Fungsi Seni Patung Meliputi Apa Saja?

    Seni rupa 3 dimensi bisa menghasilkan karya seni berupa benda yang memiliki volume, yaitu benda yang bisa dilihat dari berbagai arah. Salah satu contoh dari seni ini adalah seni patung. Seni patung ini memiliki banyak fungsi.

    Biasanya patung dibuat dengan meniru bentuk benda yang memiliki keindahan. Karya seni ini tidak terbatas pada bentuk yang meniru manusia, melainkan bisa ke bentuk apapun yang memiliki nilai estetika. Lalu fungsi seni patung ini meliputi apa saja? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Patung religi

    Patung religi adalah patung yang memiliki makna religius. Tujuan patung ini dibuat adalah sebagai sarana beribadah. Patung ini bisa dianggap sebagai simbol Tuhan dan digunakan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

    Pada masa kerajaan Hindu Buddha di Indonesia, banyak patung yang dibuat untuk menghormati Dewa. Lalu ada juga yang dibuat untuk mengenang orang yang diagungkan misalnya raja dan pemimpin.

    2. Patung monumen

    Fungsi patung monumen adalah patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan. Patung ini juga bisa ditujukkan untuk memperingati dan mengenang peristiwa yang bersejarah.

    3. Patung arsitektur

    Patung arsitektur adalah patung yang memiliki nilai estetika untuk konstruksi bangunan.

    4. Patung dekorasi

    Patung dekorasi adalah patung yang ditujukan untuk menghias taman, baik itu taman rumah ataupun taman bermain. Lalu juga bisa digunakan untuk menghias bangunan.

    5. Patung seni

    Patung seni adalah karya seni rupa murni yang hanya ditujukan untuk estetika, yaitu untuk dinikmati keindahan bentuknya saja.

    6. Patung kerajinan

    Patung Kerajinan adalah patung hasil dari para pengrajin yang dibuat untuk dijual.

    Catatan tambahan

    Fungsi Patung Garuda Wisnu Kencana

    Salah satu patung terkenal dari indonesia sekarang ini adalah Garuda Wisnu Kencana, tepatnya berada di Jimbaran, Bali. Patung ini berwujud Dewa Wisnu yang di Agama Hindu merupakan Dewa Pemelihara, mengendarai Burung Garuda.

    Fungsi Patung Garuda Wisnu Kencana adalah menjadi ikon eksistensi kebudayaan untuk kepariwisataan Bali. Lokasi patung ini juga menjadi taman budaya.