Harga Terbaru 2023 dan Spesifikasinya

Ketika Huawei Honor 10 Lite rilis, tepatnya 10 bulan setelah Honor 10, sudah banyak yang mengira pasti spesifikasinya lebih rendah. Tidak salah memang, karena versi lite biasanya memang memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan versi normal atau justru pro.

Namun, apakah spesifikasi Honor 10 Lite turun jauh dibandingkan dengan versi normalnya (Honor 10)? Kabar baiknya, Honor 10 Lite memang lebih rendah, namun perbedaannya dengan versi normal tidak banyak, alias tidak terlalu downgrade.

Review Huawei Honor 10 Lite

Honor 10 Lite dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, sekitar 3,2 jutaan. Bahkan, harganya lebih murah, misalnya jika dibandingkan dengan Honor 8X, yang memiliki jeroan dan fitur hampir sama. Well, HP ini bisa menjadi alternatif, khusus untukmu yang memiliki dana terbatas, dan ingin HP yang berkualitas.

1. Desain

Jika dilihat, Honor 10 Lite memiliki sensor sidik jari di bagian belakang, membuat bezel di bawah layar tidak terlalu tebal. Hebatnya lagi, sensor sidik jari tersebut juga sangat mudah dijangkau, sehingga pengguna bisa membuka HP dengan cepat dan akurat.

Honor 10 Lite memiliki dimensi 154.8 x 73.6 x 8 mm, dengan berat 162 gram. Kesimpulannya, HP ini tipis dan ringan, sangat mobile dan mudah digenggam dengan satu tangan. Cocok untuk siapa saja yang ingin HP stylish, dan bisa dibawa ke mana-mana.

Bagian belakang dan frame Honor 10 Lite terbuat dari plastik, sedangkan bagian depan terbuat dari kaca. Bodinya memang tidak terbuat dari bahan premium seperti kaca dan baja, namun memang sesuai dengan harganya yang memang untuk HP kelas entry-level.

Meski begitu, desain bodi dari Honor 10 Lite tetap enak dilihat, khususnya bagian belakangnya. Bagian belakangnya terlihat mengkilap dan indah, apalagi jika terkena cahaya. Mungkin ini bisa menjadi pelipur karena bodi Honor 10 Lite yang terkesan biasa saja.

Tidak ada sertifikasi apa pun yang dimiliki oleh Honor 10 Lite. Artinya, HP ini tidak tahan atau anti dengan air maupun debu. Karena itu, kamu tidak bisa leluasa dalam menggunakan Honor 10 Lite, jangan sampai kecipratan atau bahkan masuk ke dalam air, karena akan langsung mati.

Huawei Honor 10 Lite sudah mendukung jaringan 2G, 3G dan 4G, namun belum mendukung jaringan 5G. Pengguna bisa  menggunakan Single SIM (Nano-SIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), bisa mengakomodasi mereka yang biasa menggunakan dua SIM.

2. Layar

Beralih ke layar, Honor 10 Lite memiliki layar yang luas, hampir semua bagian depannya dipenuhi oleh layar. Omong-omong, HP ini memiliki layar seluas 6.21 inci, lebih luas dibandingkan dengan Honor 10, dan pastinya lebih memuaskan untuk menonton film, bermain game dan aktivitas lainnya.

Apalagi, layar IPS LCD milik Honor 10 Lite juga sudah memiliki resolusi yang sangat baik, yakni Full HD+ (1080 x 2340), dengan kerapatan 415 ppi. Dengan layar Full HD+, semua konten ditampilkan dalam kualitas yang terbaik, tajam dan jernih.

Layarnya memang masih menggunakan panel IPS LCD, namun resolusinya sudah sangat bagus. Jadi, pengguna bisa maklum, plus mengingat harganya yang memang di kelas menengah. Apa pun itu, layar Honor 10 Lite sudah sangat memadai, entah untuk bermain game, menonton video, streaming dan lainnya.

Lalu, bagaimana soal refresh rate? Layaknya HP kelas menengah, Honor 10 Lite memiliki refresh rate yang biasa, hanya 60Hz. Jadi, jangan terlalu banyak berharap tentang performa layar, khususnya jika digunakan untuk bermain game.

