atau tidak terencana

    Terdapat pula 2 macam perubahan lain, yakni perubahan terencana dan perubahan yang tidak terencana. Perubahan terencana maksudnya perubahan yang memanglah sudah disengaja. Contohnya yaitu pembangunan jalan tol yang memanglah direncanakan. Sedangkan perubahan tidak terencana maksudnya perubahan yang terjadi begitu saja. Contohnya yaitu kejadian bencana alam.

    Loading...