Fungsi Utama Desain Grafis serta Penjelasannya

    Sekarang ini banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan desainer grafis. Desain-desain di media cetak seperti majalah dan koran ataupun desain-desain digital seperti halaman situs web dibuat oleh mereka. Tentu hal ini berkaitan dengan fungsi desain grafis, yang mana desain bisa disajikan untuk berbagai tujuan.

    Di bawah ini adalah beberapa fungsi desain grafis serta penjelasannya.

    Fungsi desain grafis

    1. Untuk menyajikan informasi
    2. Sebagai media komunikasi
    3. Sebagai alat promosi
    4. Untuk menuangkan kreativitas
    5. Untuk menambah nilai estetika

    Penjelasan

    1. Untuk menyajikan informasi

    Ketika ingin menyajikan informasi, kita bisa memanfaatkan desain grafis. Tidak hanya sekadar menyajikan tulisan, namun juga dapat menyajikannya dengan gambar. Dengan unsur-unsur desain dan penerapan prinsip-prinsip desain, informasi yang disajikan dapat lebih menyenangkan untuk dilihat dan dibaca.

    2. Sebagai media komunikasi

    Fungsi desain grafis bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan menambahkan kesan tertentu. Desain yang dibuat bisa disesuaikan tema untuk mencapai hasil yang diinginkan. Namun di samping nilai artistik, harus mempertahankan fungsionalitasnya. Jika tercapai kedua nilai ini, maka dapat menciptakan alat komunikasi visual yang mengesankan.

    3. Sebagai alat promosi

    Fungsi desain grafis bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian audiens yang ditargetkan. Lalu dapat memberikan informasi yang relevan kepada mereka. Oleh karena itu, desain grafis banyak digunakan sebagai alat promosi dengan cara menarik perhatian konsumen dan berupaya membantu meningkatkan angka penjualan.

    4. Untuk menuangkan kreativitas

    Seorang desainer sebelum memulai pekerjaannya, dia harus memahami informasi yang ingin disampaikan. Dengan memahami informasi tersebut, maka dapat menjadi modal awal untuk menghasilkan karya yang berguna untuk jangka panjang dengan menuangkan kreativitasnya.

    5. Untuk menambah nilai estetika

    Desain grafis tidak ditujukan untuk sekadar informatif. Namun juga bisa ditujukan untuk menambah nilai estetika. Misalnya ketika ingin membuat poster, maka desain bisa disesuaikan dengan nuansa lingkungan biar tidak merusak suasana di sekitarnya. Namun justru diharapkan mendukung dan menambah keindahan lingkungan.

    Penutup

    Fungsi di atas bisa dicapai dengan menerapkan prinsip-prinsip desain. Lalu mengaplikasikannya dengan menyusun unsur-unsur desain di software desain grafis.


    Share this post:
    Loading...