Faktor Keberhasilan Komunikasi Meliputi Apa Saja?

    Proses komunikasi bisa didefinisikan sebagai proses pertukaran pesan antara komunikator dan komunikan untuk menghasilkan timbal balik. Komunikasi memiliki sifat yang dinamis daripada statis, yakni dianggap sebagai proses yang berkelanjutan. Proses ini melibatkan beberapa unsur dan memiliki beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan komunikasi.

    Faktor yang memengaruhi keberhasilan komunikasi meliputi faktor umum, faktor dari sudut komunikator, dan faktor dari komunikan. Komunikator adalah yang menyampaikan pesan, sedangkan komunikan adalah yang menerima pesan. Faktor-faktor ini perlu kita ketahui, karena sangat memengaruhi berhasil atau tidaknya komunikasi.

    Faktor-faktor ini sangat bergantung pada komunikator yang menyampaikan pikiran atau ide. Misalnya keterampilan berbicara, menulis, dan memberi isyarat. Lalu juga pada komunikan yang menerimanya. Misalnya mendengarkan, membaca. dan memahami isyarat. Jika tujuan komunikasi tercapai, maka komunikasi bisa dikatakan berhasil.

    Berikut di sebutkan faktor-faktor keberhasilan komunikasi.

    Faktor dari sudut komunikator

    1. Kecakapan komunikator

    Seorang komunikator perlu memahami cara untuk menyampaikan pikiran, entah itu secara lisan maupun tulisan. Lalu memiliki kecakapan untuk memilih simbol dan lambang yang tepat, dapat membangkitkan minat komunikan menerimanya. Pesan perlu disampaikan dengan sistematis dan jelas. sehingga mudah untuk dimengerti.

    2. Sikap komunikator

    Komunikator perlu memiliki sikap yang tegas untuk dapat menanamkan kepercayaan terhadap penerima pesan. Sikap yang tegas, terbuka, dan rendah hati ketika menyampaikan pesan dapat mendukung keberhasilan komunikasi.

    3. Pengetahuan komunikator

    Jika komunikator memiliki banyak pengetahuan mengenai pesan yang ingin disampaikannya. Maka dia dapat lebih mudah menyampaikan ide atau pemikirannya.

    4. Sistem sosial

    Ketika berkomunikasi di lingkup organisasi atau masyarakat tertentu, komunikator akan dipengaruh oleh kedudukannya. Di masyarakat, komunikasi juga perlu menyesuaikan sifat-sifat yang dimiliki masyarakat tersebut.

    5. Fisik dan indra komunikator atau saluran komunikasi

    Komunikasi lisan sangat dipengaruhi oleh suara atau ucapan yang jelas untuk dapat mendukung tersampainya pesan.

    Faktor dari sudut komunikan

    1. Kecakapan komunikan

    Seorang Komunikan perlu memiliki kecakapan untuk menerima pesan, baik itu mendengarkan, membaca, dll. Lalu juga bisa menanggapinya sebagai umpan balik.

    2. Sikap komunikan

    Komunikan juga perlu memiliki sikap yang simpatik, tegas, dan rendah hati.

    3. Pengetahuan komunikan

    Jika komunikan memiliki banyak pengetahuan, maka dia dapat lebih cepat memahami pesan yang diterimanya. Lalu dapat dengan mudah menginterpretasikan apa yang dimaksudkan komunikator.

    4. Sistem sosial

    Komunikan perlu memahami kedudukan komunikator dan menyesuaikan diri pada sistem sosial yang ada, dengan begitu komunikasi bisa berlangsung baik.

    5. Fisik dan indera komunikan atau saluran komunikasi

    Komunikasi sangat dipengaruhi oleh fisik dari komunikan, seperti pendengaran, penglihatan dan indra lainnya.

    Faktor umum keberhasilan komunikasi

    1. Pesan mudah dipahami

    Faktor utama keberhasilan komunikasi adalah pesan yang disampaikan komunikator mudah dipahami oleh komunikan. Dengan pesan yang mudah dipahami ini, timbal balik bisa dicapai dengan cepat dan proses komunikasi bisa berlangsung dengan singkat namun efektif.

    2. Persepsi positif

    Persepsi yang dimiliki komunikan kepada komunikator juga bisa menjadi faktor. Misalnya jika komunikan memiliki pandangan yang negatif kepada komunikator, maka bisa saja pesan yang disampaikan komunikator menjadi rada sulit untuk diterimanya begitu saja.

    3. Kedekatan komunikator dan komunikan

    Faktor lain yang juga bisa mendukung komunikasi berhasil adalah adanya kedekatan antara komunikator dan komunikan. Misalnya komunikasi dapat berlangsung lebih mudah jika komunikator dan komunikan adalah sahabat, teman, saudara, pasangan, dll. Oleh sebab itu, jika komunikator dapat melakukan berbagai cara untuk pendekatan kepada komunikan jika memang diperlukan.

    Loading...