Harga OPPO A16 Lengkap dengan Review dan Spesifikasinya

Smartphone entry-level biasanya memiliki tampilan mewah, dan spesifikasi yang cukup bagus, seperti OPPO A16 misalnya. Memang, kamu tidak akan mendapatkan smartphone dengan spesifikasi gahar, namun sudah cukup memadai sebagai daily driver.

OPPO A16 bisa menjadi opsi, jika kamu ingin membeli HP entry-level dengan harga yang terjangkau. Namun, sebelum membeli HP dengan tampilan yang kece ini, harus mempelajari spesifikasi dan fiturnya terlebih dahulu, yang akan diulas dengan lengkap di bawah ini.

Review Spesifikasi OPPO A16

Ini merupakan produk andalan OPPO di entry-level, yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Dijual dengan rentang harga  yang lebih murah, karena spesifikasi dan fiturnya yang biasa saja. Well, OPPO A16 mungkin memang HP kelas menengah ke bawah, namun jelas tidak bisa diremehkan.

Jadi, meski dikhususkan untuk entry-level, namun HP OPPO ini mengadaptasi HP yang memiliki kelas di atasnya. Pastinya, ponsel ini memiliki keunggulan tersendiri, yang mungkin saja sesuai dengan ponsel yang kamu inginkan.

1. Desain

Berbeda dengan A15, A16 dibuat lebih keren dan modern, yang menjadi keunggulannya. Jika diperhatikan, generasi Reno memiliki desain yang identik, namun tidak dengan OPPO yang lebih terjangkau ini. Antara A15, A16 dan A17 memiliki desain yang berbeda-beda.

A16 menggunakan desain lengkung tiga dimensi, tepatnya di sisi kiri dan kanan penutup belakang, yang mutlak membuatnya terlihat lebih bersih. Bagian belakang hanya ada modul untuk kamera, sedangkan sidik jari terletak di dekat tombol power, membuatnya lebih praktis.

Soal dimensi, A16 sama dengan versi sebelumnya, namun lebih berat (190 gram) dan tebal (8,4mm). Dimensinya yang ternyata lebih tebal dan berat justru membuat smartphone ini terlihat seperti HP kelas menengah ke atas.

Selanjutnya, bagian belakang dari A16 menggunakan permukaan doff, yang terlihat cerah serta bebas dari kotor. Menariknya, jika disinari matahari dari sudut tertentu, akan ada efek pelangi yang elegan, apalagi jika membeli yang berwarna hitam.

Beralih ke bagian depan, desain dari OPPO A16 biiasanya saja, sama seperti ponsel entry level lainnya. Di bagian atas, ada kamera depan yang diletakkan di tempat dengan desain water drop. Secara keseluruhan, A16 unggul di desainnya yang keren dan mewah, menjadi poin tersendiri untuknya.

2. Layar

Selanjutnya kita beralih ke bagian layar A16, yang sebenarnya biasa saja. Namun jangan langsung judging, karena meski biasa, layarnya memiliki resolusi HD+. Dimensinya juga cukup besar, yaitu 6,52 inci, membuatnya terlihat lega untuk berbagai aktivitas, mulai dari main game, nonton YouTube dan lainnya.

Apalagi, ada fitur keren di layarnya, yaitu AI Eye Care, yang sangat cocok untuk kamu yang suka melihat layar HP lama-lama. Pasalnya, dengan fitur ini, kamu tetap bisa menonton layar lama-lama, tanpa merasa  lelah dan iritasi.

Memang, OPPO A16 ini tidak memiliki resolusi maupun refresh rate idaman, namun semua sudah sesuai dengan kelas dan harganya. Well, setidaknya HP ini bisa reproduksi warna dari layar yang memuaskan, pun dengan sudut pandang lebar serta keseimbangan putih yang akurat.

Berikutnya ada fitur auto-brightness, yang bisa menyesuaikan kecerahan dengan kondisi cahaya di sekitar. Layarnya memang tidak dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, namun sudah ada lapisan anti gores bawaan pabrik yang cukup melindungi.

3. Performa

Jangan terlalu berharap pada performa A16, khususnya jika kamu ingin menggunakannya untuk bermain game berat di setelan grafis tertinggi. Memang, ponsel kelas menengah ke bawah ini hanya dibekali dengan chipset dan kartu grafis yang biasa saja.

