Harga Vivo V27E, Review Spesifikasi dan Keunggulannya

Satu bulan yang lalu, Vivo baru saja merilis trio smartphone teranyar mereka, yaitu seri V27. Tiga smartphone yang baru saja dirilis tersebut adalah Vivo V27 Pro, Vivo V27 dan Vivo V27E. Nah, artikel ini akan membahas V27E secara khusus, yaitu versi yang paling terjangkau di antara ketiganya.

Meski versi yang paling dasar, tentu V27E tidak boleh diremehkan begitu saja. Nah, untuk kamu yang sedang mencari HP Vivo terbaru dan berkualitas, namun memiliki harga yang terjangkau, bisa mempertimbangkan Vivo V27E.

Review Spesifikasi Vivo V27E

Sebenarnya, rilisnya Vivo V27E adalah untuk menggantikan versi sebelumnya, yaitu Vivo V25E. Vivo V25E sendiri rilis di September 2022. Sepertinya, Vivo menciptakan HP ini untuk pengguna yang belum terlalu membutuhkan koneksi 5G.

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa koneksi ini belum merata di Indonesia. Jadi, banyak yang masih betah menggunakan HP dengan koneksi maksimal 4G. Meski belum mendukung 5G, ternyata banyak yang bisa ditawarkan oleh Vivo V27E, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Desain

Desain HP keluaran Vivo selalu menarik untuk dibahas, bahkan untuk HP kelas menengah ke bawah. Seolah tidak peduli dengan harganya yang terjangkau, Vivo mendesain setiap HP mereka dengan desain yang istimewa, tidak terkecuali Vivo V27E.

Bagaimana sih desain dari V27E? Jika dilihat sekilas, V27E mengusung desain yang modern dan rapi. Seperti V25E, V27E mempertahankan desain dengan corak flat di bagian belakang. Bedanya dengan V25E adalah, modul kameranya yang ditata lebih rapi.

Jika kamera di V25E ditata dengan lensa kamera di sisi kiri dan kanan, namun kamera V27E berada di satu sisi saja. Jadi, modul kamera terlihat lebih rapi, tidak terkesan penuh, menambahkan kesan simple dari HP ini.

Desain modern dari HP ini bisa dilihat dari model layarnya, yang berubah menjadi punch hole. Berbeda dengan pendahulunya seperti Vivo V25E, yang selalu menggunakan layar dengan lubang kamera waterdrop atau layaknya tetesan air.

V27 E hadir dengan bodi yang tipis dan ringan, bobotnya saja hanya 185 gram, begitu pula ketebalannya yang hanya 7,7mm. Karena bodinya yang tipis dan ringan, HP ini terasa nyaman saat digenggam, bahkan hanya dengan satu tangan.

Jangan lupakan juga sertifikasi yang telah dikantongi oleh HP ini, yaitu IP54. Artinya adalah, HP ini bisa tahan terhadap percikan air dan debu. Jika tertarik membelinya, ada opsi dua warna, yakni Lavender Purple dan Glory Black.

2. Layar

Selain desainnya yang kece, spesifikasi layar dari HP ini juga luar biasa. Vivo telah membekali HP ini dengan layar jenis AMOLED, dengan luas 6,62 inci. Tentunya ini peningkatan, karena memang lebih lebar dari HP sebelumnya, yang hanya 6,44 inci.

Layar Vivo V27E juga sudah memiliki resolusi yang sangat baik, yakni Full HD+, atau 1080 x 2400 piksel. Jangan lupakan juga soal refresh rate, yang menyentuh angka 120Hz. Jadi, bisa disimpulkan, layar HP ini bisa menampilkan animasi yang smooth bebas dari lag.

Memang tidak ada yang perlu diragukan dari kualitas layar Vivo V27E. Semuanya sempurna, mulai dari layar AMOLED, resolusi tinggi serta tajam dan jernih. Tidak hanya itu, layar HP ini juga akan tetap terlihat jelas, meski sedang berada di bawah terik matahari.

Pasalnya, HP ini memiliki tingkat kecerahan maksimal sampai 1300 nit, jadi wajar jika tampilannya jelas meski berada di outdoor. HP ini juga telah mengantongi sertifikasi Widevine L1, membuatnya bisa menampilkan film di platform bioskop online dengan kualitas paling tinggi.

Kualitas layarnya yang luar biasa juga tidak membuat Vivo lupa tentang kesehatan mata pengguna. Karena itu, mereka memastikan bahwa HP ini telah lolos sertifikasi dari SGS eyecare. Artinya adalah, HP ini bisa mengurangi emisi cahaya biru hingga batas aman, yang selama ini menjadi sebab mata sakit.