Layarnya juga cukup jelas terlihat, meski berada di tempat dengan kondisi cahaya matahari yang intens. Pasalnya, HP ini memiliki tingkat kecerahan puncak 441 nits (dalam mode Vivid), dan 390 nits dalam mode normal.

3. Performa

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana performa dari Honor 10 Lite. Memang, performa dari sebuah HP penting untuk diketahui, khususnya oleh calon pembeli yang sedang mencari HP berperforma gahar, misalnya saja untuk bermain game.

Lalu, bagaimana performa dari HP ini? Performa Honor 10 Lite tidak jauh berbeda dengan Honor 8X, karena memang sama-sama menggunakan Kirin 710 sebagai chipset-nya. Dibandingkan dengan Kirin 659, tentu chipset ini memiliki CPU dan GPU yang lebih gahar.

Detailnya, HP ini dibekali dengan chipset Kirin 710 dengan CPU octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53). Untuk urusan grafis, sudah ada Mali-G51 MP4, cukup bisa diandalkan untuk mengolah grafis dengan output terbaik.

Apalagi, ada GPU Turbo yang juga disematkan ke dalamnya, yang bisa memroses grafis dengan lebih cepat, sehingga gambar (seperti di game) terlihat lebih mulus dan stabil. Well, HP ini bisa memainkan game dengan lancar, namun harus menyesuaikan grafis sesuai dengan kemampuan.

Untuk sistem operasinya, Huawei Honor 10 Lite menggunakan Android 9.0 (Pie) dengan EMUI 9.1. Untuk sekarang, mungkin terasa ketinggalan zaman ya, mengingat bahkan sudah ada Android 13. Namun, sistem operasi yang tertinggal ini sebenarnya bukan isu yang besar.

Performa Honor 10 Lite masih didukung dengan beberapa kombinasi RAM dan memori internal. Ada tiga varian RAM yang tersedia, mulai dari 3GB, 4GB dan 6GB. Kemudian, memori internalnya juga ada banyak, mulai dari 32GB, 64GB dan 128GB.

Disarankan, jika ada dana lebih, untuk memilih varian yang paling tinggi, jika memang sudah tersedia di tempatmu, yaitu 6/128GB. Sekarang ini, rasanya kurang jika memiliki HP yang hanya memiliki RAM/ROM 3/32GB.

4. Kamera

Honor 10 Lite memiliki dua kamera belakang, masing-masing memiliki resolusi 13MP dan 2MP. Kameranya utamanya sendiri memiliki bukaan f/1.8, membuat hasil foto terlihat lebih terang, meski diambil dalam pencahayaan yang minimalis.

Adapun, kamera belakang resolusi 2MP berfungsi sebagai sensor depth, yang bisa mengenali objek utama dan memisahkannya dengan latar belakang. Ada  teknologi AI di kameranya, persis seperti yang dimiliki oleh Honor 8X, serta fitur penunjang lainnya seperti HDR, panorama serta perekaman 1080p di 30fps.

Adapun, Honor 10 Lite memiliki satu kamera depan resolusi 24MP (wide), dengan bukaan f/2.0. Ada fitur HDR di dalamnya, membuat hasil selfie terlihat tajam dan cerah. Kamera depannya bisa merekam video kualitas 1080p di 30/60 fps.

5. Baterai

Sayangnya, Honor 10 Lite memiliki baterai dengan kapasitas yang masih kecil, hanya 3.400 mAh, lebih kecil dibandingkan dengan Honor 8X. Tidak ada fitur fast charging, yang membuat proses isi daya terasa lambat, meski hanya berkapasitas 3.400 mAh.

Harga Honor 10 Lite Terbaru 2023

Varian Harga
4/64GB Rp3.099.000

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Honor 10 Lite

1. Kelebihan

  • Desain simple dan mewah.
  • Kamera yang cukup bisa diandalkan.
  • Performa bagus sesuai kelasnya.
  • GPU Turbo.

2. Kekurangan

  • Kapasitas baterai minimalis.
  • Tidak ada pelindung layar.
  • Tidak tahan air dan debu.
  • Tidak mendukung wireless charging.

Jadi, apakah masih layak untuk membeli Huawei Honor 10 Lite? Well, jika kamu bukan fans berat HP Huawei, mending beli HP merek lain, dengan harga yang sama, bisa mendapatkan HP yang jauh berkualitas.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan