Macam-Macam Fungsi Utama Bahasa Secara Umum

    Bahasa adalah alat komunikasi paling penting yang ditemukan oleh peradaban manusia berupa simbol suara yang dihasilkan dari ucapan manusia. Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan sarana untuk berinteraksi satu sama lain. Bahasa membantu kita untuk itu, dengan berbagi pemikiran dan saling memahami. Sedangkan untuk fungsi bahasa, secara umum mengacu pada tujuan kita menggunakan bahasa.

    Di bawah ini adalah macam-macam fungsi utama bahasa secara umum serta penjelasannya.

    Fungsi bahasa secara umum

    1. Sebagai alat komunikasi.

    2. Sebagai alat untuk menyatakan ekspresi.

    3. Sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial.

    4. Sebagai alat kontrol sosial.

    Penjelasan

    Mempelajari fungsi bahasa sama pentingnya dengan mempelajari kosakata dan tata bahasa. Semakin banyak fungsi bahasa yang kita ketahui, semakin banyak situasi yang bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi.

    Di bawah ini adalah penjelasan fungsi bahasa secara umum.

    1. Sebagai alat komunikasi

    Salah satu fungsi bahasa secara umum yang paling mendasar adalah untuk mengomunikasikan semua jenis informasi apakah itu benar atau salah, penting atau tidak penting, dan umum atau khusus.

    Semua informasi digunakan untuk menggambarkan keadaan di sekitar kita, lalu untuk menjelaskannya. Fungsi bahasa ini ditujukan untuk memulai dan melanjutkan percakapan dalam upaya kita untuk menjaga hubungan dengan orang lain.

    2. Sebagai alat untuk menyatakan ekspresi

    Kita membutuhkan bahasa setiap kali kita ingin mengekspresikan perasaan kita. Ada kata-kata yang digunakan untuk mengekspresikan sikap dan perasaan, namun tidak memberikan informasi tertentu.

    Contoh dari kata tersebut adalah kata seru. Fungsi kata seru digunakan bukan untuk menyampaikan pesan, tetapi untuk mengekspresikan perasaan. Fungsi ekspresi bisa dimanfaatkan untuk mengekspresikan perasaan takut, gembira, sakit, dan kebingungan.

    Dengan fungsi bahasa secara umum dari ekspresi ini, kita dapat memahami kepribadian dan emosi seseorang.

    3. Sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial

    Pada integrasi dimaksudkan untuk penyatuan, yaitu ketika dua orang yang berasal dari daerah yang berbeda, namun bertemu dalam suatu tempat yang sama. Maka mereka bisa saling memahami dengan menggunakan bahasa yang sama. Oleh karena itu, kita memiliki bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia.

    Lalu pada adaptasi sosial dimaksudkan untuk kita, bisa menyesuaikan diri di suatu ruang lingkup sosial tertentu. Bahasa selalu terkait dengan situasi dan kondisi di mana dia digunakan. Setiap ruang lingkup sosial bisa memiliki latar belakang tertentu, lalu ketika ingin beradaptasi maka bahasa yang kita gunakan perlu disesuaikan. Dengan demikian, jika kita ingin memasuki lingkungan tertentu, kita perlu mempelajari tata bahasa lingkungan tersebut.

    4. Sebagai alat kontrol sosial

    Kontrol sosial melalui bahasa bisa diterapkan pada diri kita dan masyarakat, dengan menyampaikan informasi dan penjelasan melalui bahasa. Misalnya ketika bahasa digunakan untuk mempengaruhi orang banyak dalam perilaku dan tindakan.

    Sebagai contoh kata “harap tenang ada ujian” yang dipajang di lingkungan sekolah, maka dapat mengatur setiap orang yang membacanya untuk menjaga ketenangan di lingkungan tersebut. Lagu kebangsaan pun tidak lain adalah serangkaian kata-kata yang diciptakan untuk memelihara keadaan sosial.