Terakhir, layar HP Vivo ini sudah mendukung sensor fingerprint dengan tipe optik. Sepertinya layar tidak dilindungi kaca proteksi, namun jangan khawatir, karena sudah terpasang pelindung layar bawaan pabrik, cukup bisa diandalkan untuk mencegah goresan.

3. Performa

HP Vivo V27E memang tidak memiliki peningkatan chipset, karena masih menggunakan SoC MediaTek Helio G99, sama dengan Vivo V25E. Sangat disayangkan sebenarnya, karena seharusnya versi terbaru menggunakan chipset yang lebih baik.

Namun, bagi kamu yang berencana upgrade dari Vivo V25E ke V27E, tidak masalah. Karena sudah terbukti, chipset ini bisa memberikan tenaga dan performa yang baik. Apalagi, ada dukungan RAM 8GB dan ROM 12GB (varian global), yang bisa memberikan tenaga ekstra.

Helio G99 memiliki delapan core, yaitu dua cortex A76 (2,2 GHz) dan enam cortex A55 (2,2 GHz). Kemudian ada GPU Mali-G57 MC2 (1100 MHz), yang dapat diandalkan untuk urusan grafis. Semua komponen jeroan di atas, dijadikan satu lewat fabrikasi 6 nm.

Dengan spesifikasi seperti di atas, bagaimana performa Vivo V27E? dilansir dari berbagai sumber, HP ini bisa diandalkan untuk berbagai keperluan, mulai dari membuka game, aplikasi, streaming dan lain sebagainya.

Untuk main game, kamu bisa menggunakan setelan tinggi dengan lancar. Kamu pun bisa memainkan game yang terkenal berat seperti Genshin Impact di HP ini, meski dengan setelan grafis yang harus diturunkan. Bagi player PUBGM, ada sensor giroskop fisik, bisa membidik hanya dengan menggoyangkan HP.

4. Kamera

HP ini mengusung tiga kamera belakang, masing-masing memiliki resolusi 64MP (wide, OIS, f/1,8), 2MP (macro, f/2.4) dan 2MP (depth, f/2.4). Untuk kamera depan, ada satu dengan resolusi 32MP (wide, f/2.0). Jika dipikir-pikir, memang tidak ada peningkatan, karena masih sama dengan Vivo V25E.

Jika ada yang beda, adalah di lampu flash, yang berbentuk lingkaran di bagian belakang. Mereka menyebutnya sebagai Aura Light, yang konon dapat digunakan untuk menghasilkan foto potret dengan kualitas yang optimal.

Sebenarnya, lampu flash ini bukan isapan jempol belaka, karena sudah banyak yang membuktikan keampuhannya. Memang sudah terbukti, ketika digunakan untuk memotret pada malam hari, hasil foto tidak hanya lebih cerah, namun perpotongan antar objek utama dan background juga lebih jelas.

Tanpa mode potret pun, Aura Light tetap bisa meningkatkan hasil foto di malam hari. Dibandingkan dengan HP kelas menengah lainnya, Vivo V27E bisa menghasilkan foto di kondisi low light dengan hasil yang lebih baik.

Aura Light juga bisa meningkatkan ketajaman dan kepekatan warna. Lalu bagaimana untuk kondisi cahaya yang normal? Logikanya, jika di kondisi kurang cahaya saja baik, begitu pula ketika pencahayaan cukup. Jika ada yang kurang, itu adalah kamera makro, yang resolusinya hanya 2MP.

5. Baterai

HP ini memiliki daya tahan yang bagus, berkat baterai kapasitas 4.600 mAh. Terlebih, ada teknologi fast charging yang meningkat, yakni 66W, lebih banyak dibanding Vivo V25E (44W). Untuk isi baterai dari 1% sampai 50%, hanya butuh waktu 19 menit saja, jadi tidak butuh 1 jam untuk isi sampai 100%.

Vivo V27E Harga Terbaru 2023

Varian Harga
8/256GB Rp4.299.000
12/256GB Rp4.899.000

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27E

1. Kelebihan

  • Desain yang rapi nan modern.
  • Performa tidak menurun.
  • Memori besar, bisa diekspansi dengan memori eksternal.
  • Layar tambah luas, AMOLED, resolusi Full HD+.
  • Kamera bisa diandalkan.
  • Baterai tahan lama.
  • Fitur NFC.

2. Kekurangan

  • Tidak ada kamera ultrawide.
  • Masih menggunakan mono speaker.
  • Perekaman video hanya mentok di kualitas 1080p.

Jika kamu sudah memiliki Vivo V25E, tidak perlu upgrade ke Vivo V27E, karena tidak ada peningkatan besar, terutama di chipset dan kamera. Namun, jika belum punya HP Vivo sebelumnya, dan sedang mencari harga yang terjangkau, bisa membeli HP ini.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan