Alasan Tanggal 20 Mei Diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional

    Kebangkitan Nasional merupakan waktu pada pertama abad 20 di mana rakyat Indonesia banyak yang mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai orang Indonesia. Beberapa tokoh yang menjadi pelopor di antaranya adalah Sutomo, Tjipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker, dll.

    Daftar Isi:

    Saat itu ditandai dengan terbentuknya organisasi Budi Utomo. Membahas tentang Budi Utomo, organisasi ini dibentuk pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi tersebut dibentuk dengan berdasarkan gagasan seorang lulusan sekolah dokter, yaitu dr Wahidin Soedirohusodo. Gagasan dia tersebut menarik perhatian seorang mahasiswa STOVIA, yaitu Sutomo yang kemudian mendirikan organisasi modern pertama di Indonesia dengan nama Budi Utomo.

    Eksistensi Budi Utomo telah menumbuhkan semangat serta menandai terjadinya kebangkitan bangsa dengan secara nasional. Sementara itu kebangkitan pemuda Indonesia ditandai melalui Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

    Nah sekarang, mengapa tanggal 20 mei diperingati sebagai hari kebangkitan nasional? Berikut adalah pembahasannya.

    Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?

    Tanggal 20 mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional karena merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo. Organisasi ini telah menumbuhkan semangat serta menjadi tanda terjadinya kebangkitan bangsa dengan secara nasional.

    Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?

    Peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo adalah gagasannya yang ingin merubah cara perjuangan rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada perjuangan melalui pendidikan.

    Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?

    Ancaman persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu adalah sifat kedaerah serta politik adu domba dari penjajah Belanda. Sedangkan untuk yang sekarang ini adalah upaya mempetahankan persatuan bangsa yang terkadang terancam oleh gerakan masyarakat yang ingin memecah belah NKRI. Misalnya gerakan seperti GAM (Gerakan Aceh Merdeka) dan OPM (Organisasi Papua Merdeka).

    Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?

    Pada waktu dulu dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo berupaya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya persatuan dan kesatuan. Sedangkan pada masa sekarang ini yang harus dilakukan adalah mempetahankan persatuan dan kesatuan serta meredam berbagai aksi yang bisa menimbulkan perpecahan.

    Penutup

    Tanggal 20 mei ditetapkan sebagai Harkitnas semenjak tahun 1959. Harkitnas ini bukan merupakan hari libur, namun sebagai peringatan bagi kita terhadap peristiwa Kebangkitan Nasional di Indonesia. Peringatan ini pun telah ditetapkan lewat Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

    Mungkin sementara itu cukup untuk pembahasan mengapa tanggal 20 mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.


    Share this post:
    Loading...