Gambar Cerita: Pengertian, Ciri, Langkah Membuat Awal sd Akhir

    Gambar bisa digabungkan dengan tulisan. Penggabungan ini bisa digunakan untuk menyampaikan cerita dan biasanya disebut sebagai gambar cerita. Berikut adalah Pengertian, Ciri-Ciri, Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita dari Awal sampai Terakhir.

    Daftar Isi:

    Pengertian gambar cerita

    Gambar cerita adalah bentuk gambar atau lukisan ataupun seni rupa lainnya yang dikombinasikan dengan tulisan hingga bisa menceritakan peristiwa atau adegan tertentu. Fungsinya bisa dimaksudkan untuk memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan, meningkatkan nilai estetis, dll.

    Objek gambar ini bisa berbentuk gambar manusia, tanaman, serta hewan. Gambar dapat berdiri sendiri maupun dapat digabungkan dari beragam objek lainnya. Objek gambar ini pastinya disesuaikan dengan tema yang diceritakan.

    Ciri-Ciri Karya Gambar Cerita

    Karya ini bisa kita temui di majalah, surat kabar, dll, biasanya gambarnya berurutan, gampang di cerna, dan lucu. Ciri-ciri karya gambar cerita adalah seperti berikut ini.

    1. Memakai bahasa percakapan

    Karya gambar ini umumnya menggunakan bahasa percakapan atau bahasa yang biasa dipakai untuk obrolan untuk bisa lebih mengena ke pembaca.

    2. Memiliki sifat proporsional

    Karya gambar ini bisa membawa pembacanya ikut terlibat secara emosional dengan pelaku utama yang diceritakan.

    3. Memiliki sifat kepahlawanan

    Isi karya gambar ini cenderung membawa pembaca untuk memuliakan kepahlawanan.

    4. Terdapat penggambaran watak

    Pola perilaku pada karya gambar ini cenderung disimplifikasikan untuk mudah dicerna.

    5. Terdapat humor

    Humornya kebanyakan menggunakan bahasa lisan yang gampang dipahami oleh semua orang.

    Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita

    Berikut ini adalah langkah-langkah menggambar cerita dari tahap awal hingga tahap akhir.

    1. Menentukan karakter

    Langkah awal membuat gambar cerita adalah menentukan karakter yang hendak ditampilkan pada alur cerita. Penentuan karakter ini berkaitan dengan genre cerita yang hendak disajikan, sebab itu sebaiknya dilakukan di awal.

    2. Menentukan tema

    Langkah kedua yakni menentukan tema yang hendak disajikan ke cerita tersebut. Tema ini bisa disesuaikan dengan genre cerita yang telah didetapkan tadinya.

    Pemilihan tema berpengaruh pada gambar yang perlu dibuat. Penentuan tema bisa dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar dan pengalaman diri sendiri ataupun orang lain.

    3. Membuat alur cerita

    Langkah berikutnya yakni membuat alur cerita yang hendak digambarkan. Alur ini merupakan bagaimana cerita tersebut berjalan.

    4. Menyiapkan alat dan bahan

    Sehabis menyusun alur jalannya cerita, maka menyiapkan perlengkapan alat dan bahan yang hendak diperlukan untuk menggambar. Perlengkapan ini disesuaikan dengan gambar yang dihendaki, dapat menggunakan pensil, krayon, spidol, kertas, dll.

    5. Membuat sketsa atau rancangan gambar

    Sehabis menyiapkan alat dan bahan menggabar, bisa mulai membuat sketsa atau rancangan dari cerita yang telah ditetapkan dengan menyesuaikan karakter, tema, dan alur cerita.

    Pembuatan sketsa sangat berpengaruh pada langkah-langkah berikutnya, yaitu penyempurnaannya. Sketsa yang tidak maksimal bisa mengakibatkan objek kelihatan kurang bagus. Sebab itu pembuatannya harus dikerjakan sebaik mungkin.

    6. Menyempurnakan gambar

    Langkah terakhir membuat gambar cerita adalah menyempurnakan gambar. Koreksi gambar dan mulai memperindah gambar, menambahkan dialog, dan memberi pewarnaan hingga menjadi sempurna.

    Alat dan Bahan untuk Menggambar

    1. Pensil

    Pensil yang digunakan pada langkah membuat gambar cerita, umumnya yaitu pensil ukuran 2B sampai 6B.

    2. Krayon

    Krayon mempunyai bermacam-macam corak. Krayon diperlukan untuk menggambar cerita yang coraknya bervariasi.

    3. Pulpen atau Spidol

    Pulpen ataupun spidol dipakai untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis.

    4. Kertas

    Salah satu media yang bisa kita pakai yaitu kertas. Bisa menggunakan kertas gambar atau kertas manila.

    Penutup

    Seperti yang kita ketahui, komik ialah salah satu bentuk cerita bergambar. Ceritanya disajikan dengan bentuk gambar-gambar serta sedikit bacaan untuk menunjang jalannya alur. Untuk anak-anak, komik ini mempunyai faedah positif, yaitu memperkenalkan budaya membaca kepada mereka semenjak dini.

    Loading...