OPPO A16 hadir dengan chispet dari MediaTek, yaitu Helio G35. Memang chipset gaming, namun hanya untuk kelas entry, jadi performanya biasa saja. Begitu juga dengan GPU-nya, yang menggunakan P35, kartu grafis yang biasa digunakan di ponsel harga satu jutaan.

Kemudian, A16 memiliki dua varian RAM dan ROM, pertama 3/32GB dan 4/64GB, yang mungkin terasa kurang untuk beberapa pengguna. Namun, sudah ada slot memori eksternal, yang bisa dimasukkan kartu SD maksimal 256GB.

Lalu, bagaimana performa  A16 untuk bermain game? Well, untuk bermain Mobile Legends di setelan grafis tertinggi, ponsel ini masih bisa menanganinya dengan lancar. Namun berbeda ketika kamu memainkan PUBG misalnya, yang terpaksa harus menurunkan setelannya.

Untuk memainkan ML, suhu dari ponsel ini relatif terjaga, apalagi ada teknologi System Booster di dalamnya, bisa mengurangi lag sampai 18%. Lalu, bagaimana jika digunakan untuk aktivitas lainnya yang lebih ringan?

Well, untuk aktivitas selain game berat, ponsel ini sangat bisa diandalkan, mulai dari browsing, streaming, nonton film sampai bermain media sosial. Kamu pun bisa multitasking, membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, dengan cukup lancar.

4. Kamera

Spesifikasi kamera OPPO A16 kurang lebih masih sama dengan generasi sebelumnya, meski menggunakan modul dengan desain yang besar. HP ini memiliki kamera utama 13M (f/2.2) dengan dukungan PDAF, 2MP kamera makro dan 2MP kamera  depth.

Sedangkan untuk kamera depan, A16 sudah menggunakan sensor 8MP kamera wide. Lalu, bagaimana performa kamera A16 ini? Kamera utama 13MP bisa menghasilkan foto yang memuaskan. Memang tidak bisa menghasilkan warna yang kaya, namun memiliki akurasi yang baik.

Kemudian foto depan 8MP bisa menghasilkan foto potret berbasis software, dengan efek beauty yang alami. Sayangnya, mode malam hanya tersedia di kamera utamanya, tidak di kamera depan, meski pengguna bisa memanfaatkan layar sebagai lampu kilat.

Lalu bagaimana soal perekaman? Tidak tidak banyak yang bisa  diharapkan, hanya bisa merekam dalam kualitas 1080p di 30fps dan belum dilengkapi fitur EIS. Well, spesifikasi semacam ini memang sudah sesuai dengan harga dan kelasnya.

5. Baterai

Review OPPO A16 berikutnya adalah di baterainya, yang beruntungnya memiliki kapasitas besar, sampai 5.000 mAh. Sayangnya, HP ini belum mendukung fast charging, terbatas di 10W saja, jadi butuh waktu yang lama (lebih dari 2 jam) untuk isi ulang baterai.

Namun jangan khawatir, dengan spesifikasi yang ada seperti di atas, ponsel ini tidak akan terlalu memakan banyak daya. Bisa bertahan seharian penuh jika hanya digunakan kasual, namun tidak jika  digunakan untuk bermain game nonstop.

6. Fitur-fitur

Berikut ini fitur-fitur yang bisa ditemukan di OPPO A16 :

  • System Booster
  • Game Assistant
  • ColorOS 11 (Android 11)
  • Black Screen Mode
  • FlexDrop (multitasking)

Harga OPPO A16 Terbaru 2023

Varian Harga
3/32GB Rp1.392.000
4/64GB Rp1.409.000

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A16

1. Kelebihan

  • Desain cantik.
  • Performa cukup baik sebagai daily driver.
  • Fitur pendukung seperti System Booster, Game Assistant.
  • Baterai 5.000 mAh.
  • Harga terjangkau.

2. Kekurangan

Adapun kekurangan dari smartphone murah ini adalah :

  • Tidak didesain untuk memainkan game berat dengan grafis tinggi.
  • Tidak dilengkapi dengan fast charging.
  • Teknologi layar masih IPS LCD.
  • Tidak ada pelindung Gorilla Glass.

OPPO A16 adalah opsi yang sempurna untuk kamu yang mencari HP entry-level dengan harga yang murah. Tentunya, sesuai dengan harganya, tidak ada yang terlalu istimewa dari HP ini, namun masih bisa  diandalkan untuk keperluan sehari-hari dan multitasking.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan